Saat Titik Jenuh Pelihara Ikan Mas Koki Datangan dengan Segala Suka dan Dukanya

Seperti halnya dengan pekerjaan, hobi, atau aktivitas yang dilakukan berulang kali atau pun bisa sesuatu kesukaan yang jika terus diulang lama-kelamaan bikin bosan. Manusiawi sekali sebenarnya, mau hobi apapun pasti ada titik jenuhnya. Seperti yang admin alami belakangan ini pada ikan mas koki 😔

Saat Titik Jenuh Pelihara Ikan Mas Koki Datangan dengan Segala Suka dan Dukanya
Saat Titik Jenuh Pelihara Ikan Mas Koki Datangan dengan Segala Suka dan Dukanya

Mau apapun hobinya, mau apapun kesukaannya, mau apapun pekerjaannya sekalipun itu hobi, apabila dilakukan secara berulang, pasti akan menemui titik bosan, titik jenuh. Setidaknya inilah yang beberapa kali admin Iwak buncit alami selama memelihara ikan mas koki lebih kurang sudah masuk tahun keempat. Berbagai macam suka dan duka yang sudah admin lalui juga. Mulai dari senangnya pertama kali pelihara ikan mas koki, bisa beli ikan mas koki kelas medium, kelas mewah, beli dari luar kota, ikut lelang, ternak Aquarium sampai ke dukanya yaitu ikan mas koki pada sakit.

Awal ceritanya sendiri bukan admin yang suka dengan ikan mas koki, tapi istri yang pada saat itu sedang hamil. Istilahnya karena bawaan bayi, ngidam. Jadilah admin juga ikut ngidam pelihara ikan mas koki. Cerita lengkapnya soal asal-muasal kenapa channel dan Weblog Iwak Buncit ada bisa kamu tonton videonya berikut:



Seperti yang sudah admin sebutkan tadi, yang bikin jenuh pelihara ikan mas koki adalah ketika mereka sakit. Setidaknya ada lebih dari 3 penyakit yang admin temui pada ikan mas koki selama memeliharanya. Sebut saja yang paling ringan adalah terkena serangan kutu bulat seperti pada Oranda black jumbo admin:



Kemudian kutu jarum pada ikan Demekin black:



Dan juga ikan Mas Koki Ryukin yang terkena kutu jarum Juga:



Solusi awal yang bisa admin lakukan adalah dengan mencabut langsung kutu bulat dan kutu jarum tersebut menggunakan pinset, atau juga bisa dikasih obat pembasmi kutu seperti kutu blas:



Sayangnya penggunaan obat kutu tidak bisa sembarang dosis, ada banyak kasus juga dimana banyak ikan hias yang mati gegara pemberian obat kutu. Sehingga pemberian obat pembasmi kutu harus sesuai takaran:



Selain serangan kutu bulat, ada juga penyakit Dropsy atau sisik nanas. Yang mana kalau ikan mas koki terkena Dropsy, kecil kemungkinan untuk bisa disembuhkan. Setidaknya baru ada satu ekor ikan mas koki admin yaitu Yuanbao Jumbo yang pernah lolos dari penyakit sisik nanas:



Selebihnya banyak yang mati seperti Oranda panda yang merupakan maskot channel Iwak Buncit harus mati karena keganasan penyakit sisik nanas:



Setelah itu ada Fin Rot atau penyakit busuk insang, busuk sirip. Penyakit ini paling sering menginfeksi ikan mas koki admin. Gejala awalnya ikan mas koki yang terkena penyakit Fin Rot bakal lesu, lemas, sering mojok di sudut Aquarium ataupun juga berenang di dasar. Kemudian muncul roges-roges berwarna merah di ujung ekor maupun sirip ikan mas koki:



Kalau tidak dikarantina, besar kemungkinan ikan mas koki akan mati karena ekor ikan jadi hancur. Belum lagi jika Fin Rot ini menyerang insang yang ditandai dengan insang ikan mas koki memerah, ada yang sampai membusuk atau juga bisa berwarna pucat.

Lanjut ada penyakit Aeromonas, penyakit kambuhan yang ada pada ikan. Ditandai dengan munculnya ruam merah pada badan ikan:



Penyakit Aeromonas ini mirip-mirip dengan Amonia Burn, namun amonia Burn lebih diakibatkan oleh kadar amonia yang tinggi pada suatu air Aquarium:



Selain beberapa penyakit di atas, akses air bersih di tempat ini masih minim. Sehingga ketika di awal-awal admin pelihara, harus membeli air galon minum isi ulang hanya sekedar untuk mengganti air Aquarium rutin saja:



Setelah itu admin coba beralih menggunakan air hujan, karena air inilah yang paling mudah didapatkan, itu pun kalau sedang hujan:



Kalau sedang tidak hujan, mau tidak mau admin harus membeli air tandon mobil yang satu tandonnya bisa untuk bayar 1 bulan iuran PDAM. Padahal air hasil beli ini saja untuk kebutuhan rumah tangga juga. Dulu admin pernah berinisiatif untuk membeli air derigen pakai sepeda motor. Cuma lama kelamaan malah Shock depan motor admin yang bocor 😅.

Walau begitu dengan segala suka dukanya, sampai saat ini admin masih memelihara ikan mas koki dan semoga saja kedepannya admin tetap memeliharanya. Ada sebenarnya niatan untuk memelihara ikan hias jenis lain. Namun saat ini admin masih coba mengumpulkan informasi dulu. Postingan kali ini lebih mirip curhatan dan mungkin saja di luar sana ada yang sama dengan admin hehehe.. silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit, semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar