WASPADA Sengatan Listrik Bocor dari Air Aquarium Ikan Mas Koki: Lakukan 4 Kebiasaan Ini!

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, sering kali admin mendapati Aquarium ikan mas koki admin ada arus listrik yang bocor dan sempat beberapa kali tersengat listrik, belum lagi admin masih punya trauma dengan listrik gegara dulu pernah telapak tangan terbakar gegara tersengat listrik. Maka dari itu admin coba lakukan beberapa langkah, Tips berikut ketika ingin memperbaiki, membenarkan posisi peralatan Aquarium.

WASPADA Sengatan Listrik Bocor dari Air Aquarium Ikan Mas Koki: Lakukan 4 Kebiasaan Ini!
WASPADA Sengatan Listrik Bocor dari Air Aquarium Ikan Mas Koki: Lakukan 4 Kebiasaan Ini!


Tersetrum, kesetrum atau tersengat listrik. Pastinya hal semacam ini, insiden semacam ini tidak ingin dialami oleh semua orang, termasuk admin sebagai orang yang suka memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, yang mana lebih berisiko untuk tersengat listrik sewaktu-waktu. Kenapa admin bilang seperti itu? Karena penghobi ikan hias seperti admin mau tidak mau suka tidak suka pasti terkena air, bermain air dan air yang admin maksud adalah air Aquarium itu sendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui bawah di dalam sebuah Aquarium ikan hias seperti ikan mas koki tidak hanya terdapat ikan beserta airnya, namun juga terdapat beberapa peralatan pendukung seperti pompa, lampu LED, Heater, aerator. Kesemua alat tadi kecuali aerator yang mesinnya tidak dicelupkan ke dalam air Aquarium menggunakan listrik sebagai sumber tenaga. Padahal air adalah konduktor yang baik untuk menghantarkan arus listrik yang kalau misalkan terjadi kebocoran arus listrik di salah satu peralatan tadi dapat menimbulkan sengatan listrik.

Hal ini pernah terjadi soalnya pada salah seorang penghobi ikan mas koki yang admin dapatkan infonya dari sebuah grup facebook yang mengabarkan jika terdapat satu korban jiwa meninggal dunia lantaran tersengat listrik. Penyebabnya adalah Heater kaca yang dia gunakan pecah dan tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu, tangan penghobi tadi langsung dimasukkan ke dalam air Aquarium. Seketika itu juga penghobi ikan hias tersebut tersengat listrik.

Memang peralatan Aquarium semisal pompa celup, lampu LED celup yang populer digunakan saat ini serta Heater sudah dilengkapi pengaman dan bahkan sertifikasi tahan air, kedap air. Namun namanya buatan manusia pasti ada saja yang error, yang lolos quality kontrol ini admin alami sendiri pada Aquarium ikan mas koki yang ternyata airnya menghantarkan arus listrik. Kejadiannya admin hanya ingin memperbaiki posisi lampu led celup saja yang agak miring, namun tanpa disadari ujung jari admin sudah merasakan setruman listrik. Walhasil admin langsung menarik jari tadi.

Selidik punya selidik ternyata ada arus listrik yang bocor berasal dari lampu LED celup yang pernah admin post videonya beserta cara memperbaikinya berikut:



Selain itu juga pernah admin alami hal serupa:



Nah, berbekal dari pengalaman tersebut, admin jadi lebih berhati-hati ketika ingin mencelupkan tangan ke dalam air Aquarium. Ini kalau admin, mungkin beda di kamu. Setidaknya ada beberapa kebiasaan yang admin lakukan ketika ingin tetap mencelupkan tangan ke dalam Aquarium:

1. Mematikan Peralatan
Langkah pertama yang biasa admin lakukan adalah mematikan peralatan Aquarium ketika ingin mencelupkan tangan ke dalam air Aquarium. Mulai dari pompa celup, lampu hingga Heater jika sedang digunakan. Sebisa mungkin admin ingatkan dan admin biasakan untuk melakukannya.

Cara ini terbilang ampuh dari bencana tersengat listrik, hanya saja memang harus dibiaskan dan mungkin sesekali kamu akan lupa namun ketika ingat langsung dimatikan dulu peralatannya.

2. Menggunakan Obeng Tespen
Kalaupun memang tidak ingin repot mematikan peralatan dan kalaupun memang mengharuskan kamu untuk mencelupkan tangan ke dalam Aquarium tanpa mencabut semua peralatan, maka solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan obeng tespen sebagai alat pendeteksi arus bocor.

Nantinya obeng tespen ini kamu celupkan ke dalam air Aquarium kemudian lihat apakah lampu obeng tespen tadi menyala. Jika menyala berarti dapat dipastikan ada arus listrik yang bocor, sedangkan jika tidak menyala berarti aman.
3. Perbaiki Grounding Listrik di Rumah

Agak teknis untuk dibicarakan jadi ada baiknya kamu simak video berikut untuk masalah memperbaiki Grounding listrik di rumah:



Selain ketiga cara tadi, masih ada beberapa cara yang admin lakukan untuk meminimalisir tersengat listrik pada air Aquarium ikan hias seperti ikan mas koki yang sudah admin tuangkan pada video berikut:



Soal kematian memang kembali lagi kepada ajal masing-masing, namun sebagai manusia kita harus berusaha untuk menghindarkan diri dari resiko seperti tersengat listrik. Sebagai penghobi ikan mas koki, ikan hias lainnya juga sayang ke pada ikan peliharaan namun jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri karena ada banyak orang yang menyayangimu di sana. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar