Kriteria Seperti Apa yang Cocok untuk Tankmate Ikan Mas Koki? Akur dan Menguntungkan

Apa saja syarat untuk bisa menjadi tankmate ikan mas koki? Apakah ada kriteria tertentu supaya ikan mas koki dan ikan prewangan tadi bisa akur serta saling menguntungkan. Jangan sampai niat hati ingin mempercantik Aquarium dengan ikan baru justru bikin sengsara dan celaka ikan mas koki yang sudah ada.

Kriteria Seperti Apa yang Cocok untuk Tankmate Ikan Mas Koki? Akur dan Menguntungkan
Kriteria Seperti Apa yang Cocok untuk Tankmate Ikan Mas Koki? Akur dan Menguntungkan


Pada postingan sebelumnya admin sempat membahas kenapa ikan Manfish atau juga dikenal sebagai ikan layang-layang sering dijumpai sebagai ikan tankmate dari ikan mas koki. Buat kamu yang belum sempat membacanya, admin sudah siapkan video yang lebih mudah untuk dipahami:



Berangkat dari bahasan tersebut, admin jadi kepikiran kira-kira apa saja syarat untuk menjadi ikan tankmate ikan mas koki? Mengingat ikan mas koki itu punya perilaku grasah-grusuh, belum lagi rentan dengan air dan mati. Sehingga diperlukan ikan tankmate dengan kriteria yang tepat supaya ikan tankmate tadi tidak mencelakai ikan mas koki. Adapun beberapa karakteristik yang dapat admin simpulkan sebagai berikut:

1. Bermanfaat
Sebelum memilih ikan tankmate untuk ikan mas koki, ada baiknya untuk memperhatikan soal manfaat. Kira-kira ikan tankmate yang akan dipelihara tersebut apakah memiliki manfaat, semisal contoh ikan Manfish yang diyakini sebagai predator dari kutu jarum dan kutu bulat atau ikan sapu-sapu yang suka memakan lumut yang menempel di kaca Aquarium.

Sehingga ikan tankmate tadi bukan hanya sekedar ikan hiasan saja, tapi ada manfaat yang bisa diambil. Hindari ikan tankmate yang justru merugikan ikan mas koki atau bahkan membuat celaka Iwak buncit. Untuk ikan tankmate mana lagi yang cocok untuk ikan mas koki bisa kamu tanyakan ke penjual, karena mereka setiap hari melihat perilaku ikan.

2. Tenang
Ikan mas koki terkenal sebagai ikan yang aktif suka berenang ke sana-kemari, jadi alangkah baiknya pilihlah ikan tankmate yang punya karakter berlawanan dari ikan mas koki semisal tenang, anggun. Sebagai contoh ada ikan Manfish dan ikan discus. Selain itu juga ada ikan tankmate lain yang serupa.

Perlu diingat ada juga ikan yang nampak pendiam malu-malu namun justru sangat berbahaya ketika malam hari atau ketika lampu Aquarium dimatikan seperti ikan black ghost, admin sarankan untuk tidak memelihara ikan ini karena pernah kejadian banyak mata ikan mas koki admin yang hilang setelah mencampurkannya ke dalam Aquarium. Penjelasannya bisa kamu simak pada video berikut:



3. Tidak Rewel
Merawat ikan mas koki saja sudah termasuk berat sehingga jangan diperberat lagi untuk merawat ikan tankmate. Sebisa mungkin pilihlah ikan tankmate yang mudah dipelihara. Ada banyak pilihan semisal ikan cupang yang pernah admin post videonya berikut:



Kemudian ada pilihan ikan lain yang sejenis. Intinya adalah ikan yang mudah dalam perawatan.

4. Pakan yang Sama

Jadi bencana jika pakan dari ikan tankmate adalah pakan yang tidak sama dengan ikan mas koki. Kalau sesekali mungkin tidak apa-apa jajan pakan lain, namun kalau terus-terusan bisa bikin kantong jebol juga. Oleh karena itu pilihlah ikan tankmate yang makanannya sama dengan ikan mas koki.

Beberapa karakteristik lain untuk ikan tankmate ikan mas koki bisa kamu simak pada video berikut:



Walau ikan tankmate lebih sering dipakai sebagai pelengkap dalam Aquarium ikan mas koki, namun perlu diperhatikan juga karakteristiknya supaya tidak membahayakan ikan mas koki itu sendiri. Buat kamu yang menambahkan untuk bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar