Pakai Food Timer atau Kasih Langsung Makan ke Ikan Mas Koki? Kamu yang Mana?

Salah satu ritual yang disukai oleh penghobi ikan hias seperti ikan mas koki adalah saat-saat memberi makan ke para Iwak buncit. Rasanya ada kesenangan tersendiri. Namun karena kegiatan diluar semisal bekerja, mau tidak mau prosesi ini bakal ada yang terlewat atau bahkan tidak sempat. Maka dari itu digunakanlah alat bernama Food Timer. Kira-kira lebih baik kasih makan langsung ke para ikan mas koki atau pakai Food timer?

Pakai Food Timer atau Kasih Langsung Makan ke Ikan Mas Koki? Kamu yang Mana?
Pakai Food Timer atau Kasih Langsung Makan ke Ikan Mas Koki? Kamu yang Mana?


Sekarang, perkara kasih makan ikan mas koki saja sudah tidak semudah dulu 😅. Kalau dulu kasih makan ikan hias seperti ikan mas koki ya tinggal langsung kasih saja ke mereka dengan cara ambil beberapa butir pelet ikan lalu kasihkan ke ikan sedangkan kalau sekarang karena sudah alat bantu seperti Food timer, maka pemberian pakan bisa dilakukan dengan alat dengan beberapa penyetelan sederhana. Maka makanan ikan mas koki akan langsung keluar sesuai dengan jam yang sudah diatur.

Buat kamu yang belum pernah mencoba Food timer atau mungkin masih bertanya-tanya Food timer itu seperti apa bisa tonton reviewnya berikut:



Food Timer Mekanik:



Food Timer Digital:



Di pasaran sendiri terdapat dua jenis Food timer yaitu Food timer Mekanis dengan Food timer digital. Keduanya sama-sama Food timer, alat pemberi makan ikan hias otomatis. Yang membedakan hanya programnya saja dan beberapa fitur yang justru sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Food timer sendiri lebih sering digunakan buat penghobi ikan hias seperti ikan mas koki yang lebih sering aktivitas di luar rumah atau jarang berada di depan Aquarium. Sehingga aktivitas memberi makan rutin setiap hari tidak bisa sering dilakukan, sehingga diperlukan alat untuk bisa memberi makan ikan supaya tetap teratur. Akan tetapi penggunaan Food timer sendiri menjadikan ikan tidak terlalu dekat dengan pemilik dimana ikan mas koki yang sering diberi makan menggunakan Food timer akan lebih respons kepada Food timer ketika bergerak.

Para ikan mas koki akan lebih cepat merespons ketika drum Food timer berputar, namun tidak begitu merespons ketika pemilik mendekati Aquarium. Setidaknya itulah yang admin rasakan selama menggunakan Food timer. Namun beda cerita ketika kamu lebih sering memberikan makan ke ikan mas koki secara langsung. Maka mereka para ikan mas koki seperti mengerti, tahu kalau kamu mendekat akan ada makanan yang diberikan.

Hal ini memberikan rasa kesenangan tersendiri ketika ada ikan yang dekat dengan pemiliknya. Walaupun sebenarnya itu adalah perilaku dari ikan yang tahu sebatas kebiasaan saja. Seperti yang dapat admin gambarkan pada video berikut:



Mau kasih makan langsung ke ikan mas koki atau menggunakan Food timer adalah pilihan. Alat bernama Food timer muncul tentu bukan tanpa alasan. Tidak lain tidak bukan karena kebutuhan penghobi yang ingin tetap bisa memberikan makan ke ikan secara teratur namun harus tetap bekerja, beraktivitas di luar rumah. Namun sebisa mungkin lebih seringlah untuk memberi makan secara langsung ke ikan mas koki supaya ada rasa kedekatan dengan mereka, sekaligus healing juga untuk diri sendiri. Sekian untuk bahasan kali ini, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar