WASPADA! JANGAN LENGAH! Penghobi Ikan Hias yang Punya Anak Kecil, JANGAN Sampai Tunggu Kejadian!

Buat kamu yang pelihara ikan hias seperti ikan mas koki dan lain sebagainya sekaligus punya anak kecil atau sering ada anak kecil main ke rumah dan dekat-dekat aquarium. Ada baiknya untuk selalu diawasi supaya tidak kejadian seperti ini. Lebih baik mencegah dari pada sudah terjadi.

WASPADA! JANGAN LENGAH! Penghobi Ikan Hias yang Punya Anak Kecil, JANGAN Sampai Tunggu Kejadian!
WASPADA! JANGAN LENGAH! Penghobi Ikan Hias yang Punya Anak Kecil, JANGAN Sampai Tunggu Kejadian!

Lazimnya pelihara ikan hias mau apapun jenisnya seperti ikan mas koki, ikan Louhan, ikan discus, ikan channa, ikan Oscar, axolotl, termasuk juga aquascape pasti menggunakan aquarium sebagai wadah. Karena memang aquarium dinilai sebagai wadah yang sangat ideal untuk menampilkan keindahan dari ikan hias yang dipelihara, bahannya yang kokoh juga transparan membuat penghobi ikan hias dapat melihat ikan hias yang dipelihara dari berbagai sudut.

Aquarium sendiri umumnya ditaruh di sebuah meja atau tatakan atau sejenisnya yang biasanya lebih tinggi dari lantai. Tak jarang juga aquarium ditaruh di atas kabinet yang mana di bagian bawah bisa kamu taruh berbagai macam peralatan pendukung ikan hias seperti aerator, stop kontak bahkan Sump filter. Percaya atau tidak posisi ideal untuk menikmati aquarium adalah lesehan di lantai, sembari nyeruput kopi sambil makan roti ataupun singkong hangat. Tinggi meja aquarium dengan posisi lesan seperti ini biasanya ada di kisaran 40 cm lebih kurang. Sehingga mata masih sejajar lurus dengan aquarium.

Sayangnya walau tinggi aquarium seperti ini termasuk ideal namun sangat rawan, rawan terhadap apa? Rawan terhadap anak kecil. Yak, buat kamu penghobi ikan hias seperti ikan mas koki dan berbagai jenis lainnya harus lebih waspada jika ada anak kecil di rumah atau rumah kamu sering didatangi anak kecil. Karena sifat anak kecil yang keingintahuan mereka begitu tinggi membuat tangan mereka sangat cepat sekali untuk masuk ke dalam aquarium.

Tanpa dinyana, tanpa diduga mereka sudah mencelupkan tangan ke dalam aquarium. Padahal kita ketahui bersama jika di dalam aquarium ikan hias itu tidak hanya ada ikan hiasnya saja, namun juga ada berbagai macam peralatan pendukung seperti pompa, heater, lampu LED. Yang mana kesemua peralatan tadi menggunakan listrik AC sebagai sumber daya. Memang dari pabrikan sudah dilengkapi pengaman, sudah dibungkus kabelnya dengan baik supaya tidak ada listrik yang bocor. Namun yang namanya bikinan manusia pasti ada saja yang error, seperti kasus lampu LED celup yang bocor listriknya berikut:



Ketika admin coba ingin memperbaiki posisi lampu, coba mencelupkan jari tangan ke dalam air aquarium, langsung terasa ada semacam sengatan yang sangat pedih dan setelah admin cek menggunakan obeng tespen. Benar saja jika lampu obeng tespen admin menyala, yang mana menandakan jika ada arus listrik yang bocor. Akibat kejadian seperti itu, setiap kali admin coba ingin mencelupkan tangan ke dalam aquarium ikan mas koki, admin selalu menerapkan beberapa langkah berikut supaya terhindar dari sengatan listrik:



Buat kamu yang bertanya kenapa ikan mas koki atau ikan hias lain tidak tersengat listrik padahal mereka hidup di dalam air bisa baca penjelasan lengkapnya di sini atau bisa juga tonton videonya berikut:



Okey kembali lagi ke bahasan utama, selain mencelupkan tangan ke dalam air aquarium, anak kecil biasanya juga memasukkan benda-benda asing ke dalam aquarium semisal batu, remah-remah, daun dan sebagainya. Hal ini membuat aquarium ikan hias jadi kotor penuh dengan batu dan remah-remah tadi. Seperti yang dilakukan oleh anak bujang kecil admin:



Selain risiko tersengat listrik, risiko untuk kecelakaan terjadi seperti aquarium pecah, meledak dan lain sebagainya sangat tinggi. Mengingat anak kecil itu menggunakan sebagai macam cara untuk bisa mencelupkan tangan ke dalam air aquarium seperti memanjat meja aquarium kemudian berpegangan pada kaca aquarium. Sekalipun meja aquariumnya kuat atau kaca aquariumnya tebal, tetap saja sangat membahayakan. Karena kita tidak bakal tahu kapan bencana terjadi.

Maka dari itu untuk sangat waspada jika punya anak kecil sekaligus hobi pelihara ikan hias. Bikin sebisa mungkin aquarium untuk tidak bisa dijangkau oleh anak kecil, semisal dikasih tutup, meja ditinggikan dan sebagainya. Kalau sudah bisa diajak komunikasi anaknya, bisa kamu ajari untuk tidak coba memasukkan tangan ke dalam aquarium karena sangat berbahaya. Cuma ya namanya anak kecil, dibilangi jangan justru tambah tertantang, dianggap ajakan haha..

Apa yang admin paparkan di atas berdasarkan pengalaman admin sendiri, buat kamu yang pernah ngalamin soal anak kecil yang suka mencelupkan tangannya ke dalam air aquarium ikan mas koki bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam Tips menarik seputar ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar