Ikut Lelang atau Bagusnya Beli Langsung ke Breeder Ikan Mas Koki? Kamu Pilih yang Mana?

Ikut Lelang atau beli langsung ikan mas koki adalah dua pilihan yang bisa kamu ambil ketika ingin mengincar ikan mas koki dambaan. Hanya saja mungkin beberapa dari kamu masih cukup bingung atau kurang info terkait sabakinya beli langsung ikan mas koki atau ikut lelang saja. Maka dari itu kali ini admin akan coba bagikan beberapa poin kelebihan dan kekurangan dari mengikuti lelang. Silahkan disimak 😉

Ikut Lelang atau Bagusnya Beli Langsung ke Breeder Ikan Mas Koki? Kamu Pilih yang Mana?
Ikut Lelang atau Bagusnya Beli Langsung ke Breeder Ikan Mas Koki? Kamu Pilih yang Mana?


Sudah menjadi kebiasaan kalu mau beli ikan hias seperti ikan mas koki pasti kita bakal datang ke toko ikan hias ataupun ke pasar ikan hias. Karena memang 2 tempat tadi menjadi tempat favorit sekaligus tempat yang langsung terpikirkan oleh kita. Terlebih itu jika masih awal-awal pelihara ikan mas koki, masih minim informasi juga. Padahal sebenarnya masih ada opsi lain yaitu beli langsung ke penghobi yang biasanya sekaligus breeder. Nah soal baiknya beli ikan mas koki di toko ikan hias, di pasar ikan hias atau di penghobi bisa kamu tonton penjelasan lengkapnya pada video berikut:



Di postingan kali ini admin akan lebih membahas tentang sebaiknya beli ikan mas koki itu langsung saja beli seperti biasa membeli ketemu dengan penjual atau melalui mekanisme lelang. Karena sebenarnya di dunia penghobi seperti ikan mas koki ini ada lelangnya juga dan tentu yang dilelang adalah ikan mas koki dan biasanya yang melakukan lelang adalah breeder. Buat kamu yang belum tahu lelang ikan mas koki itu seperti apa dan cara mengikuti lelang itu bagaimana bisa tonton video admin berikut:



Selain itu admin juga pernah membagikan beberapa video tentang aktivitas lelang yang admin ikuti di channel Iwak buncit. Buat kamu yang mau lihat keseruannya bisa tonton salah satu video lelangnya berikut:



Ada banyak lelang sebenarnya yang admin ikuti, selain ikan mas koki juga ada lelang ikan Louhan dan juga lelang-lelang non ikan hias. Cuma yang admin buatkan tentang ikan hias saja:



Okey kembali lagi ke bahasan. Baik membeli langsung ikan mas koki ke penghobi maupun melalui mekanisme lelang tentu memiliki kelebihan masing-masing. Setidaknya itu yang dapat admin simpulkan setelah mengikuti beberapa kali lelang dan ternyata polanya hampir sama. Setidaknya ada beberapa point yang akan admin sampaikan berikut.

Kelebihan Mengikuti Lelang Ikan Mas Koki atau Membeli Ikan Mas Koki Melalui Mekanisme Lelang:
Pertama kali yang admin sadar adalah berbagai macam ikan mas koki dari berbagai jenis muncul dan biasanya di setiap lelang itu beda-beda jenisnya. Jadi buat kamu yang nambah koleksi di aquarium bisa incar ikan mas koki jenis lain juga semisal Oranda, Ranchu, Demekin, Ryukin dan sebagainya. Selain itu juga harga jadi relatif karena harga ditentukan oleh peserta yang mengikuti lelang. Walaupun memang nantinya pelelang akan menentukan batas bawah harga atau istilahnya itu OB atau Open Bid.

Umumnya yang admin temui adalah OB di harga 100K namun tidak menutup kemungkinan ada yang 0K alias dibuka dari harga Rp 0,- dan menariknya jika yang mengikuti lelang itu tidak banyak atau ikan yang dilelang itu tidak banyak yang melakukan BID maka bisa dipastikan ikan mas koki tadi terjual dengan harga yang murah. Hal ini pernah admin alami ketika mengikuti lelang ikan Oranda short body:



Dikarenakan lelang dilakukan oleh beberapa breeder, maka kamu bisa berkesempatan untuk mampir ke tempat mereka, sekalian cuci mata. Yah, walau mungkin beberapa orang lebih suka pakai layanan gosend atau COD di tempat lain.

Selain kelebihan di atas tentu ada kekurangannya yaitu:
Ikan yang ikut lelang biasanya bukan ikan mas koki utama. walau ini sebenarnya relatif ya. Karena admin pernah masuk ke grup lelang ikan mas koki kelas mewah yang saat dilelang bisa tembus 2000K ke atas namun pada umumnya yang admin jumpai adalah ikan yang dilelang itu bukan ikan utama breeder atau bukan ikan top kelasnya. Berkisar di kelas medium dan bahkan untuk grup-grup Facebook ada yang kelas pasar. Namun ini relatif sekali, tidak bisa dipukul rata.

Sehingga jika kamu ingin mendapatkan koleksi ikan mas koki yang grade super apalagi kelas kontes, maka pembelian secara langsung ke breeder sangat dianjurkan dan tentu saja harga mengikuti.

Kelebihan Membeli Langsung:
Tentu saja apalagi kalau bisa memilih ikan mas koki kelas super di tempat breeder. Ikan yang selama ini tidak muncul mungkin lelang bisa kamu beli, bisa kamu bawa pulang. Admin sendiri juga cukup sering membeli ikan mas koki langsung tanpa mekanisme lelang dan terbukti ikan yang diincar langsung didapat.

Cuma ya tidak ada rasa deg-degan seperti saat ikut lelang. Karena kelebihan ikut lelang ikan mas koki juga membuat adrenalin kita terpacu untuk memperebutkan ikan mas koki incaran. Namun jika beli langsung tidak ada acara pacu adrenalin.

Sedangkan untuk kekurangannya bisa kamu tonton pada video berikut:



Karena sebenarnya ada beberapa point yang agak sulit kalau cuma dijelaskan hanya dengan tulisan saja. Nah buat kamu yang biasa ikut lelang ikan mas koki bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Selain itu ada baiknya untuk mengetahui peraturan dan istilah-istilah dalam dunia lelang supaya ketika mengikuti lelang tidak terlalu banyak tanya atau salah pengertian.

Untuk yang satu ini sudah admin buatkan 2 video yang ngebahas soal istilah-istilah dalam lelang ikan mas koki yang sering muncul:

Part 1:



Part 2:



Sekian untuk pembahasan kali ini soal lelang ikan mas koki atau beli langsung. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar