Sama-Sama Garam, Asin Juga Sama: Apa Bedanya Garam Ikan dengan Garam Dapur Emak?

Beberapa dari kamu mungkin pernah penasaran sebenarnya apa beda antara garam ikan dengan garam dapur yang biasa dipakai untuk memasak? Bukannya sama-sama garam dan sama-sama asin juga? Apa kelebihan dari garam ikan dibanding garam dapur? Bolehkah garamkan dapur dipakai untuk ikan mas koki? temukan jawabannya pada postingan ini.

Sama-Sama Garam, Asin Juga Sama: Apa Bedanya Garam Ikan dengan Garam Dapur Emak?
Sama-Sama Garam, Asin Juga Sama: Apa Bedanya Garam Ikan dengan Garam Dapur Emak?


Garam, siapa yang tidak kenal dengan garam. Salah satu bumbu masak di dapur yang wajib ada. Kalau garam habis, apalagi pas Emak sedang masak, siap-siap buat disuruh-suruh beli garam ke warung. Yah, penggunaan garam memang sudah tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Masakan rasanya bakal hambar jika tidak ada garamnya. Namun sayang petani garam kita di Indonesia masih jauh dari kata makmur. Padahal Indonesia terdiri dari banyak pulau dan pantai, yang mana ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk bertani garam.

Nah, berbicara soal garam ternyata tidak hanya digunakan ketika Emak atau istri mau masak saja, akan tetapi garam juga digunakan pada Aquarium ikan hias seperti ikan mas koki. Cuma yang jadi pertanyaannya adalah apa beda antara garam ikan dengan garam dapur? Bukannya sama-sama garam dan sama-sama asin, tapi kenapa garam ikan dijual di toko ikan hias sedangkan garam dapur belinya di warung? Apakah kedua garam ini adalah benda yang beda hanya namanya saja yang sama yaitu garam?

Baik garam ikan maupun garam dapur, keduanya adalah garam dan beneran garam yang kita kenal selama ini. Hanya saja untuk garam dapur diolah lagi ke beberapa proses sehingga menjadi garam yang sudah diperkaya mineralnya, serta sudah ditambahkan zat lain semisal Yodium atau Iodine. Fungsi dari zat Yodium adalah untuk mencegah penyakit gondok, atau pembengkakan pada kelenjar yang ada di leher. Buat kamu yang lahir di tahun 90-an ke bawah pasti sudah tidak asing lagi lihat orang gondokkan di leher menggantung seperti buah kelapa.

Selain itu garam dapur sudah dikurangi kadar airnya sehingga lebih kering dan lebih padat kadar garam. Apabila digunakan untuk masakan pun tidak butuh banyak garam, cukup sedikit saja sudah asin. Sedangkan untuk garam ikan adalah garam murni, benar-benar garam mentah yang tidak olah lagi. Jadi setelah garam dipanen oleh petani garam di kolam penampungan, maka itulah garam ikan. Jadi benar-benar garam asli tanpa zat tambahan. Umumnya dan memang itu yang sering admin jumpai adalah kadar air pada garam ikan jauh lebih tinggi bisa sampai 3 kali lipat dari garam dapur.

Jadi jangan heran jika kamu menjumpai garam ikan seperti ada airnya karena memang tidak melalui proses lagi, langsung garam yang didapat dari petani. Nah terkait soal apa yang terjadi jika garam dapur digunakan untuk Aquarium ikan hias seperti ikan mas koki bisa kamu simak pada video berikut:



Admin anjurkan untuk tetap menggunakan garam ikan pada Aquarium ikan hias supaya hasilnya maksimal, walau garam dapur juga sama-sama garam namun sudah melewati beberapa proses tambahan sehingga kemurnian garam sudah tidak sama lagi. Selama memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, ikan Manfish, ikan Louhan, admin semuanya menggunakan garam ikan dan sejauh ini hasilnya memuaskan. Jangan sampai Emak marah tahu kamu ngabisin garam di dapur buat para buncit hehehe..

Nah sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara garam ikan dengan garam dapur. Terkait takaran yang pas untuk penggunaan garam ikan pada Aquarium ikan mas koki, ikan hias lain serta juga kolam ikan bisa kamu tonton video berikut:



Sudah admin paparkan dengan jelas untuk takarannya supaya hasilnya maksimal juga. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lain. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Sama-Sama Garam, Asin Juga Sama: Apa Bedanya Garam Ikan dengan Garam Dapur Emak?