Kondisi Malam Aquarium Ikan Mas Koki Admin Iwak Buncit: Pompa Mati Semua Ikan Tetap Hidup, Rahasianya?

Inilah kondisi saat malam di rumah admin, tidak terdengar suara semburan air dari pompa aquarium ikan mas koki. Sunyi, hening bikin tidur tambah nyenyak. Namun para ikan mas koki tetap bisa hidup dan istirahat nyenyak. Apa rahasianya?

Kondisi Malam Aquarium Ikan Mas Koki Admin Iwak Buncit: Pompa Mati Semua Ikan Tetap Hidup, Rahasianya?
Kondisi Malam Aquarium Ikan Mas Koki Admin Iwak Buncit: Pompa Mati Semua Ikan Tetap Hidup, Rahasianya?

Malam, saat yang tepat untuk istirahat. Dimana semua aktivitas sudah mulai melambat, dan kebanyakan dari kita sudah mulai mempersiapkan diri untuk tidur. Sama halnya dengan manusia, hewan seperti ikan hias yang kita pelihara juga butuh tidur, cuma masalahnya mereka tidak ada kelopak mata saja. Sehingga kalaupun tidur, ya matanya tetap terbuka. Sebagai contoh ikan mas koki admin yang mulai lambat pergerakannya dan ada yang mojok juga di sudut aquarium:



Ini tanda kalau ikan mas koki juga sedang tidur, butuh istirahat. Selain itu juga ada ikan Louhan cencu yang admin pelihara sampai saat ini juga menunjukkan tanda-tanda tidur ketika si Louhan cencu sudah menyudutkan kepalanya ke sudut aquarium:



Selain dari kedua ikan di atas, semua ikan butuh tidur. Cuma mungkin ada beberapa jenis ikan nokturnal yang justru aktif di malam hari atau di tempat gelap seperti ikan Black Ghost yang pernah admin pelihara bareng ikan mas koki:



Selain lampu aquarium yang sudah admin padamkan ketika malam hari, ada satu lagi kebiasaan admin yang sudah admin kerjakan setidaknya lebih dari 4 bulan kebelakang yaitu mematikan pompa celup aquarium. Yak, kebiasaan admin adalah mematikan semua pompa aquarium ketika ingin tidur. Lebih tepatnya ketika masuk waktu magrib. Jadi Mulai dari waktu Magrib hingga waktu subuh, admin matikan pompa. Setelahnya admin baru nyalakan.

Inilah suasana sunyi sepi nan tenang di ruang tamu admin, walaupun ada 3 aquarium berjejer:



Mematikan pompa celup aquarium saat malam hari admin lakukan untuk memberikan kesan hening, sunyi, tenang pada semua penghuni rumah. Supaya kualitas tidur jadi lebih baik. Walaupun admin tidur di kamar dan tertutup oleh tidur, namun yang namanya bunyi gemericik air dari Mushroom di waktu malam masih bisa terdengar jelas.

Admin sendiri tidak mempermasalahkan suara gemercik air dari Mushroom aquarium, cuma anggota keluarga lain mungkin ada yang terganggu, terlebih orang tua yang mudah terbangun jika ada suara kecil pun. Maka dari itu admin coba matikan. Selain itu dengan mematikan pompa celup aquarium, admin jadi bisa lebih berhemat pemakaian listrik. Ada kalanya token listrik berbunyi di waktu malam karena lupa di cek meteran sehingga bikin malu ke tetangga gegara bunyi token listrik yang selalu berbunyi beberapa jam sekali.

Buat kamu yang namanya apakah ikan mas kokinya masih bisa hidup tanpa pompa aquarium menyala? Tentu saja para ikan mas koki masih hidup. Walau pompa aquarium admin matikan, tapi ada satu aerator yang admin siapkan. Admin taruh di pojokan aquarium yang admin pasangkan dengan Kaldness K1 Qanvee:



Tujuannya supaya tetap ada riak air di permukaan sehingga pertukaran antara gas karbon dioksida yang ada di aquarium dengan oksigen yang ada di permukaan bisa terus terjadi. Lagian juga ikan mas koki admin sudah terbiasa tidak ada pompa tidak ada aerator menyala sekalipun dalam kondisi padam listrik PLN:



Sehingga admin tidak perlu khawatir jika pompa dimatikan. Hanya saja efek sampingnya adalah kotoran ikan mas koki jadi tidak tersaring selama pompa celup dimatikan. Biasanya ketika subuh, air aquarium ikan mas koki dampak keruh. Namun dalam beberapa jam kedepan setelah pompa dinyalakan, air aquarium ikan mas koki akan bening kembali.

Selain ikan mas koki, ikan Louhan juga tetap bisa bernafas sekalipun tidak ada riak air di permukaan. Justru aquarium ikan Louhan sama sekali tidak admin tambahkan aerator hehehe.. Itu kalau admin, mungkin beda di kamu. Berhubung rumah admin kecil, jadi suara sekecil apapun bisa terdengar apalagi dimalam hari dimana orang-orang sudah pada tidur.

Buat kamu yang punya pengalaman serupa atau punya cerita lain soal bahasan kali ini bisa tuliskan pengalamannya di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan, serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar