Bolehkan Ikan Mas Koki Dimakan Seperti Ikan Konsumsi Lain? Rasanya Gimana?

Sejatinya setiap ikan asalkan masih layak untuk dimakan, ikan mana pun bisa dimakan. Yang terpenting dalam kondisi baik dan juga tidak melanggar hukum. Termasuk ikan mas koki yang kita pelihara selama ini jika suatu hari nanti mati, juga bisa dimakan. Hanya saja karena ikan mas koki lazimnya dipelihara sebagai ikan hias, maka banyak dari kita yang bertanya-tanya, apakah benar ikan mas koki bisa dimakan dan apakah boleh memakan ikan mas koki?

Bolehkan Ikan Mas Koki Dimakan Seperti Ikan Konsumsi Lain? Rasanya Gimana?
Bolehkan Ikan Mas Koki Dimakan Seperti Ikan Konsumsi Lain? Rasanya Gimana?


Siapa sih hari gini yang mau dan tega memakan ikan mas koki? Yang terkenal sebagai ikan lucu, lincah, matanya belo dan menggemaskan serta kalau didekati mulutnya megap-megap. Ikan yang terkenal suka sekali makan, tiada hari tanpa makan, walau sudah kenyang tetap saja pelet yang kamu berikan ke dalam Aquarium bakal terus dimakan sampai mereka semua berenang terbalik 😂.

Yah, namun mau bagaimana pun ikan mas koki tetaplah ikan. Yang namanya ikan tetap bisa dimakan, dikonsumsi oleh manusia. Sekalipun ikan tersebut dalam kondisi sudah mati atau bangkai, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «أُحِلَّتْ لكم مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ، فأما الميتتان: فَالْجَرَادُ والْحُوتُ، وأما الدَّمَانِ: فالكبد والطحال».

Dari Abdullah bin Umar -raḍiyallāhu 'anhumā-, ia berkata, Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bersabda,
"Dihalalkan untuk kalian dua macam bangkai dan dua macam darah. Adapun dua macam bangkai yaitu ikan dan belalang. Sedangkan dua macam darah adalah hati dan limpa."

Jadi secara agama sah dimakan, tidak ada larangan juga untuk tidak memakan ikan mas koki. Hanya saja memang ikan hias itu cukup jarang dimakan karena antara ikan hias seperti ikan mas koki yang dipelihara dengan pemelihara/penghobinya itu punya ikatan emosional, sehingga apabila ikan mas koki mati, maka penghobi lebih banyak untuk tidak memakannya, melainkan dikubur sebagai rasa kasih sayang dan penghormatan.

Akan tetapi buat kamu yang mau dan suka memakan ikan mas koki, ya boleh dimakan. Karena admin sendiri menemui beberapa postingan di grup ikan mas koki ada dari beberapa member yang membagikan foto ikan mas koki dalam kondisi sudah dimasak. Beberapa ada yang berkomentar sayang, kasihan namun beberapa juga ada yang sudah pernah coba sendiri.



Pesan admin ada baiknya konsumsi ikan yang masih dalam kondisi bagus, supaya meminimalisir penyakit yang masuk ke badan. Karena beberapa ikan mas koki yang mati sering diakibatkan oleh penyakit. Entah itu karena Aeromonas, sisik nanas atau Dropsy, Fin Rot, busuk insang, dan sebagainya. Itu saja pesan dari admin. Tetap jaga kesehatan!

Sekian untuk bahasan kali ini, semoga menjawab rasa penasaran kamu tentang apakah ikan mas koki boleh dimakan atau tidak. Admin secara pribadi belum pernah mengonsumsinya satu kalipun kecuali ikan mas yang memang dijual di pasar untuk konsumsi. Sedangkan untuk ikan mas koki hias belum pernah dan tidak ada keinginan untuk mencobanya, semoga. Okey silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Bolehkan Ikan Mas Koki Dimakan Seperti Ikan Konsumsi Lain? Rasanya Gimana?