Rahasia Membuat Ikan Manfish Bisa Sebesar Telapak Tangan Orang Dewasa

Beberapa subscriber Iwak Buncit pernah bertanya resep kenapa bisa sampai Ikan Manfish atau ikan layang-layang admin bisa sebesar telapak tangan. Supaya tidak penasaran lagi, maka admin buatkan videonya. Kita kupas satu persatu kemungkinan yang dapat membuat ikan Manfish sejumbo ini.

Rahasia Membuat Ikan Manfish Bisa Sebesar Telapak Tangan Orang Dewasa
Rahasia Membuat Ikan Manfish Bisa Sebesar Telapak Tangan Orang Dewasa


Ikan Manfish atau ikan layang-layang yang admin Iwak buncit kenal selama ini sebagai ikan perewangan untuk ikan mas koki atau tankmate, karena fungsinya memang lebih kepada sebagai ikan pembersih kutu sekaligus memang sebagai penyeimbang. Mengingat perilaku dari ikan mas koki yang lincah grasah-grusuh kesana kemari, terkadang suka memakan apa saja yang ditemuinya berpadu dengan ikan Manfish yang tenang, anggun sungguh satu kesatuan yang harmoni.

Belum lagi fungsi lain dari ikan Manfish yang dapat berguna sebagai pemakan kutu jarum, kutu bulat yang suka menempel di badan ikan mas koki. Namun tak jarang justru ikan Manfish jadi jahil pada ikan mas koki semisal suka mematok ekor, dayung bahkan dorsal buncit, contoh kasusnya bisa kamu simak pada video berikut:



Admin sendiri saat ini memelihara sepasang ikan Manfish di Aquarium ikan mas koki berukuran 120 cm. Beberapa subscriber sempat menanyakan apa resep atau adakah Tips supaya ikan Manfish bisa sebesar yang admin punya? Karena memang kalau diperhatikan ikan Manfish admin ukurannya sekarang sudah besar, hampir selebar telapak tangan orang dewasa, ditambah dengan dorsal dan dasinya yang panjang menjuntai.

Jujur admin sendiri sebenarnya kurang tahu pasti apa saja faktor yang membuat ikan Manfish admin bisa sebesar, sejumbo sekarang. Akan tetapi dari beberapa pengamatan admin selama ini mungkin beberapa faktor inilah yang membuat ikan layang-layang tersebut bisa sejumbo sekarang, antara lain:

1. Faktor Genetik
Secara umum dan biasanya ikan punya bakat jumbo atau tidak itu berasal dari genetiknya semisal ikan mas koki jumbo memang bawaannya sudah jumbo dari indukan, makanya ketika dikasih makan apalagi makanan yang tepat bakal mempercepat proses pembesarannya. Ini juga berlaku pada ikan Manfish. Rezekinya admin mendapatkan ikan Manfish punya bakat jumbo sehingga ketika dipelihara bisa lebih mudah untuk besar.

Bagaimana cara mengetahui apakah ikan Manfish itu punya genetik jumbo atau tidak?
Admin sendiri kurang begitu tahu karena admin niat awalnya hanya untuk tankmate saja jadi asal pilih warna dan rapi saja namun untuk lebih jelas harus tahu indukannya.

2. Kepadatan
Di Aquarium berukuran 120 cm admin hanya memelihara 2 ekor ikan Manfish saja dan ini juga mereka sering berkelahi. Ikan Manfish itu tipikalnya teritorial atau ikan yang mempertahankan wilayahnya sehingga jika ada ikan lain semisal ada ikan Manfish lain bakal saling bertarung untuk memperebutkan wilayah. Jadi jangan heran jika kamu terkadang melihat ikan Manfish saling mematuk.

Bicara soal kepadatan, untuk memaksimalkan pertumbuhan admin sengaja memelihara ikan Manfish hanya dua ekor saja supaya pertumbuhannya maksimal. Cara ini sudah admin praktikkan sendiri pada ikan mas koki, yang mana hanya memelihara 4 ekor saja di Aquarium berukuran 120 cm. Jadi buat kamu yang mau memelihara ikan Manfish bisa tumbuh jumbo untuk memperhatikan kepadatan, dengan begitu ikan Manfish bisa bergerak bebas dan tumbuh maksimal.

3. Makanan Perihal makanan sebenarnya untuk ikan Manfish ini tidak rewel, apa yang dimakan oleh ikan mas koki, bakal ikut dimakan juga oleh ikan Manfish ini. Semisal admin memberikan makanan berupa pelet untuk ikan mas koki, Manfish juga ikut makan. Hal yang sama juga berlaku ketika admin coba kasih pakan segar cacing beku, ikan Manfish juga ikut makan.

Akan tetapi untuk makanannya sekarang admin menggunakan pakan berupa pelet untuk ikan KOI. Yup, kamu tidak salah baca, benar admin memberikan pakan untuk KOI, karena pakannya sendiri mengandung protein yang banyak sehingga untuk ikan mas koki sendiri bisa lebih cepat besar, apalagi untuk Manfish yang notabene lambungnya tidak sebesar koki, sehingga 2 butir pelet KOI saja sudah bikin kenyang ikan Manfish. Untuk pelet KOI rekomendasi kamu pilih ini:



Selain 3 faktor di atas, masih ada beberapa faktor lain untuk mempercepat pertumbuhan ikan Manfish yang bisa kamu simak pada video berikut:



Soal jenis admin kurang begitu tahu pasti ikan Manfish jenis apa yang sedang admin pelihara saat ini, karena tujuan awalnya admin pelihara ikan layang-layang hanya untuk tankmate (ikan perewangan) saja bagi ikan mas koki sekaligus pembasmi parasit seperti kutu jarum dan kutu bulat. Maka admin beli ikan Manfish yang warnanya tidak monoton seperti hitam-putih atau abu-abu saja. Oleh karena itu admin cari ikan Manfish warna orange silver. Jadi buat kamu yang tahu jenis ikan Manfish apa yang sedang admin pelihara bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subcribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Rahasia Membuat Ikan Manfish Bisa Sebesar Telapak Tangan Orang Dewasa