Ikan Mas Koki PASAR Jarang Mati, Giliran yang MAHAL Cepat Mati: Apakah Ada Perbedaan IMUN Keduanya?

Pernah menjumpai ikan mas koki kelas pasar yang hidup lebih lama, tahan banting dari pada ikan mas koki mewah, ikan mas koki rawatan atau mungkin sebaliknya? kenapa bisa seperti itu? Apa penyebabnya? benarkah ikan mas koki kelas pasar lebih handal dalam hal daya tahan hidup? Yuk mari kita ulas sama-sama apakah benar seperti itu 🤔

Ikan Mas Koki PASAR Jarang Mati, Giliran yang MAHAL Cepat Mati: Apakah Ada Perbedaan IMUN Keduanya?
Ikan Mas Koki PASAR Jarang Mati, Giliran yang MAHAL Cepat Mati: Apakah Ada Perbedaan IMUN Keduanya?

Buat kamu yang sudah lama pelihara ikan mas koki apalagi yang sudah mencicipi beberapa ikan mas koki yang beda kelas, dalam hal ini adalah ikan mas koki kelas pasar dengan kelas mewah. Mungkin pernah memperhatikan. Kok, kenapa ikan mas koki kelas pasar itu jauh lebih awet umurnya dari pada ikan mas koki kelas mewah? Ikan mas koki pasar di pelihara biasa saja, bahkan sampai serampangan dimana air jarang diganti, dikasih makan seadanya, media filter juga yang penting ada, serta mungkin ada yang beberapa penghobi membiarkan air aquarium ikan mas kokinya sampai butek keruh, tapi tetap saja ikan mas koki kelas pasarnya sehat-sehat dan tetap hidup.

Beda sekali dengan ikan mas koki kelas mewah yang telat ganti air saja dalam beberapa hari sudah muncul menyakit baru, entah itu badannya ada yang memar merah-merah, ada yang benjol, ada yang mogok makan berenang di dasar aquarium saja. Sampai ada yang mati ikan mas koki. Pembahasan ini muncul lantaran di salah satu komentar di Channel Iwak Buncit sempat ada yang menanyakan juga perihal apakah ada perbedaan imun atau ketahanan tubuh antara ikan mas koki kelas pasar dengan ikan mas koki kelas mewah. Maka dari itu admin coba buatkan videonya:


Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya tidak ada pembagian kelas ikan mas koki pasar dengan ikan mas koki mewah. Pembagian kelas ini muncul karena faktor nilai ekonomi saja. Yang mana seperti yang sudah kamu ketahui bahwa ikan mas koki pasar adalah ikan mas koki yang dijual dengan harga murah terjangkau dan dengan tampilan ikan mas koki juga yang standar biasa saja. Sedangkan ikan mas koki kelas mewah adalah ikan mas koki yang secara nilai ekonomi dijual dengan harga yang mahal atau di atas harga ikan mas koki pasar. Belu lagi dari segi tampilan jauh terlihat lebih cantik, lebih menarik dari pada ikan mas koki kelas pasar.

Akan tetapi seperti yang sudah admin jelaskan tadi, sebenarnya tidak ada pembagian kelas pada ikan mas koki. Pembagian ikan mas koki sendiri lebih berdasarkan jenis. Semisal ikan mas koki jenis Oranda, ikan mas koki jenis Ranchu, Ikan Mas Koki Jenis Demekin, Ikan mas koki, jenis Ryukin, Ikan mas koki jenis teleskop, dan sebagainya serta pembagian ikan mas koki berdasarkan warna yang paling sering dijumpai yaitu ikan mas koki panda, ikan mas koki calico, ikan mas koki black, ikan mas koki RW (Red White), ikan mas koki Blue Based dan sebagainya.

Pada dasarnya ikan mas koki pasar maupun ikan mas koki mewah berasal dari ikan mas koki yang sama. Hanya saja ikan mas koki pasar adalah penamaan yang lebih "Ramah" ketimbang menyebutnya ikan mas koki Reject. Ikan mas koki reject inilah yang dijual murah dan biasanya juga dijual di tempat-tempat ramai yang bukan sebenarnya tempat lazim untuk menjual ikan hias semisal pasar, dekat sekolah atau tempat-tempat umum.

Sedangkan ikan mas koki hasil sortiran sudah berkali-kali yang mana semakin naik tingkat (Grade) nya disebut ikan Mewah. Karena untuk mendapatkan ikan mas koki yang bagus, yang rapi tidaklah mudah dan juga jumlahnya sedikit. Makanya harga ikan hasil sortiran ini mahal dan supaya punya nilai jual ekonomis disebutlah ikan Mas koki mewah untuk lebih mudah penyebutannya.

Penjelasan lengkap dari postingan ini bisa kamu simak pada video berikut:


Karena ada beberapa point yang enaknya memang dijelaskan secara langsung. Silahkan kamu tonton dan semoga menambah pengetahuan kamu tentang dunia ikan mas koki. Buat kamu yang mau menambahkan soal bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar