Lubang Disudut Sekur Aquarium Ikan Mas Koki Apakah Ada Fungsinya atau Sekedar Hiasan?

Seberapa banyak dari kamu yang tahu fungsi dari lubang yang ada di sudut Sekur Aquarium Ikan Mas Koki? Sering lihat selama ini tapi tidak tahu fungsinya untuk apa? Benar memang ada fungsinya atau sekedar hiasan Gimmick saja? Setidaknya ada 2 fungsi dari lubang Sekur yang admin ketahui dan ini dia penjelasannya.

Lubang Disudut Sekur Aquarium Ikan Mas Koki Apakah Ada Fungsinya atau Sekedar Hiasan?
Lubang Disudut Sekur Aquarium Ikan Mas Koki Apakah Ada Fungsinya atau Sekedar Hiasan?


Setelah sekian lama memelihara ikan mas koki, apakah kamu tahu fungsi dari lubang yang ada di sudut Aquarium? Atau jangan-jangan selama ini kamu tidak sadar jika ada lubang di sudut Aquarium tersebut? Yah wajar sih, karena memang bakal lebih fokus pada ikannya dari pada lubang terabaikan ini. Namun tahukah kamu jika lubang atau celah kecil yang ada di sudut Aquarium tersebut sangat berguna?

Lubang pada sudut Aquarium ini pertama kali admin temukan ketika membeli Aquarium berukuran 60x30x30 cm. Ini adalah Aquarium pertama admin yang beli sepaket langsung dengan segala peralatan dan juga sepasang ikan mas koki. Dari Aquarium ikan mas koki ini juga muncullah Channel Iwak Buncit sekaligus cerita dibaliknya, lengkapnya bisa kamu tonton pada video berikut:



Sepengingat admin total ada empat lubang di sudut Aquarium tersebut dan Aquarium admin yang kedua berukuran 120x40x45 cm juga punya mempunya lubang. Pada dasarnya Aquarium itu tidak punya lubang, namun lubang ini muncul dari pertemuan 2 buah Sekur, skur atau sabuk Aquarium. Kalau admin perhatikan sepertinya ada beberapa Aquarium yang bahkan tidak dilengkap dengan lubang di sudut ini. Seperti Aquarium dengan sepasang sabuk saja atau hanya punya Sekur depan dan belakang saja tanpa sabuk samping kanan dan kiri.

Terkadang juga Aquarium dengan 4 sabuk atau Sekur keliling tidak memiliki celah atau lubang di sudutnya. Jadi admin simpulkan ini sepertinya murni inisiatif dari pembuat Aquarium. Nah sepanjang admin tahu, fungsi dari celah atau lubang pada sudut Aquarium adalah untuk mempermudah pembuangan air. Khususnya ketikan kamu coba membersihkan Aquarium ikan mas koki secara total. Seperti yang admin lakukan pada video berikut:



Admin benar-benar mencuci dalam arti sebenarnya menggunakan sabun pembersih. Tentunya tidak ada boleh ada sisa sabun sedikitpun yang tertinggal ketika proses pencucian dan ini akan sangat sulit jika tidak ada lubang tadi. Mengingat Aquarium ikan mas koki admin sudah dipasangi sabuk keliling. Syukurnya ada lubang di sudut Aquarium tersebut yang bisa digunakan untuk membuat air beserta sisa sabun pembersih sampai habis total.



Jadi admin tidak perlu khawatir semisal ada sisa sabun di dalam Aquarium yang dapat mengakibatkan ikan mas koki keracunan. Selain itu fungsi lubang pada sudut Aquarium tadi bisa dimanfaatkan sebagai celah pemuaian pada kaca. terkhusus buat kamu yang suka menaruh Aquarium di tempat panas atau terkena sinar matahari.

Selain itu juga ada beberapa fungsi lain yang sudah admin jelaskan pada video di atas. Walau kelihatannya sepele, ternyata lubang pada sudut Aquarium sangat berguna. Pesan admin kalau misalkan mau membuat Aquarium ke tukangnya, minta dibuatkan lubang sudut ini atau misalkan mau beli yang sudah jadi bisa cari yang ada lubangnya supaya saat pembersihan total bisa benar-benar bersih tanpa meninggalkan residu bekas sabun pembersih. Itu saja untuk pembahasan kali ini, silahkan +1, like dan bagikan. Serta Subscribe channel Iwak buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar