Pompa Sanyo Kamu Sering Cetak-Cetek Mati Nyala dengan Cepat? Bikin Langsam dengan Cara Ini

Buat kamu yang punya pompa sumur dangkal seperti SANYO ini yang sedang admin gunakan, ternyata juga bisa dipasangi dengan Pressure Tank atau tabung bertekanan untuk Jet Pump dari Shimizu. Tentunya dengan pemasangan Pressure Tank Jet Pump ini memberikan kelebihan semisal mesin pompa air jadi tidak terlalu sering nyala mati dalam waktu dekat. Adapun tata cara pemasangannya bisa kamu simak berikut.

Pompa Sanyo Kamu Sering Cetak-Cetek Mati Nyala dengan Cepat? Ini Solusi Bikin Langsam Pompa Sumur Dangkal
Pompa Sanyo Kamu Sering Cetak-Cetek Mati Nyala dengan Cepat? Ini Solusi Bikin Langsam Pompa Sumur Dangkal

Setahu admin sedari dulu setiap pembelian pompa sumur dangkal dari berbagai merek sudah disertakan juga tabung bertekanan yang isinya nitrogen. Tabung bertekanan atau biasa dikenal Pressure Tank wajib ada di setiap pompa sumur yang punya fitur mati nyala otomatis atau auto On/Off. Karena memang tabung bertekanan atau Pressure Tank ini berfungsi sebagai pemicu saklar internal pompa sumur dangkal untuk memutus atau menyambungkan daya listrik.

Beda dengan pompa sumur dangkal manual yang harus dimati-nyalakan sendiri ketika ingin digunakan atau setelah selesai digunakan. Oleh karena itulah pompa sumur dangkal yang sudah ada fitur Auto on/off nya biasa dijual lebih mahal dari pompa sumur dangkal biasa. Karena ada tambahan komponen Pressure Tank dan switch.

Namun kalau kamu teliti lagi, ukuran tabung bertekanan pada pompa sumur dangkal itu semakin kesini semakin mengecil ukurannya, tidak seperti dulu yang besar, bahkan bisa lebih besar dari kali lebih dari ukuran pompanya sendiri. Akan tetapi sekarang ukuran Pressure Tank sudah seukuran pompa atau malah lebih kecil. Nah efek samping dari mengecilnya ukuran tabung bertekanan tadi bakal membuat pompa jadi lebih cepat untuk mati-nyalanya atau memicu saklar untuk cetak-cetek lebih cepat.

Gejala ini muncul ketika kamu coba membuka keran air tidak penuh alias cuma setengah saja. Biasanya pompa sumur dangkal bakal mati nyala dengan cepat terus menerus. Kalau dibiarkan saklar atau switch pada pompa sumur dangkal bakal cepat rusak, belum lagi ini tidak baik untuk tagihan listrik. Seperti yang admin alami pada pompa sumur dangkal dari Sanyo dengan tipe PH 137 AC, yang mana ukuran Pressure Tank nya hanya 2 Liter saja. Walhasil pompa Sanyo admin sering mati nyala dengan cepat.



Guna mengatasi hal tersebut, admin berencana untuk menambah tabung bertekan yang lebih pas, lebih cocok yaitu Pressure Tank dari Shimizu yang notabene ditujukan untuk Jet Pump dengan ukuran 19 Liter. Proses pemasangan sendiri sangat mudah dan admin yakin kamu bisa langsung praktikkan. Proses lengkap cara perakitan dan pemasangan Pressure Tank Shimizu Jet Pump 19 Liter bisa kamu simak pada video berikut:



Pompa Sanyo PH 137 AC ini sendiri admin gunakan untuk mengalirkan air dari tandon Penguin TD 110:



Menuju Filter Tabung Bleu dari Penguin juga:



Dikarenakan tandon ditaruh di lantai satu atau sejajar, dan apabila mengandalkan dorongan dari air tandon saja tidak cukup. Maka penggunaan pompa sumur dangkal diwajibkan.

Proses pengisian air dan penggantian air aquarium ikan mas koki secara rutin juga jadi lebih mudahkan, admin tidak perlu lagi angkut air pakai ember berulang kali, cukup menggunakan dorongan air dari pompa Sanyo PH 137 AC yang sudah dimodifikasi tabung tekanannya plus alat modifikasi untuk Water Change berikut:



Proses penggantian air aquarium ikan mas koki jadi lebih mudah. Oh, ya untuk hasilnya setelah ditambahi tabung pressure Jet Pump Shimizu 19 liter, pompa Sanyo admin jadi tidak sering mati nyala. Ada jeda waktu lebih dari 10 detik untuk pompa menyala. Apabila Pressure Tank ditambah lagi, bisa lebih lama lagi pompa admin menyala.

Semua yang admin paparkan di atas juga bisa kamu simak pada video tadi. Berikutnya admin akan coba bahas soal Water Hammer. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like, dan subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar