Berbagi Pengalaman Merawat Ikan Mas Koki Mutiara dari Kecil Sampai Besar

Buat kamu yang sukan dengan ikan mas koki Mutiara dan mungkin ingin memeliharanya namun khawatir tidak bisa tumbuh besar lantaran ikan mas koki mutiara ini rawan bully dan cepat mati, maka dari itu di video kali ini admin akan coba bagikan pengalaman admin Iwak buncit selama memelihara ikan mas koki mutiara dari kecil hingga besar.

Berbagi Pengalaman Merawat Ikan Mas Koki Mutiara dari Kecil Sampai Besar
Berbagi Pengalaman Merawat Ikan Mas Koki Mutiara dari Kecil Sampai Besar


Sebagian dari kamu bakal setuju kalau admin sebut ikan mas koki mutiara sebagai ikan mas koki terlucu karena bentuk badannya yang bulat seperti bola kasti, juga memiliki sisik bentuk menonjol seperti Kue Wijen atau Onde-onde. Karena memang hal itu yang membuat admin sangat tertarik untuk memeliharanya, terlebih ikan mas koki mutiara sebagai salah satu ikan mas koki pertama yang admin pelihara. Bahkan pada saat itu saking sedangnya dengan ikan mas koki mutiara ini, admin sampai hunting ke beberapa penjual untuk membelinya.

Sengaja pada saat itu cari ikan mas koki mutiara kecil dengan tujuan untuk pembesaran sendiri. Sayangnya karena saat itu admin masih diawal-awal pelihara jadi masih kurang banyak pengetahuan dan pengalaman tentang merawat ikan mas koki terkhusus untuk jenis mutiara ini sehingga banyak dari mereka yang mati. Namun karena itu juga admin jadi punya pengalaman khusus untuk grooming ikan mas koki mutiara. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka admin akan coba bagikan. Siapa tahu diantara kamu ada yang ingin memeliharanya atau beberapa kali pelihara ikan mas koki mutiara tapi selalu saja mati.

1. Siapkan Tempat Khusus
Ikan mas koki mutiara itu agak beda dari ikan mas koki lain dalam artian dia punya bentuk bada yang membulat sehingga kurang efisien dalam berenang. belum lagi bentuk sisiknya yang menonjol keluar, membuat ikan mas koki lain tertarik dan mengira jika sisik ikan mas koki itu adalah makanan. Oleh karena itu sering kali kita mendapati jika badan ikan mas koki luka atau sekedar sisiknya copot lantaran dipatok oleh ikan mas koki lain.

Contohnya pada video berikut dimana badan ikan mas koki mutiara admin sampai bolong akibat dipatok oleh ikan mas koki lain:



Nah kalau sudah terlanjur dipatok, terlanjur luka sampai bolong seperti itu. Ada baiknya dikarantina seperti yang sudah admin bagikan pada video di atas. Disebabkan rawan dibully, maka admin sarankan untuk menempatkan ikan mas koki mutiara ini di Aquarium khusus, Aquarium yang semua isinya ikan mas koki mutiara. Ini lebih baik dan lebih aman ketimbang mencampur ikan mas koki mutiara dengan ikan mas koki jenis lain semisal Oranda, Ranchu, Demekin, Ryukin dan sebagainya.

2. Pelihara Beberapa Ekor Saja
Hampir sama dengan ikan mas koki jenis lain yang sebaiknya dipelihara dalam jumlah tertentu dalam satu Aquarium, maka peliharalah juga ikan mas koki mutiara ini dalam jumlah sedikit. Tujuannya supaya pertumbuhan ikan mas koki mutiara bisa maksimal. Walau memang untuk ikan mutiara ini tidak sebenar ikan mas koki lain, maksimal hanya sebatas kepalan tangan saja. Namun jika jumlahnya terlampau banyak bakal mengganggu pertumbuhan juga.

Adapun panduan atau idealnya jumlah ikan mas koki itu berapa ekor dalam satu Aquarium bisa kamu simak pada video berikut:



3. Jauhkan dari Ikan Manfish
Masih berkaitan dengan point pertama, ikan Manfish yang terkenal sebagai tankmate ikan mas koki juga tertarik dengan sisik ikan mas koki mutiara. Bahkan bisa dibilang dia lebih tertarik dari ikan mas koki itu sendiri. Jadi alangkah baiknya untuk tidak memelihara ikan Manfish di Aquarium ikan mas koki mutiara.

Jangankan mutiara, ikan mas koki jenis lain saja kalau ikan Manfish lapar atau telat dikasih makan bisa ikut reges ekor buncit:



3 Point di atas bisa kamu jadikan acuan dalam memelihara ikan mas koki mutiara, selebihnya bisa kamu simak pada video berikut untuk beberapa point tambahan:



Apa yang admin bagikan di atas baik itu tulisan maupun video berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki, terkhusus untuk ikan mas koki jenis mutiara. Buat kamu yang mau berbagi soal tata cara membesarkan ikan mas koki mutiara bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lain. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar