Mata Ikan Mas Koki yang Buta, Hilang, Tercabut Bisakah Tumbuh Kembali?

Bisakah mata ikan mas koki yang sudah hilang, sudah buta sebelah atau buta semuanya tumbuh kembali, muncul kembali dan apa penyebab dari mata ikan mas koki menghilang? Buat kamu sering bertanya soal yang satu ini bisa simak penjelasan admin berikut.

Mata Ikan Mas Koki yang Buta, Hilang, Tercabut Bisakah Tumbuh Kembali?
Mata Ikan Mas Koki yang Buta, Hilang, Tercabut Bisakah Tumbuh Kembali?


Di kolom komentar channel Iwak buncit sempat ada yang menanyakan, apakah mata ikan mas koki yang sudah buta, hilang karena sakit, dijahili bisa tumbuh kembali seperti sirip dan ekor pada ikan mas koki?:



Karena sepertinya penghobi khususnya mereka termasuk admin yang di awal-awal pelihara ikan mas koki berharap bisa melihat mata ikan mas koki yang hilang tersebut bisa muncul kembali. Namun seketika itu juga admin sadar kalau sebenarnya itu tidak mungkin. Karena sekali mata ikan mas koki hilang, buta maka tidak dapat ditumbuhkan kembali. Ikan mas koki hanya bisa memulihkan sebagian kecil dari tubuhnya yang rusak atau hilang dan itu juga kalau masih bisa sembuh tidak akan sama seperti sebelumnya.

Acap kali mata ikan mas koki hilang lantaran dijahili oleh ikan hias lain. Paling sering adalah ketika kamu pelihara ikan predator atau ikan nokturnal karnivora semisal ikan black Ghost:



Ikan Black Ghost ini sering disangka cocok sebagai tankmate ikan mas koki karena perilakunya yang tenang dan pemalu, padahal ikan ini sangat jahil, khususnya ketika malam atau ketika lampu aquarium dimatikan. Maka ikan black Ghost akan langsung mengejar ikan mas koki khususnya pada bagian mata. Karena memang ikan black Ghost adalah ikan karnivora, ikan nokturnal juga. Aktivitas ikan black Ghost lebih banyak aktif dimalam hari.

Selain itu juga ikan KOI yang kalau disatukan dengan ikan mas koki, terlebih jika ukuran mereka berbeda jauh, maka siap-siap mata ikan mas koki kamu bisa hilang. Mau siang ataupun malam jika ada kesempatan maka ikan KOI akan coba memakan mata ikan mas koki. Ini pernah kejadian sendiri pada salah seekor ikan mas koki admin. Kebetulan istri suka pelihara KOI di dalam aquarium, berhubung cuma ada 1 aquarium saja, maka digabunglah dengan ikan mas koki:



Selain 2 contoh ikan di atas, sesama ikan mas koki juga bisa saling memakan mata, terlebih jika ikan mas koki yang dipelihara di dalam satu aquarium yang sama itu beda ukuran sangat jauh. Ini juga pernah kejadian pada ikan mas koki Ryukin admin yang memakan mata ikan Ranchu Shark:



Ada baiknya sebelum membeli tankmate untuk ikan mas koki, kamu perhatikan dengan baik supaya kasus kehilangan mata, ikan mas koki buta ini bisa dihindari seminimal mungkin. Layaknya manusia, ikan hias juga punya karakteristiknya sehingga antar ikan tidak bisa sembarang digabung. Pembahasan soal syarat ikan tankmate apa saja yang cocok untuk ikan mas koki bisa kamu tonton pada video ini:



Kesimpulannya mata ikan mas koki tidak bisa tumbuh lagi jika sudah terlanjut hilang. Entah itu karena sakit, ataupun karena kejahilan:



Selain itu juga faktor kelalaian penghobi semisal ikan mas koki tersedot ke dalam pompa sehingga mata ikan mas koki rusak tidak bisa disembuhkan. Mata ikan mas koki bisa sembuh atau pilih sebatas jika terkena penyakit ringan seperti katarak. Setidaknya ada harapan 50% untuk bisa sembuh dan jika itu sekarang menimpa ikan mas koki kamu bisa ikuti panduan cara penyembuhan mata katarak pada ikan mas koki berikut:



Pada akhirnya sebagai penghobi ikan mas koki kita harus benar-benar menjaga kesehatan mereka. Jangan sampai sudah kejadian baru mencari cara penyembuhan penyelesaian. Namanya makhluk hidup pasti ketemu sakit, kejahilan dan sebagainya. Sekian untuk pembahasan kali ini soal mata ikan mas koki yang sudah terlanjut buta apakah bisa disembuhkan kembali atau tidak. Buat kamu yang pengalaman seperti ini bisa berbagi di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar