Ketimbang Badan Ikan Mas Koki Sudah Merah-Merah: Ini Cara Mencegah Kutu Jarum, Kutu Bulat Masuk ke Aquarium

Baik kutu jarum maupun kutu bulat adalah 2 kutu yang paling tidak disukai oleh penghobi ikan hias seperti ikan mas koki. Karena dua jenis kutu ini dapat membuat badan ikan mas koki merah-merah, sakit hingga mati. Kira-kira bagaimana cara mencegah supaya kutu jarum maupun kutu bulat tidak masuk ke dalam Aquarium ikan mas koki? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan?

Ketimbang Badan Ikan Mas Koki Sudah Merah-Merah: Ini Cara Mencegah Kutu Jarum, Kutu Bulat Masuk ke Aquarium
Ketimbang Badan Ikan Mas Koki Sudah Merah-Merah: Ini Cara Mencegah Kutu Jarum, Kutu Bulat Masuk ke Aquarium


Penghobi ikan hias seperti ikan mas koki dan ikan hias lainnya bakal mengernyitkan dahi ketika mendengar nama kutu jarum dan kutu bulat. Karena kedua parasit ini sering bikin ulah ke para ikan, dimana ikan mas koki yang terserang kutu bulat atau kutu jarum dapat dipastikan badannya merah-merah gegara digigit kutu. Belum lagi jika ikan mas koki yang digigit kutu jumlahnya banyak lebih dari 1 ekor dan biasanya para kutu menempel di badan, dekat insang, dorsal serta ekor. Cara paling untuk menghilangkan kutu ini adalah dengan mengambilnya langsung menggunakan alat bantu sedangkan untuk tata caranya bisa kamu simak pada video berikut:



Namun alangkah baiknya jika para kutu tadi bisa dicegah terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam Aquarium atau istilahnya lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena apabila sudah terjangkit kutu jarum maupun kutu bulat bakal repot untuk membersihkannya, membasminya. Oleh karena itu pencegahan sangat-sangat penting untuk dilakukan. Walaupun ada obat kutu namun resiko untuk keracunan atau over dosis tetap tinggi, apalagi beberapa dari kita belum begitu tahu takaran yang pas untuk obat kutu, namun jangan khawatir, sudah admin buatkan tata cara untuk pembagian dosis obat kutu berikut:



Adapun beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna mencegah parasit seperti kutu bulat dan kutu jarum dapat masuk ke dalam Aquarium ikan mas koki:

1. Aklimasi
Kalau admin amati dan admin sendiri alami ketika awal-awal pelihara ikan mas koki adalah langsung memasukkan ikan hias yang baru saja dibeli ke dalam Aquarium tanpa terlebih dahulu melakukan aklimasi. Sehingga parasit atau penyakit yang dibawa oleh ikan dari tempat penjual ikut masuk ke dalam Aquarium. Padahal ini penting supaya Aquarium kita terbebas dari parasit dan penyakit.

Oh ya aklimasi itu sederhananya menyesuaikan suhu air yang ada di dalam kantong ikan dengan air yang ada di Aquarium. Karena kalau terlampau jauh timpangnya ikan mas koki bisa saja stress dan sakit. Buat kamu yang pingin tahu lebih soal aklimasi dan tata caranya bisa tonton video berikut:



Nah, selama proses aklimasi ini kamu bisa mengamati secara jelas dan detail kira-kira apakah ada kutu bulat atau kutu jarum yang menempel di badan ikan mas koki. Liat secara seksama dan ulangi sampai benar-benar yakin. Selain itu juga apa ada keanehan di badan ikan mas koki tersebut semisal badannya merah-merah yang mana biasanya karena habis digigit kutu atau juga bisa karena amonia Burn yang sempat admin bahas juga pada video berikut:



Selain itu cek para ekor dan insang ikan mas koki, bagian ini biasanya paling sering menunjukkan gejala penyakit Fin Rot seperti reges habis pada ekor dan reges juga pada insang. Penyakit Fin Rot tergolong penyakit berbahaya sehingga harus segera diobati dengan cepat. Adapun pembahasan untuk penyakit Fin Rot bisa kamu simak pada video berikut:



2. Sumber Air
Air dan ikan adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan karena ikan hias seperti ikan mas koki dan ikan-ikan lainnya bakal terus hidup hingga akhir hayatnya di dalam air. Maka dari itu perlu air dengan kualitas baik untuk mereka. Terkait masalah penyakit dan parasit, ada baiknya kamu memperhatikan sumber air yang akan digunakan. Karena dengan memperhatikan sumber air akan lebih mudah mengontrol benda asing yang akan masuk.

Masih melanjutkan sumber air, sebaiknya juga air yang akan dimasukkan ke dalam Aquarium disaring atau difiltrasi terlebih dahulu sehingga kotoran dan parasit serta penyakit tidak ikut masuk. Di pasaran ada banyak media filtrasi berserta sistemnya, salah satunya yang admin Iwak Buncit gunakan saat ini yaitu filter tabung tiga langkah. Buat kamu yang mau menirunya bisa cek video berikut:



Sedangkan untuk mempermudah penggantian air Aquarium ikan mas koki admin gunakan Aquarium alat berikut:



Serta untuk pengisiannya menggunakan alat hasil modifikasi berikut:



3. Pengamatan
Walaupun ketika proses aklimasi sudah dilakukan pengamatan, akan tetapi ada baiknya untuk terus melakukan pemantauan beberapa hari kedepan pada ikan mas koki yang baru saja dibeli, baru saja dimasukkan ke dalam Aquarium. Karena parasit seperti kutu tadi masih ada kemungkinan untuk bersembunyi dalam bentuk telur yang nyelip di antara sisik ikan.

Kemudian untuk beberapa point lain terkait cara mencegah kutu dan penyakit masuk dari ikan mas koki yang baru dibeli dapat kamu simak pada video berikut, sudah admin lengkapi juga dengan beberapa contoh praktiknya:



Dari pada mengobati sudah kena lebih baik mencegah, itulah yang admin terapkan sekarang pada para ikan mas koki yang admin pelihara saat ini, karena dari pengalaman yang sudah-sudah, sangat merepotkan mengurusi ikan yang sakit karena kasus keteledoran seperti ini dan kalaupun memang masih sakit juga kedepannya, rasanya lebih lega karena pencegahan di awal sudah dilakukan maksimal. Sekian bahasan admin kali ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Ketimbang Badan Ikan Mas Koki Sudah Merah-Merah: Ini Cara Mencegah Kutu Jarum, Kutu Bulat Masuk ke Aquarium