Yang Mana Sekur Aquarium Bawah, Atas, Kiri Kanan? Apa Fungsi Sabuk Aquarium?

Apa itu Sekur atau sabuk aquarium? Mana yang disebut Sekur depan, Sekur belakang, Sekur samping dan Sekur bawah? kenapa aquarium ikan mas koki harus ada Sekur? Simak penjelasan lengkapnya pada video ini karena admin akan coba paparkan sedetail mungkin.

Yang Mana Sekur Aquarium Bawah, Atas, Kiri Kanan? Apa Fungsi Sabuk Aquarium?
Yang Mana Sekur Aquarium Bawah, Atas, Kiri Kanan? Apa Fungsi Sabuk Aquarium?


Sekur, skur, sabuk, ban aquarium atau apapun namanya adalah kaca pengaman yang dipasang pada aquarium, yang mana tujuannya adalah untuk memberikan pengamanan dan kekuatan tambahan pada aquarium. Umumnya Sekur atau sabuk ini dijumpai pada aquarium yang menggunakan ketebalan kaca di bawah 10 mm. Paling sering yang admin temui di kaca aquarium dengan ketebalan 5 mm.

Kenapa kaca aquarium ketebalan 5 mm paling sering yang menggunakan Sekur? Itu tidak lain karena kekuatan kaca untuk menahan tekanan air tidak begitu kuat seperti kaca 10 mm. Namun tidak menutup kemungkinan kaca aquarium dengan ketebalan 10 mm bahkan 12 mm juga menggunakan Sekur. Biasanya terdapat pada aquarium super besar atau istilahnya Mega tank. Nah pembahasan untuk tata cara memasang Sekur sendiri sudah pernah admin buatkan dalam bentuk video khusus. Buat kamu yang aquariumnya belum terpasang skur atau sabuk namun ingin memasangnya sendiri bisa ikuti panduannya pada video berikut:



Sedangkan untuk tata cara melepas Sekur yang sudah terlanjur terpasang mungkin karena beda ketebalan, pingin ganti atau sekedar pingin polosan saja tanknya tanpa Sekur (biasanya anak aquascape) bisa ikuti tutorialnya berikut:



Di kolom komentar channel Iwak Buncit sempat ada yang menanyakan tentang Sekur, khususnya posisi Sekur. Apa itu Sekur atas, Sekur kanan, Sekur kiri, dan Sekur bawah?

Sebenarnya sangat mudah untuk membedakan mana sabuk kanan kiri, bawah dan atas. Karena dengan melihat posisi Sekur saja sudah bisa ketahuan. Seperti yang admin sebutkan di awal-awal pembahasan tadi jika Sekur aquarium itu lazimnya dipasang mengelilingi bagian atas aquarium. Karena memang tujuannya untuk mengikat kaca aquarium agar tetap di posisinya ketika menerima dorongan ke segala arah dari air.

Sebagaimana penyebutannya maka Sekur atas ya Sekur yang di pasang pada bagian atas aquarium sedangkan Sekur bawah ya dipasang di dasar aquarium. Biasanya juga mengelilingi aquarium. Hanya saja memang menyesuaikan permintaan dari pembeli aquarium juga, dia mau pasang sabuk keliling atas atau hanya kanan kiri saja, atau mau pasang depan belakang saja? Bahkan kalau aquariumnya sudah terlampau besar jadi wajib pasang Sekur bawah.

Kalau kamu masih bingung dengan penjelasan admin bisa tonton videonya berikut:



Dalam kondisi tertentu Sekur atau sabuk aquarium menjadi suatu keharusan, wajib terpasang di aquarium namun jika dimungkinkan bisa tidak dipasang dengan catatan ketebalan kaca memenuhi standar tujuan pemakaian. Para Aquascaper biasanya "HARAM" menggunakan Sekur karena bakal mengurangi keindahan aquarium, namun untuk pemain ikan predator jadi wajib. Bagaimana dengan ikan mas koki? Pakai juga tapi bisa kodisional.

Singkat saja penjelasan admin untuk Sekur, sabuk atau skur ini. Buat kamu yang mau menambahkan soal bahasan Sekur bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar