Seberapa Lama Ikan Mas Koki Tahan Tidak Makan? Amankah Ditinggal Mudik?

Ikan Mas Koki terkenal suka makan dan tidak kenal kenyang, lantas kalau misal tidak dikasih makan karena pergi keluar kota, liburan hingga mudik dan tidak ada yang ngasih makan, kira-kira bakal tahan berapa lama ikan mas koki tidak makan? Bagaimana nasibnya jika tidak dikasih makan? Simak penjelasannya berikut based on pengalaman admin Iwak buncit.

Seberapa Lama Ikan Mas Koki Tahan Tidak Makan? Amankah Ditinggal Mudik?
Seberapa Lama Ikan Mas Koki Tahan Tidak Makan? Amankah Ditinggal Mudik?


Yang namanya makhluk hidup pasti butuh makan, termasuk manusia yang butuh makan setidaknya 3 kali dalam sehari ditambah camilan, kopi, susu, seblak, sate padang, dan lain sebagainya. Hal ini juga berlaku untuk makhluk hidup lain yang sedang kamu pelihara seperti ikan mas koki (kecuali berbagai macam camilan tadi hehehe). Nah, kalau manusia bisa berpuasa dalam sehari tidak makan dan minum, namun bagaimana dengan ikan khususnya ikan mas koki?

Kalau soal tidak minum, ikan mas koki tidak perlu dikhawatirkan karena ikan mas koki hidup di dalam air. Lagian juga pernah lihat ikan minum? hehehe.. Perlu kamu ketahui bahwa ikan mas koki itu termasuk ke dalam makhluk atau hewan berdarah dingin, yang mana punya tipikal metabolisme yang lambat. Sehingga ketika tidak dikasih asupan makanan, maka ikan mas koki masih tetap bisa hidup. Cuma yang jadi masalahnya berapa lama?

Apalagi buat kamu yang sering meninggalkan ikan mas koki bepergian semisalkan mudik yang bisa berhari-hari lamanya bakal lebih sering lagi untuk jarang memberi makan ikan mas koki. Walaupun sebenarnya sudah alat bantu seperti Food timer:

Food Timer Mekanis Recent 280G:



Food Timer Digital Recent RCFT 2019 ASF:



Yang bisa memberikan makan ke ikan mas koki secara otomatis dan teratur, namun pemberian pakan ke ikan mas koki secara langsung jauh lebih baik. Hal ini juga sudah pernah admin singgung pada video "Pilih mana antara pakai Food timer atau kasih makan langsung pada ikan mas koki":



Berdasarkan pengalaman admin selama memelihara ikan mas koki setidaknya sudah masuk tahun keempat saat postingan ini dibuat. Ikan mas koki bisa tahan tidak makan lebih dari 1 minggu. Bahkan untuk saudara dekatnya yaitu ikan KOI bisa bertahan tidak makan selama 2 minggu.

Admin sendiri tidak tega hati untuk tidak memberi makan sampai 2 minggu, dan tidak kasih makan 1 minggu lebih juga lantaran ke luar kota, namun setelah itu admin langsung kasih makan:



Pengelaman buruk admin pada Food timer karena pernah error dan kasih makan terus menerus membuat admin sudah tidak lagi menggunakan Food timer. Walau ini jarang terjadi namun admin sendiri lebih condong untuk kasih makan langsung ke para ikan mas koki. Terkadang juga admin titip pesan ke orang yang ada di rumah untuk kasih makan. Cuma ya namanya juga bukan si empunya, maka takaran dan feel kasih makannya itu akan beda.

Oh ya, resiko lain dari jarang memberi makan ke ikan mas koki bisa membuat badan ikan menciut atau wennya tidak lebat lagi. Badan ikan mas koki juga jadi tidak sejumbo atau segemuk sebelumnya. Jadi usahakan untuk rutin kasih makan dan coba puasakan beberapa hari atau bisa juga ikuti rumus cara admin memberi makan ikan mas koki berikut:



Semoga postingan admin kali ini bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang berapa lama ikan mas koki bisa bertahan tanpa dikasih makan. Sebaiknya tidak untuk dicoba dan hanya jadikan pengetahuan saja. Buat kamu yang mau berbagi pengalaman tentang bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar