Belinya Gemoy Setelah Dipelihara Lama Jadi Mengecil: Ada Apa dengan Ikan Mas Koki?

Pernah memperhatikan, kenapa ikan mas koki yang awal beli nampak gemuk, wennya gondrong sampai menutup mata, terlihat mewah kok lama-kelaman setelah dipelihara jadi menciut, kempis? Mungkin beberapa point ini penyebabnya.

Belinya Gemoy Setelah Dipelihara Lama Jadi Kempes: Ada Apa dengan Ikan Mas Koki?
Belinya Gemoy Setelah Dipelihara Lama Jadi Kempes: Ada Apa dengan Ikan Mas Koki?


Bukan sekali, tapi ada beberapa ikan mas koki yang admin temui setelah dipelihara beberapa lama jadi tambah kempis, tambah mengecil dan tidak gemoy segemoi saat beli dulu. Contoh paling awal adalah ketika admin coba membeli ikan mas koki Ranchu sakura:



Ranchu sakura ini admin beli dalam kondisi gemuk, wen atau jambulnya itu mekar, lebat sampai hampir menutupi setengah mata ikan mas koki. Namun setelah berjalannya waktu admin coba pelihara, Ranchu sakura tersebut badannya jadi agak kempis mengecil, wen atau jambul yang awalnya lebat jadi ikut mengecil, mata Ranchu sakura juga nampak semuanya. Kalau di jejer, kelihatan sekali perbandingan antara kedua ikan tersebut seperti gambar yang ada di atas. Selain itu juga ada beberapa ikan lain yang admin jumpai serupa.

Kalau ditanya apa penyebabnya, kenapa ikan mas koki yang awalnya dibeli dalam keadaan bagus, gemuk, namun setelah dipelihara beberapa waktu jadi kempes, mengecil. Admin juga kurang begitu tahu pasti alasannya, penyebabnya. Namun kalau coba dirunut kebelakang, mungkin ada beberapa penyebab yang dapat admin simpulkan yaitu:

1. Adaptasi
Paling terasa dan yang terpikirkan di kepala admin adalah karena faktor adaptasi atau penyesuaian. Sebenarnya adaptasi disini bisa menyangkut semua hal, namun admin lebih spesifikkan ke kebiasaan ikan itu sendiri di tempat yang baru. Ikan gabung dengan ikan baru lain, dengan tempat baru yang tidak sama luas besarnya dari tempat lama. Kadar oksigen dan lain sebagainya.

2. Makanan
Pakan atau makanan juga sebenarnya masuk dalam faktor adaptasi namun untuk makanan ini adalah bisa karena takaran makanan yang diberikan oleh pemilik sebelumnya dengan kamu saat ini berbeda jumlahnya. Belum lagi soal intensitas pemberian pakan serta merek pakan juga tidak sama. Ini membuat asupan protein pada ikan mas koki jadi berbeda juga. Hal ini membuat ukuran ikan mas koki bisa berdampak mengecil.

Seperti halnya manusia yang biasa dikasih makan 3x sehari + camilan dan lain sebagainya secara teratur, belum lagi dikasih vitamin. Tiba-tiba dipindahkan ke tempat lain yang pola makannya tidak sama, maka lama-kelamaan akan kurus juga atau menyesuaikan juga.

3. Kualitas Air
Air dan ikan mas koki adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Maka selain harus merawat ikan mas koki kamu juga harus merawat air. Soal kualitas air ini pastilah tidak akan sama antar pemilik sebelumnya dengan kamu sekarang. Entah itu dari kandungan oksigennya, bakteri baiknya, PH nya, TDS airnya, dan lain sebagainya. Hal ini pula yang membuat ikan mas koki kamu yang awalnya dibeli dalam keadaan sehat, dalam keadaan gemuk, dalam keadaan cerah, atau pekat warnanya menjadi buram, mengecil dan tampak tidak menarik lagi.

4. Pencahayaan
Kalau kamu perhatikan, kebanyakan dari para breeder atau setidaknya yang menjual ikan mas koki, mereka menaruh ikan mas koki tersebut di luar ruangan. Bisanya ditaruh di dalam bak besar luas atau bak fiber yang langsung terkena sinar matahari. Nah perlu kamu ketahu bahwa ikan mas koki akan sangat bagus sekali jika terkena sinar matahari langsung. Terkhusus untuk ikan yang memiliki warna gelap seperti hitam, atau Calico.

Warna ikan akan nampak lebih pekat, lebih solid. Namun hal ini akan sulit terwujud jika ikan mas koki ditaruh di dalam Aquarium yang mana kebanyakan dari kita menaruh Aquarium di ruang tamu, bahkan di kamar tidur. Tentunya Aquarium tadi tidaklah terkena sinar matahari langsung dan lebih banyak terkena sinar lampu biasa.

Selain 4 faktor di atas, ada beberapa faktor lain yang sudah admin tuangkan ke dalam video berikut:



Walaupun sering kali dijumpai ikan mas koki mengecil, kempes, setelah dipelihara beberapa waktu, namun ada juga beberapa ekor ikan mas koki admin yang awal belinya itu kecil, ramping justru sekarang jadi gembul, wen jambulnya lebat dan warnanya hitamnya solid. Salah satunya adalah Oranda panda. Selain itu juga ada beberapa ekor ikan mas koki lain yang serupa seperti Ranchu Calico, Oranda short body, Yuanbao.

Buat kamu yang punya pengalaman serupa bisa tuliskan di kolom komentar. Ini based on pengalaman admin selama memelihara ikan mas koki dan beberapa admin dapati di kolom komentar channel Iwak buncit yang mendapati pengalaman serupa. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak buncit untuk beragam Tips ikan hias lain. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar