Kok Bisa Ikan Mas Koki yang Ada di Aquarium Tidak Tersetrum Listrik Padahal Obeng Tespen Menyala?

Kenapa ikan hias seperti ikan mas koki yang berada di dalam aquarium tidak tersengat atau tersetrum listrik ya? Padahal ditest menggunakan obeng tespen ada arus listriknya, lampunya menyala. Disentuhkan jari ke dalam air aquarium juga ada sengatan listriknya, namun kenapa ikan mas koki tidak tersetrum? Padahal ada banyak peralatan seperti pompa, lampu, heater dan sebagainya di dalam aquarium tersebut? Mau tahu alasannya kenapa? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

Kok Bisa Ikan Mas Koki yang Ada di Aquarium Tidak Tersetrum Listrik Padahal Obeng Tespen Menyala?
Kok Bisa Ikan Mas Koki yang Ada di Aquarium Tidak Tersetrum Listrik Padahal Obeng Tespen Menyala?

Kasus kesetrum atau listrik bocor pada aquarium ikan hias contohnya saat ini yang admin pelihara adalah ikan mas koki bukan baru pertama kali terjadi. Awal pelihara ikan mas koki, admin dikejutkan dengan air aquarium yang kalau dicelupkan jari ke dalamnya terasa ada yang menggigit, menyengat perih dan ternyata setelah admin coba masukkan obeng tespen ke dalam air aquarium ikan mas koki tersebut. Benar saja lampu obeng tespen menyala. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Kejadian kedua ketika admin baru saja membeli lampu LED celup untuk aquarium ikan mas koki yang sama, setelah coba dipasangkan admin lakukan penyesuaian posisi semisal ada lampu yang miring tidak sejajar. Akan tetapi ketika admin coba mencelupkan tang ke dalam aquarium, bahkan sebelum dicelupkan saja pinggiran kaca aquarium dipegang pun terasa perih.

Setelah admin cek lagi menggunakan obeng tespen, benar saja lampu obeng tespen menyala, yang mana ini mengindikasikan kalau ada kebocoran listrik di aquarium tersebut. Setelah admin cek lebih teliti lagi ternyata kebocoran listrik ini berasal dari tabung lampu LED celup yang kemasukan air. Kasus lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Itu baru yang tercatat, beberapa admin sudah lupa pastinya namun setidaknya 2 kejadian di atas membuat admin jadi lebih berwaspada ketika ingin mencelupkan tangan ke dalam aquarium. Hal ini juga yang membuat admin jadi membiasakan diri untuk melakukan beberapa langkah pengamanan supaya terhindar dari sengatan listrik yang bisa kamu baca di sini atau juga bisa tonton langsung pada video berikut:



Terlepas dari kejadian tersetrum listrik tadi, admin dan kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa ikan mas koki yang ada di dalam aquarium tidak ikut tersetrum ya? Padahal mereka kan hidup di dalam air sedangkan air adalah media yang bagus sekali untuk menghantarkan listrik?

Admin juga sempat bertanya seperti itu, namun karena sudah tahu alasan atau penyebabnya dari awal jadi tidak heran lagi. Sederhananya karena ikan mas koki atau ikan hias lain yang berada di dalam aquarium tidak terkena "Grounding". Soal Grounding dan segala penjelasan terperincinya dengan ikan yang ada di dalam aquarium bisa kamu simak secara lengkap pada video ini:



Pesan admin untuk selalu waspada pada kebocoran listrik di aquarium ikan hias. Karena dulu pernah kejadian ada penghobi yang meninggal karena tersetrum setelah mencelupkan tangan ke dalam air aquarium. Setelah diselidiki ternyata heater kaca yang ada di dalam aquarium tersebut pecah, sehingga kebocoran listrik terjadi. Selain itu waspada juga terhadap anak kecil di rumah.

Yah, anak kecil punya rasa keingintahuan yang sangat tinggi dan mereka suka sekali bermain air. Sekalinya lihat air di aquarium, mereka akan mencoba memasukkan tangan ke dalam air aquarium atau melemparkan sesuatu ke dalamnya. Hal ini sangat membahayakan sekali, terlebih ketika mereka coba memanjat aquarium. Perkara soal anak bahaya anak kecil dan aquarium ikan hias sudah pernah admin buatkan juga video khususnya, cek langsung saja:



Sekarang kamu sudah tahu kan penyebab dari kenapa ikan yang ada di dalam aquarium tidak tersetrum listrik padahal ketika coba dimasukkan obeng tespen ke dalam aquarium lampunya menyala. Admin juga awal juga heran dan penasaran. Buat kamu yang punya tambahan informasi soal bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin tuliskan di atas berdasarkan pengalaman admin pemahaman admin sendiri. Silahkan +1,like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar