Rekomendasi Ukuran Aquarium untuk Pemula Pelihara Ikan Mas Koki: 30, 40, 50, 60, atau Harus Besar?

Bagusnya untuk pemula piara ikan mas koki itu di aquarium ukuran berapa? 40 cm, 60 cm atau 120 cm? aquarium 60 cm bagusnya diisi berapa ekor ikan mas koki? haruskah langsung ambil langsung yang 120 cm? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut!

Rekomendasi Ukuran Aquarium untuk Pemula Pelihara Ikan Mas Koki: 30, 40, 50, 60, atau Harus Besar?
Rekomendasi Ukuran Aquarium untuk Pemula Pelihara Ikan Mas Koki: 30, 40, 50, 60, atau Harus Besar?


Setiap kamu yang ingin memelihara ikan hias seperti ikan mas koki wajib, kudu memili tempat untuk ikan hias yang dipelihara, lazimnya menggunakan aquarium yang terbuat dari kaca ataupun bisa dari bahan akrilik. Karena dengan menggunakan aquarium kaca kamu bisa melihat keindahan dari ikan hias yang dipelihara seperti ikan mas koki. Mulai dari bentuknya, warnanya, hingga gerak-geriknya.

Di pasaran sendiri ada berbagai macam ukuran aquarium yang dapat dibeli, semisal 30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm, 80 cm, 100 cm atau 1 meter, 120 cm dan seterusnya. Semakin besar sebuah aquarium maka bakal semakin mahal juga harganya. Selain itu ketebalan kaca juga mempengaruhi harga sebuah aquarium, merek juga bahan yang digunakan. Umumnya aquarium yang terbuat dari akrilik lebih mahal dari kaca dan aquarium akrilik biasanya dijual oleh pabrikan besar, beda dengan aquarium kaca yang dibuat perorangan atau pengrajin.

Perkara aquarium ukuran berapa yang cocok untuk pelihara ikan mas koki sebenarnya tidak ada patokan pasti, karena memang bergantung lagi dari kemampuan kamu dalam membelinya. Namun setidaknya di toko ikan hias sendiri atau kebetulan kamu mampir ke pasar ikan hias, maka aquarium berukuran 60 cm adalah aquarium yang paling mudah ditemukan. Karena memang aquarium ukuran 60 cm paling banyak dijual dan paling mudah untuk di pindah-pindah. Di kota admin sendiri aquarium berukuran 60x30x30 ketebalan kaca 5 mm dijual dengan harga 140K sampai 170K. Tentunya lain tempat bakal lain harganya.

Aquarium berukuran 60 admin rasa sudah cukup digunakan jika ingin memelihara maksimal 2 ekor ikan mas koki berukuran sedang. Namun jika kamu ingin pelihara lebih dari 2 ekor maka harus upgrade ukuran tank menjadi 80 cm dan seterusnya semisal 4 ekor untuk aquarium 1 meter. Tapi ya itu tadi harganya bakal semakin mahal dan ketebalan kaca aquarium sudah tidak bisa 5 mm lagi tapi setidaknya 8 mm. Jadi jangan heran jika kamu menemui aquarium berukuran 1 meter sampai 120 cm bisa di atas 1000K harganya namun punya ketebalan kaca 10 mm.

Penjelasan lebih lengkap lagi bisa kamu simak juga pada video berikut:



Kelebihan aquarium di atas 60 cm atau aquarium besar adalah jangka perawatan air jadi lebih lama, apalagi jika kamu hanya memelihara beberapa ekor ikan mas koki saja. Semisal 4 ekor ikan mas koki dalam aquarium berukuran 1 meter. Akan sangat merepotkan jika kamu menggunakan aquarium di bawah 60 cm semisal 50, 40 bahkan 30 cm. Karena risiko untuk terjadinya bom amonia semakin tinggi. Buat yang belum tahu, bom amina adalah kondisi dimana kadar amonia dalam sebuah air aquarium terlampau tinggi melewati batas aman, contoh kasusnya bisa kamu lihat pada Ikan mas koki Ryukin berikut:



Bagi penghobi pemula ikan mas koki untuk membeli aquarium besar tentu sebuah tantangan tersendiri, terlebih pelihara ikan mas koki punya tantangan tersendiri. Aquarium besar pasti butuh dana besar juga, namun jikalau tidak mampu atau belum ada niatan untuk membeli aquarium besar. Saran admin pilih aquarium minimal 60 cm, setidaknya ini adalah ukuran aquarium batas bawah untuk ikan mas koki dan satu lagi, pelihara ikan mas koki cukup 2 ekor juga supaya mudah dalam perawatan airnya.

Oh ya, untuk sistem filtrasi kamu juga bisa baca-baca tutorial yang sudah admin buatkan di channel ini atau juga bisa berkunjung ke channel Youtube Iwak Buncit. Buat kamu yang menambahkan bahasan kali ini soal rekomendasi ukuran aquarium ikan mas koki bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips lkan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Rekomendasi Ukuran Aquarium untuk Pemula Pelihara Ikan Mas Koki: 30, 40, 50, 60, atau Harus Besar?