WAJIB Lakukan Ini Jika Ikan Sapu Jagat Sudah Tidak Lagi Digunakan di Aquarium Ikan Mas Koki!

Penggunaan ikan sapu jagat di Aquarium ikan mas koki sebagai pembersih lumut maupun lendir sudah lazim dilakukan. Sayangnya beberapa dari kita sebagai penghobi justru membuang ikan ini ke sungai, ke danau, ke empang atau ke aliran air yang di dalamnya sudah ada ekosistem ikan-ikan lain. Padahal ikan sapu jagat masuk dalam daftar sebagai ikan invasif yang paling berbahaya. Lantas apa yang perlu kita lakukan sebagai penghobi ikan hias? Temukan jawabannya pada bahasan berikut.

WAJIB Lakukan Ini Jika Ikan Sapu Jagat Sudah Tidak Lagi Digunakan di Aquarium Ikan Mas Koki!
WAJIB Lakukan Ini Jika Ikan Sapu Jagat Sudah Tidak Lagi Digunakan di Aquarium Ikan Mas Koki!


Ikan sapu jagat, ikan sapu-sapu, atau Pleco. Siapa yang tidak kenal dengan ikan pemakan segalanya satu ini. Karena memang nama sapu jagat dapat diartikan segalanya, ambil semua, kesemuanya. Sebagaimana namanya, ikan sapu jagat dikenal sebagai ikan yang tidak pilih-pilih tempat hidup. Mereka dapat hidup di air bersih, air setengah bersih hingga air kotor semisal air parit, air kali dan sejenisnya. Jadi jangan heran jika menjumpai ikan sapu jagat di tempat-tempat tidak lazim tadi.

Habitat asli ikan sapu-sapu dari sungai Amazon, namun entah tahun berapa mungkin ada pendatang yang membawa dan melepaskan ikan ini ke sungai di Indonesia sehingga ikan sapu-sapu jadi banyak dan meledak jumlahnya. Ikan sapu-sapu sendiri dikalangan penghobi dikenal sebagai ikan pembersih lumut serta lendir yang biasanya melekat di kaca Aquarium. Admin sendiri menggunakan jasa ikan sapu-sapu pada Aquarium ikan mas koki.

Hanya saja ikan sapu-sapu ini terkenal jahil pada ikan mas koki, terbukti beberapa kali ikan mas koki admin sering ditempeli badannya oleh ikan sapu jagat seperti yang ada pada video berikut:



Namun tak jarang ikan sapu jagat justru admin temukan mati:



Selain warna hitam yang paling mudah dijumpai, ikan sapu jagat juga punya warna lain yaitu ikan sapu-sapu albino, dari namanya sudah mencirikan kalau ikan ini punya warna putih agak ke warna krem:



Soal efektivitas, jangan ditanya! Ikan sapu-sapu terbukti sukses membersihkan Aquarium admin yang lumutan hijau parah gegara ditinggal mudik dan lampu Aquarium terus menyala 24 jam. Lihat saja hasilnya kinclong setelah admin masukkan ikan sapu jagat:



Karena ikan sapu-sapu tertarik dengan lendir badan ikan mas koki, ada baiknya kamu ikuti beberapa Tips berikut jika ingin memelihara ikan sapu-sapu menjadi tankmate buncit:



Info terakhir yang admin dapatkan jika ikan sapu-sapu masuk ke dalam daftar ikan invasif. Ikan yang tidak boleh dilepas ke alam bebas. Buat yang belum tahu, ikan invator atau ikan yang bersifat invasif ini adalah ikan yang berpotensi menduduku suatu ekosistem yang sebelumnya sudah dihuni baik oleh ikan-ikan dan makhluk hidup lain secara harmoni. Dimana ikan-ikan lain di dalam ekosistem tersebut semisal sungai, danau, kambang dan sejenisnya dapat bergerak, mencari makan dengan baik serta dapat berkembang biak tanpa mengganggu keberlangsungan jenis ikan lainnya.

Namun ketika ikan sapu-sapu ini dimasukkan atau masuk ke dalam suatu ekosistem yang harmoni, maka ikan sapu-sapu dapat merusak dengan cara memakan telur-telur ikan jenis lain serta membabat habis makanan. Hal ini membuat ikan-ikan jenis lain tidak dapat berkembang biak dan kalaupun bisa hanya sedikit yang bertahan hidup karena keterbatasan jumlah bibit ikan. Belum lagi ikan sapu-sapu ini hampir memakan semua makanan yang bisa dimakan, baik itu lumut, cacing, telur ikan dan sebagainya.

Sehingga alangkah baiknya jika ikan sapu-sapu tidak sembarang dilepas begitu saja ke alam ketika sudah tidak digunakan kembali. Akan tetapi dimusnahkan terlebih dahulu. Pembahasan tambahannya bisa kamu simak juga pada video berikut:



Ingat, ikan sapu-sapu itu mudah berkembang biak dan sekali dia menginvasi maka akan sulit untuk ikan jenis lain bisa berkembang biak dan jangan heran jika dimasa depan nanti isi kali, empang, sukai, danau, kambang di dekat rumahmu isinya ikan sapu-sapu ini semua. Jangankan harus menunggu beberapa belas tahun atau puluhan tahun kedepan, sekarang saja kalau orang mancing di danau, sungai, empang, kali lebih sering dapat ikan sapu-sapu ini dari pada ikan konsumsi.

Semoga bahasan kali ini soal ikan sapu-sapu invasif bisa menambah wawasan kamu. Jadilah penghobi ikan hias yang bertanggung jawab. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam Tips ikan hias yang admin terus update setiap hari. Salam admin iwakbuncit.com

WAJIB Lakukan Ini Jika Ikan Sapu Jagat Sudah Tidak Lagi Digunakan di Aquarium Ikan Mas Koki!