Apa Jadinya Jika Ikan Sapu Jagat Dimasukkan ke dalam Aquarium Ikan Louhan? Jadi Untulan Sekaligus?

Jika biasanya ikan sapu-sapu di taruh di aquarium ikan mas koki sebagai ikan pembersih lumut dan sering jahil menempel di badan ikan mas koki. Lantas bagaimana kalau ikan sapu-sapu ini dimasukkan ke dalam aquarium ikan Louhan yang terkenal sebagai galak, ikan teritorial? Maka di video kali ini admin akan coba kabarkan ke kamu bagaimana hasilnya. Silahkan disimak 😉

Apa Jadinya Jika Ikan Sapu Jagat Dimasukkan ke dalam Aquarium Ikan Louhan? Untulan Sekaligus Pemakan Lumut?
Apa Jadinya Jika Ikan Sapu Jagat Dimasukkan ke dalam Aquarium Ikan Louhan? Untulan Sekaligus Pemakan Lumut?

Ikan Sapu-sapu atau ikan sapu jagat yang biasa dikenal sebagai ikan pembersih lumut, sekaligus ikan yang suka jahil ke ikan mas koki:



Apa jadinya kalau ikan sapu-sapu ini disatukan ke dalam aquarium ikan Louhan? Secara ikan Louhan termasuk ikan predator, ikan yang galak ke ikan lain, apalagi jika memasuki wilayahnya.

Inilah yang terjadi pada ikan sapu-sapu berukuran sedang. Admin memasukkan ikan sapu jagat ke dalam aquarium ikan Louhan bukan tanpa alasannya juga. Mengingat aquarium ikan Louhan admin ditumbuhi banyak sekali lumut hijau tebal. Admin kira awalnya ikan Louhan juga suka memakani lumut seperti ikan mas koki:



Namun ternyata ikan Louhan sama sekali tidak doyan dengan ikan lumut. Walhasil lumut hijau yang ada semakin tebal dan kebetulan sekali ada ikan sapu jagat yang menganggur di aquarium lain, makanya admin coba masukkan ikan sapu-sapu ini saja:



Sekaligus sebagai ikan untulan juga. Hasilnya setelah beberapa hari ikan sapu jagat di dalam aquarium ikan Louhan, ikan sapu-sapu tadi sering dikejar-kejar oleh ikan Louhan kamfa. Walau memang tidak sampai membahayakan ikan sapu-sapu karena ukuran kedua ikan tadi cukup seimbang. Namun ini sudah cukup membuat ikan sapu jagat ketar-ketir.

Sayangnya karena sering dikejar-kejar oleh ikan Louhan tadi. Efektivitas ikan sapu-sapu jadi berkurang. Terlihat beberapa lumut tidak bisa dibersihkan oleh ikan sapu-sapu karena ada area yang selalu didiami oleh ikan Louhan.

Kesimpulannya ikan sapu-sapu bisa disatukan dengan ikan Louhan namun dengan beberapa catatan jika ukuran ikan sapu-sapu tidak terlampau berbeda dengan ikan Louhan. Mengingat ikan Louhan adalah ikan teritorial yang galak dengan ikan lain. Apabila ukuran terlampau jauh, bisa saja ikan sapu-sapu mati. Silahkan +1, like dan bagikan dan jangan lupa untuk subscribe channel Iwak buncit. salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar