Bagusnya Beli Ikan Mas Koki Dimana: Di Pasar Ikan Hias, Di Toko Ikan Hias atau Penghobi Langsung?

Pasar ikan hias, toko ikan hias maupun penghobi ikan hias seperti ikan mas koki, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di postingan kali ini admin akan coba bagikan ke kamu jawaban admin kalau ditanya, "Min, beli ikan mas koki itu bagusnya dimana?". Semoga bermanfaat.

Bagusnya Beli Ikan Mas Koki Dimana: Di Pasar Ikan Hias, Di Toko Ikan Hias atau Penghobi Langsung?
Bagusnya Beli Ikan Mas Koki Dimana: Di Pasar Ikan Hias, Di Toko Ikan Hias atau Penghobi Langsung?


Secara pribadi Admin Iwak Buncit ketika membeli ikan mas koki lebih banyak karena jodoh. Ya karena lihat ikan mas koki bagus, tertarik dan harga cocok maka admin usahakan untuk dibeli, sembari juga melihat kemampuan aquarium apakah masih ada ruang kosong untuk ikan mas koki, mengingat jika sebuah aquarium ikan mas koki terlalu padat bakal bikin tidak maksimal perkembangan ikan mas koki kedepannya nanti. Soal berapa jumlah ideal ikan mas koki yang baiknya dipelihara dalam sebuah aquarium bisa kamu simak penjelasan lengkapnya pada video berikut:



Baik pasar ikan hias, toko ikan hias hingga penghobi ikan mas koki sudah admin datangi semuanya. Mulai ke tempat toko atau tempat jualannya sampai main ke rumah. Itu semua admin lakukan karena memang ingin bisa segera mendapatkan ikan mas koki incaran. Di awal-awal pelihara ikan mas koki sendiri justru admin lebih mengenal toko ikan hias yang kebetulan pada saat itu posisinya selalu admin lewati ketika ingin pergi ataupun pulang ke rumah.

Istri yang pertama kali melihat toko ikan hias tersebut. Karena istri suka akhirnya admin coba untuk membeli sepasang ikan mas koki beserta aquarium, peralatannya semisal aerator, pompa, box filter dan sebagainya. Karena kurang puas cuma punya dua ekor ikan mas koki, akhirnya admin putuskan untuk membeli ikan mas koki lagi dan mampirlah ke pasar burung. Walau dibilang pasar burung, sebenarnya pasar ini lebih banyak jual ikan hias. Setelah berjibaku cukup lama dalam dunia ikan mas koki akhirnya admin beralih ke penghobi. Sebagaimana kebanyakan para penghobi ikan mas koki, umumnya pembeli langsung datang ke rumah.

Nah dari ketiga tempat tadi, kalau disuruh milih mana yang lebih bagus, admin sarankan untuk ke penghobi ikan mas koki karena ikan yang dijual di penghobi itu sebagian besar adalah ikan mas koki grade tinggi atau minimal menengah. Bahkan terkadang mereka juga menjual ikan mas koki untuk kontes. Ikan mas koki yang dijual juga ikan mas koki yang rapi dari segi bentuk juga menarik dari segi warna. Wen dan keseimbangan badan dari ikan mas koki juga baik. berbelanja di penghobi ikan mas koki juga bisa serok langsung dari kolam mereka.

Hanya saja memang untuk harga kurang begitu bersahabat buat kamu yang baru ingin memulai memelihara ikan mas koki. Harganya bisa dua, tiga hingga empat kali lipat bahkan lebih dari toko ikan hias maupun pasar ikan hias. Karena mereka jualnya di rumah, maka buat kamu yang baru sekali ingin memelihara disarankan untuk punya terlebih dahulu semua peralatan yang dibutuhkan semisal aquarium, pompa, aerator dan box filter.

Namun apabila kelas penghobi dirasa belum tergapai, maka masih ada toko ikan hias dan pasar ikan hias. Kelebihan dari toko ikan hias adalah ikan mas koki yang jual sudah termasuk ikan pilihan dan sebagian besar cukup rawatan. Selain itu mereka jual peralatan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk pasar ikan hias sendiri enaknya ikan yang dijual masih bisa ditawar dan untuk pilihan lebih beragam. Sayangnya karena orientasi pasar ikan hias lebih kepada jual beli, maka tidak jarang admin mendapati ikan mas koki yang terjemur seharian, padahal ini bisa mempengaruhi kesehatan dan metal ikan.

Penjelasan lengkapnya dari bahasan ini bisa kamu simak juga pada video berikut:



Walau pada akhirnya membeli ikan mas koki jodoh-jodohan juga, mau di pasar ikan hias, di toko ikan hias maupun di penghobi. Yang penting sesuaikan dengan budget kemampuan saja. Kalau dirasa masih awal sekali dalam memelihara maka toko ikan hias dan pasar ikan bisa jadi pilihannya kecuali kalau kamu memang sebelumnya sudah pernah pelihara ikan hias lain dan tinggal lanjut saja untuk memelihara ikan mas koki, maka kelas penghobi bisa jadi pilihan. Mengingat harga ikan mas koki di penghobi lebih tinggi. Sekian bahasan kali ini semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bagusnya Beli Ikan Mas Koki Dimana: Di Pasar Ikan Hias, Di Toko Ikan Hias atau Penghobi Langsung?