Mau Beli Lampu LED Gantung 1 Meter untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal!

Buat kamu yang dalam waktu dekat ingin membeli lampu gantung aquarium ikan mas koki lebih dari 60 cm hingga 1 meter lebih wajib tonton ini dulu! Karena admin akan coba berbagi pengalaman selama menggunakan lampu gantung aquarium 1 meter.

Mau Beli Lampu LED Gantung 1 Meter untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal!
Mau Beli Lampu LED Gantung 1 Meter untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal!


Bicara soal aquarium ikan hias seperti ikan mas koki, pasti tidak jauh-jauh dari salah satu peralatannya yaitu lampu. Karena mau sebagus apapun Aquariumnya mau secantik apapun ikan mas koki yang ada di dalamnya, jikalau tidak ada lampu ya bakal tidak kelihatan ikannya. Terlebih jika kondisi gelap semisal malam hari, maka penggunaan lampu wajib hukumnya.

Perkara lampu aquarium untuk ikan mas koki sekarang sudah banyak sekali pilihannya, tidak seperti admin Iwak buncit diawal-awal pelihara ikan mas koki dulu. Namun secara umum setidaknya ada 2 jenis lampu aquarium yang bisa kamu beli yaitu lampu LED Gantung dengan Lampu LED Celup. Kedua lampu LED tadi sama-sama lampu aquarium namun beda dalam posisi peletakannya, yang mana sesuai dengan namanya lampu LED gantung ditaruh di atas aquarium.

Biasanya ada sepasang kaki di lampu tersebut serta housing lampu yang terbuat dari metal, sedangkan untuk lampu LED celup umumnya berbentuk tabung yang terbuat dari kaca, yang mana cara penggunaannya langsung dicelupkan ke dalam aquarium. Akan tetapi untuk postingan kali ini admin akan bahas soal masalah yang ada di lampu LED Gantung aquarium. Yup, masalah yang admin temukan selama masa penggunaan, khususnya untuk lampu LED gantung yang punya panjang di atas 60 cm semisal 1 meter.

Admin sendiri sudah menjajal beberapa lampu LED gantung aquarium, mulai dari yang 60 cm hingga 100 cm atau 1 meter seperti beberapa video review Lampu LED Aquarium berikut:

Lampu LED Gantung 60 cm YAMANO:



Lampu LED Gantung 60 cm RGB Hikari:



Lampu LED Gantung 1 Meter Putih-Biru Recent:



Khusus untuk lampu LED Gantung, keluhan pertama yang admin rasakah akan housing pada rumah lampu yang setelah lama digunakan melengkung. Admin sadari setelah penggunaan cukup lama, khususnya ketika digunakan menyala lebih dari 12 jam. Lama kelamaan terlihat sekali jika housing atau rumahan lampu jadi melendot atau melengkung ke bawah. Ini juga membuat rumah lampu yang melengkung lebih rawan terkena percikan air aquarium baik dari gerakan ikan mas koki sendiri maupun dari pecahan gelembung aerator.

Oh ya untuk lampu LED Gantung yang admin gunakan sendiri ini dia:



Dari segi fungsi sebenarnya tidak ada masalah, lampu bekerja maksimal, hanya saja memang dikhawatirkan papan PCB lampu patah mengingat PCB juga ikut melengkung mengikuti bentuk housing. Untuk tampilan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Tidak semua housing lampu LED Gantung yang punya panjang di atas 60 cm bakal melengkung seperti admin. Faktor terbesarnya adalah karena ketebalan pelat housing lampu yang tipis sehingga ketika panas memuai yang mengakibatkan beban dari lampu bertumpu pada satu titik. Soalnya di lampu LED Gantung model custom HPL walau dihidupkan selama 12 lebih sama sekali tidak ada tanda-tanda melengkung seperti lampu berikut:



Lampu Custom HPL tersebut admin tempat ke tukang lampu yang mana sebenarnya lebih sering digunakan untuk aquascape, namun karena rasa penasaran makanya admin coba pasangkan di aquarium ikan mas koki. Saran dari admin jika ingin menggunakan lampu gantung, sebaiknya pilih lampu yang rumahan atau housing lampunya tebal sehingga ketika digunakan tidak melendot/melengkung. Kemudian jangan menaruh sesuatu benda berat di atas housing lampu serta jauhkan dari gemercik air semisal dari keluaran box talang atau juga dari gelembung aerator karena dapat memicu korsleting.

Baik lampu LED Gantung maupun Lampu LED Celup, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta keduanya juga memiliki risiko. Buat kamu yang punya waktu luang bisa tonton pembahasan admin tenang kelebihan dan kekurangan lampu LED Celup dan Lampu LED Gantung pada video berikut:

Part 1:



Part 2:



Sekian untuk bahasan admin kali ini tentang lampu LED Gantung aquarium yang mudah melengkung. Pembahasan kali ini berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menggunakannya di aquarium ikan mas koki. Buat kamu yang punya pengalaman serupa atau punya pengalaman lain terkait lampu LED gantung aquarium bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Mau Beli Lampu LED Gantung 1 Meter untuk Aquarium Ikan Mas Koki? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal!