10 Hari Aquarium Ikan Mas Koki Ditinggal Mudik Lebaran, Inilah yang Bakal Terjadi

Inilah yang terjadi ketika aquarium ikan mas koki admin ditinggal selama 10 hari lebih dari Mudik Lebaran Idul Fitri. Aquarium penuh lumut sampai ke kaca depan dan samping. Belum lagi ada ikan yang sakit. Nah, jika kamu menemui kasus seperti ini bisa ikut saran berikut.

10 Hari Aquarium Ikan Mas Koki Ditinggal Mudik Lebaran, Inilah yang Bakal Terjadi
10 Hari Aquarium Ikan Mas Koki Ditinggal Mudik Lebaran, Inilah yang Bakal Terjadi

Bagi sebagian orang hari libur panjang adalah momen yang tepat jika digunakan untuk mudik kembali ke kampung halaman. Mungkin selama ini kerja di tempat jauh hingga beda pulau, ditambah padatnya jadwal kerja setiap hari, membuat mudik sangat dinanti-nanti, khususnya ketika ada hari raya seperti Idul fitri, yang mana liburnya jauh lebih panjang dari pada hari libur lain. Hanya ikan hias kamu seperti ikan mas koki tidak kenal libur, tidak kenal mudik, tidak kenal lebaran. Tahunya mereka setiap hari bisa makan dan tinggal di air aquarium berkualitas.

Sayangnya ketika lebaran sebagian besar atau bahkan seluruh penghuni rumah tidak ada, membuat aquarium ikan hias dalam hal ini contohnya ikan mas koki yang admin pelihara sendiri tidak terawat dengan baik. Sebelum mudik, admin sudah berpesan ke adik untuk dikasih makan teratur, cuma ya namanya dititipkan ke orang yang bukan tuanya, pastinya tidak akan sangat perlakukannya dengan pemilik.

Sebagai contoh penggantian air tidak dilakukan, dan jumlah pakan dikurangi. Soal penggantian air dari admin sendiri sebenarnya sudah berpesan untuk tidak di ganti, biarkan saja dari pada ada apa-apa sedangkan admin tidak ada di rumah. Makanya sebisa mungkin admin lakukan penggantian air ketika ingin berangkat mudik. Selain itu admin minta untuk dimatikan saja semua lampu aquarium selama mudik, supaya tidak terjadi korsleting, cuma ya namanya bukan pemilik, mungkin lupa sehingga lampu aquarium terus menyala selama mudik. Walhasil aquarium admin jadi super berlumut hijau sampai ke kaca-kaca depan:



Belum lagi kondisi ikan ada beberapa ekor yang menunjukkan gejala jamuran. Hal ini terjadi karena air tidak rutin diganti. Apalagi sudah ditinggal lebih dari seminggu. Admin masih bersyukur sebenarnya masih ada yang jaga, walau tidak maksimal mengingat beda "tangan" juga. Namun akan lain cerita buat kamu yang sama sekali tidak ada orang di rumah ketika mudik. Ada beberapa kasus yang admin baca dimana ikan mas koki mereka banyak yang mati ketika ditinggal mudik.

Mulai dari karena lupa memasang aerator baterai AC/DC, lupa menyalakan pompa hingga ikan mati gegara kekeringan akibat aquarium bocor. Ada banyak kejadian yang seperti itu. Sehingga ketika pulang dari mudik bukannya istirahat untuk melepas lelah, ini malah harus mengurusi, meratapi aquarium yang bermasalah, ikan mas koki yang mati. Maka dari itu ada baiknya kamu kerjakan dulu beberapa persiapan berikut jika ingin mudik dan meninggalkan aquarium ikan hias dalam waktu lama, penjelasan tipsnya bisa kamu baca di sini atau juga bisa tonton langsung videonya berikut:



Itu kalau pengalaman admin selama meninggalkan ikan mas koki mudik lebaran. Pastinya beda orang beda cerita. Sebisa mungkin admin segera perbaiki masalah yang muncul pada aquarium ikan mas koki admin ketika pulang semisal ikan yang sakit langsung dikarantina dan aquarium yang kotor admin bersihkan supaya hal-hal yang tidak diinginkan lebih parah lagi tidak muncul. Buat kamu yang punya pengalaman serupa bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar