Tahu Kenapa Ikan Manfish Sering Terlihat di Aquarium Ikan Mas Koki? Tankmate Abadi?

Kalau kamu perhatikan hampir disetiap Aquarium penghobi ikan mas koki terdapat ikan Manfish sebagai ikan tankmate atau ikan perewangan. Kira-kira kenapa harus ikan Manfish yang dijadikan ikan tankmate. Apa tidak ada ikan lain yang cocok untuk teman ikan mas koki? Di video ini admin akan coba jawab beberapa alasan kenapa ikan Manfish paling sering digunakan sebagai tankmate ikan mas koki.

Tahu Kenapa Ikan Manfish Sering Terlihat di Aquarium Ikan Mas Koki? Tankmate Abadi?
Tahu Kenapa Ikan Manfish Sering Terlihat di Aquarium Ikan Mas Koki? Tankmate Abadi?


Buat yang sudah lama pelihara ikan mas koki pasti menyadari, kenapa ikan tankmate atau ikan perewangan dari ikan mas koki hampir selalu Ikan Manfish atau ikan layang-layang. Minimal setidaknya ada sepasang ikan Manfish di dalam sebuah Aquarium dan kalau ukurannya besar hingga dalam model bak beton, jumlah ikan Manfish yang dipelihara bisa lebih banyak lagi.

Kalau ditanyakan kepada mereka yang sudah lama memelihara ikan mas koki kenapa harus ikan Manfish, jawaban spontannya adalah untuk membasmi kutu, karena menurut mereka ikan Manfish bisa memakani kutu-kutu seperti kutu bulat, kutu jarum yang biasanya menempel di badan ikan mas koki. Namun apakah benar itu alasannya ataukah ada faktor lain yang membuat ikan layang-layang menjadi ikan favorit sebagai ikan tankmate untuk para ikan mas koki?

Setidaknya alasan pertama tadi untuk memakan kutu-kutu yang melekat di badan ikan mas koki, yang suka bikin badan ikan mas koki merah-merah adalah benar, karena memang fungsi atau kebiasaan dari ikan Manfish itu demikian, seperti yang sudah pernah admin jelaskan pada video berikut:



Namun tidak menutup kemungkinan justru ikan Manfish yang selama ini kita percayai untuk menjaga ikan mas koki justru membawa bencana seperti kasus yang pernah admin jumpai pada ikan Oranda admin dan beberapa ekor ikan mas koki lain yang ekornya itu roges, rusak gegara dipatuk oleh ikan Manfish:



Alasan kedua yang admin bisa dapatkan kenapa harus ikan Manfish yang menjadi ikan tankmate ikan mas koki adalah:

2. Perilaku Anggun
Sebagaimana kita ketahui bersama kalau tingkah laku dari ikan mas koki itu tidak bisa diam, grasah-grusuh ke sana kemari, belum lagi ketika kamu coba mendekati mereka untuk memberi makan, maka seperti orang kesurupan, segerombolan ikan mas koki akan mendekat berusaha mengambil makanan yang dimasukkan ke dalam Aquarium.

Karena perilakunya yang ribut, grasah-grusuh kelewat lincah membuat kita sebagai penghobi ikan mas koki pun kesulitan untuk memasukkan tanaman hias ke dalam Aquarium. Alih-alih ingin mempercantik Aquarium, justru tanaman air hias tadi habis dimakan atau sekedar di sobek-sobek saja daunnya, seperti tanaman Anubias yang pernah admin taruh ke dalam Aquarium ikan mas koki berikut:



Tanaman melati air juga demikian nasibnya:



Walhasil kalau kamu perhatikan Aquarium penghobi ikan mas koki itu minim hiasan, kalaupun ada sebatas batu-batuan yang disusun rapi atau juga lumut hijau yang tumbuh secara alami:



Selebihnya ya ikan mas koki itu tadi saja yang ada di dalam Aquarium. Namun beda cerita dengan ikan Manfish. Ikan layang-layang satu ini punya perilaku yang anggun, tenang, dan terkedang diam di salah satu sudut Aquarium. Mereka lebih banyak diam dan sesekali berenang ke tempat lain untuk mengecek wilayah mereka. Hal ini tentu bertolak belakang sekali dengan perilaku ikan mas koki yang grasah-grusuh.

Kombinasi antara ikan mas koki dengan ikan Manfish sebagai tankmate nya membuat suatu harmoni yang bagus. Coba bayangkan jika semua ikan di dalam Aquarium kamu adalah ikan yang punya perilaku gesit, grasah-grusuh, tentu jadi kurang sedap untuk dipandang. Oleh karena itulah mungkin ikan Manfish menjadi pilihan lazim, pilihan pertama ketika ingin digabungkan bersama ikan mas koki.

3. Mudah Dalam Perawatan
Sedikit mengulas soal perilaku ikan Manfish yang tenang, anggun. Pasti kamu mengusulkan juga ikan discus, karena ikan ini tidak kalah anggunnya dari ikan Manfish, bahkan memiliki pilihan warna yang jauh lebih menarik dari ikan Manfish. Akan tetapi ada satu hal yang kamu lewatkan yaitu perawatannya.

Ikan Discus butuh perhatian khusus seperti kualitas air yang baik, bahkan lebih baik dari ikan mas koki, namun untuk ikan Manfish itu tidak rewel dalam perawatan. Selama admin pelihara ikan Manfish jarang mendapati ikan layang-layang yang mati. Kalaupun ada lebih kepada faktor teritorial. Karena ikan Manfish itu ikan teritorial jadi sebaiknya untuk pelihara tidak banyak apalagi kalau dari ukuran sedang peliharanya, beda cerita dari ukuran kecil. Seperti kasus Manfish stress berikut:



Beberapa faktor lain sebenarnya menjadi alasan kenapa ikan Manfish lebih sering dijumpai sebagai ikan tankmate untuk ikan mas koki yang dapat kamu simak pada video berikut:



Walau kembali lagi keselera soal pemilihan ikan tankmate ini, namun setidaknya itulah beberapa faktor yang dapat admin simpulkan kenapa ikan Manfish sering terlihat di Aquarium ikan mas koki. Tentunya jawaban ini berdasarkan sudut pandang admin selama memelihara ikan mas koki. Buat kamu yang punya pendapat lain bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salama admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar