Apakah Ikan Louhan Juga ButuhTidur? Bagaimana Cara Mereka Tidur?

Tidak hanya manusia, yang namanya makhluk hidup seperti ikan Louhan juga ternyata butuh tidur. Hanya bagaimana cara tidur ikan Louhan? Apakah sama cara tidurnya dengan manusia? Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pada bahasan menarik berikut.

Apakah Ikan Louhan Juga ButuhTidur? Bagaimana Cara Mereka Tidur?
Apakah Ikan Louhan Juga ButuhTidur? Bagaimana Cara Mereka Tidur?


Pernah lihat ikan Louhan tidur? Ikan Louhan yang terkenal galak juga ternyata bisa tidur loch.. hahaha... Namanya juga makhluk hidup, mau sebagaimana galaknya pasti juga butuh istirahat. Sama halnya dengan manusia yang butuh tidur, dikala malam tiba. Hanya saja yang menjadi pembeda utama antara ikan dengan manusia adalah kelopak mata.

Yah, ketika manusia tidur maka secara otomatis kelopak mata juga akan tertutup. Hal ini bertujuan untuk membuat bola mata kita tidak menerima cahaya dari luar yang membuat tidur menjadi tidak maksimal. Selain itu juga selama tidur, manusia tidak sadar dengan keadaan di sekitarnya. Membuat ini bakal sangat membahayakan jika bola mata manusia tetap terbuka. Selain itu memang mekanisme kelopak mata yang otomatis tertutup.

Namun ini akan beda cerita dengan para ikan seperti ikan mas koki yang pernah admin bahas pada video berikut:



Ikan Louhan juga demikian:



Ikan Louhan tidak memiliki kelopak mata sehingga ketika dia mau tidur maka bola matanya akan tetap terbuka. Hal ini yang membuat kita terkadang jadi tidak tahu kapan ikan Louhan tersebut tidur, karena bola matanya tetap terbuka ketika tidur tadi. Hanya saja ada beberapa ciri ketika ikan Louhan tidur seperti ikan Louhan akan cenderung bergerak lambat, lebih suka berada di dasar aquarium atau pojok aquarium yang gelap. Kemudian kalau kamu coba dekatkan tangan atau sesuatu kepada ikan Louhan, mereka tidak merespons atau kalaupun ada sangat pelan.

Kalau sudah seperti di atas ciri-cirinya maka bisa dipastikan jika ikan Louhan kamu saat itu sedang tidur. Saran admin untuk mematikan lampu aquarium ketika malam hari atau ketika kamu ingin tidur, supaya ikan Louhan bisa beristirahat maksimal. Kamu jika menghemat listrik di rumah dan menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan semisal korsleting listrik. Admin juga terbiasa untuk mematikan lampu aquarium ketika ingin tidur.

Kalau misalkan malas atau sering lupa mematikan lampu aquarium, kamu bisa gunakan stop kontak timer yang pernah admin review berikut:

Versi Analog:



Versi Digital:



Cara Penggunaan Stop Kontak Digital:



Dengan begitu lampu aquarium bisa mati sendiri sesuai dengan jam yang sudah diatur. Itu saja untuk pembahasan kali ini , sederhana dan singkat. Buat kamu yang sudah lama pelihara ikan Louhan pasti telah menyadari hal. Nah, buat kamu yang belum saatnya untuk berbenah. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar