Apa Kelebihan dan Kekurangan Pelet AGARU? Apakah Cocok untuk Ikan Mas Koki

Sedang mencari review untuk pakan jenis pelet merek AGARU? Apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari pelet AGARU? Apakah cocok untuk ikan mas koki? Simak review lengkapnya berikut di iwakbuncit.com


Apa Kelebihan dan Kekurangan Pelet AGARU? Apakah Cocok untuk Ikan Mas Koki
Apa Kelebihan dan Kekurangan Pelet AGARU? Apakah Cocok untuk Ikan Mas Koki

Pelet AGARU, salah satu merek pelet yang sempat admin gunakan di awal-awal pelihara ikan mas koki. Sebelum-sebelumnya admin menggunakan pelet murah-meriah dari SAKURA untuk para ikan mas koki yang sempat admin review juga di sini:



Di toko ikan hias dekat rumah admin sendiri pelet AGARU dulu masih jarang yang jual, kebanyakan pelet merek SAKURA dan TAKARI yang warna khasnya itu mirip nyam-nyam:



Berhubung admin pada saat itu sudah gabung ke grup Facebook sesama penghobi ikan mas koki, jadilah admin tahu dengan pelet ikan mas koki merek AGARU. Pelet AGARU sendiri produksi dalam negeri, terkenal sebagai pakan pelet ikan hias murah meriah. Saking murah-meriahnya dulu admin sempat membeli pelet ini cuma 3K saja per bungkus dan langsung beli 10 bungkus untuk stok kedepan.

Pelet AGARU sendiri ada dua jenis yaitu Sinking dan Floating. Buat kamu yang belum tahu ada itu pelet sinking dan pelet floating, sederhananya pelet Sinking itu pelet ikan mas koki atau pakan ikan hias yang kalau ditaburkan ke dalam air maka pakan pelet tersebut akan langsung tenggelam, sedang kebalikan dari sinking, pelet floating akan mengambang ketika ditaburkan ke dalam air aquarium.

Umumnya penghobi awal akan memilih pelet floating karena memang ini yang paring sering ditawarkan oleh penjual. Perkara lebih bagus pelet sinking atau floating bisa kamu tonton penjelasannya berikut atau bisa juga baca di sini:



Sepengingat admin pada saat dulu masih menggunakan pelet AGARU, bertepatan admin membeli ikan Oranda Panda. Namanya juga Oranda panda pasti warna yang dominan di badannya adalah warna hitam dan putih sebagaimana warna panda:



Ketika dibeli semuanya lancar tidak ada perubahan pada warna ikan mas koki Oranda panda admin, namun ketika sudah berangsur waktu ketika admin coba kasihkan pelet AGARU secara rutin sebagai pakan ikan mas koki Oranda dan ikan mas koki lain yang ada di aquarium tersebut. Nampaklah warna ikan mas koki Oranda panda admin jadi kacau. Warna hitam mulai pudar, jadi dominan warna putih. Belum lagi muncul warna hitam di bagian mulut.

Motif panda pada Oranda admin yang awalnya itu tertata rapi jadi makin tidak karuan. Selain itu juga muncul warna kekuningan pada sisik ikan mas koki admin yang menandakan terjadinya mutasi. Sedangkan untuk berapa ikan mas koki admin yang lain semisal Ranchu, Oranda, Ryukin, teleskop dan sebagainya tidak terlalu terpengaruh. Belum lagi air pada aquarium ikan mas koki admin jadi nampak kehijauan.

Awalnya admin mengira hanya sebatas perasaan saja atau keliru saja lihatnya, namun setelah admin coba amati memang benar air aquarium admin jadi agar berwarna kehijauan:



Kejadian ini sempat admin buatkan juga videonya, bisa kamu cek di atas. Admin kurang tahu pasti warna hijau pada air itu berasal dari zat apa, namun admin berspekulasi jika ini berasal dari pewarna atau spirulina pelet AGARU. Semenjak kejadian itu dan karena kurang cocok pada ikan Oranda panda admin jadi tidak lagi menggunakannya.

Kalau disimpulkan, kelebihan dari Pelet AGARU:

- Murah Harganya
- Mudah Didapat
- Ada pilihan Floating dan Sinking (jadi tinggal cocokkan dengan kebiasaan makan ikan)
- Banyak

Kekurangan Pelet AGARU:
- Air Aquarium jadi agak berwarna kehijauan
- Untuk ikan dengan warna dari satu semisal hitam dan putih pada kasus Oranda Panda jadi kacau, bahkan bisa memicu munculnya warna kuning (warna yang tidak diinginkan pada Oranda panda)

Buat kamu yang pelihara ikan mas koki hanya sekedar sebagai pelengkap ruang tamu, sebagai hiasan dan tidak terlalu menekuni dalam artian beli ikan mas koki biasa saja yang harganya terjangkau. Maka pelet AGARU aman untuk digunakan sebagai pakan pelet sehari-hari. Namun jika kamu seorang penghobi yang serius, menekuni dan memiliki ikan mas koki kelas medium hingga mewah:



Ada baiknya untuk tidak menggunakan pelet AGARU. Karena dari pengalaman admin warna ikan bisa kacau, walau ini sebenarnya kembali lagi ke genetik ikan mas koki (tidak bisa dipukul rata). Selain itu warna air juga jadi kehijauan. Harus dimaklumi juga jika pelet AGARU punya harga terjangkau jadi berilah ke ikan mas koki yang terjangkau pula harganya. Akan tetapi kalau kamu beli ikan mas koki sudah sampai ratusan ribu rupiah hingga jutaan maka ada banyak pilihan pelet ikan mas koki yang lebih berkualitas semisal ini Mizuho:



Selain itu juga ada Saki Hikari Series:



Beberapa sudah pernah admin di weblog ini atau juga bisa kunjungi langsung channel Youtube Iwak Buncit. Itu saja yang ingin admin bagikan ke kamu tentang pengalaman menggunakan pelet AGARU pada ikan mas koki serta kelebihan dan kekurangan dari pelet AGARU. Buat kamu yang punya pengalaman lain atau sama tentang pelet AGARU ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berlangganan info terbaru seputar ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar