Aquarium Ikan Mas Koki Sudah Terlanjur Terserang Kutu: Langkah Tepat Apa yang Harus Dilakukan?

Kalau sudah terlanjur, sudah kejadian Aquarium ikan mas kokimu terserang kutu, para ikan mas koki sudah banyak yang kutuan, badannya merah-merah lantaran digigit kutu bulat dan kutu jarum. Kira-kira langkah apa yang harus dilakukan supaya para kutu tadi bisa dibasmi, hilang sampai telur-telurnya? Semua yang kamu butuhkan ada di postingan ini. Semoga bermanfaat!

Aquarium Ikan Mas Koki Sudah Terlanjur Terserang Kutu: Langkah Tepat Apa yang Harus Dilakukan?
Aquarium Ikan Mas Koki Sudah Terlanjur Terserang Kutu: Langkah Tepat Apa yang Harus Dilakukan?


Pada postingan sebelumnya, admin pernah membahas soal cara mengantisipasi, mencegah kutu jarum maupun kutu bulat untuk masuk ke dalam Aquarium sehingga ikan mas koki kita bisa terhindar, terantisipasi dari gigitan kutu. Karena kalau sudah kena gigit kutu duluan, Aquarium ikan mas koki kita sudah terlanjut terserang parasit kutu bakal lebih sulit dan merepotkan untuk mengatasinya. Istilahnya lebih baik mencegah dari pada mengobati. Namun apa jadinya kalau sudah terlanjut terserang kutu para buncit?

Okey, tentunya jangan panik! Karena kalau panik biasanya ide-ide bagus bakal tertutup. Yang perlu kamu lakukan bisa pilih dari beberapa yang akan admin jelaskan berikut:

1. Cabut Kutu
Paling mudah dan paling awal yang bisa langsung kamu lakukan adalah mencabut kutu yang menempel di badan ikan mas koki. Baik itu di badan sisi kanan kiri. Perhatikan juga pada bagian ekor, dorsal, dayung serta tak jarang kutu ini juga menempel di dekat tutup insang ikan mas koki. Baik kutu bulat maupun kutu jarum, cara mencabutnya masih sama. Akan tetapi harus berhati-hati dan gunakanlah alat supaya lebih mudah dan lebih cepat juga melepas kutu dari badan ikan mas koki. Buat kamu yang belum tahu cara mencabut kutu bisa ikuti panduannya pada video berikut:

Cara mencabut kutu jarum atau kutu jangkar pada ikan mas koki:



Cara mencabut kutu bulat atau kutu kura-kura pada ikan mas koki:



2. Kuras Air
Lakukan pengurasan air setidaknya 50%, diharapkan dengan melakukan pengurasan ini, para kutu yang masih tersisa di Aquarium ikan mas koki bisa ikut terbuang. Pada saat menguras air, matikan pompa supaya para kutu tidak tersedot oleh pompa Aquarium. Ketika melakukan penyedotan atau pergantian air, coba kamu perhatian juga bisa ada kutu yang beterbangan atau menempel di kaca Aquarium atau dasar Aquarium untuk ikut disedot, dibersihkan.

Kalau admin sendiri biasanya menggunakan pompa sifon yang sudah dimodifikasi berikut:



Sedangkan untuk pengisian airnya nanti menggunakan alat bantu ini supaya lebih mudah dan cepat:



4. Ganti Media Filter Mekanik
Sembari ganti air tadi, kamu bisa ganti atau buang filter mekanik, filter busa putih yang sedang digunakan. Ini penting, khawatirnya kutu dan telur-telur kutu bersarang di filter mekanik tersebut. Sehingga ketika kamu sudah ganti air nanti tapi filter mekanik tidak diganti, bakal masuk lagi kutu ke dalam Aquarium dan menggigit para ikan mas koki.

5. Kuras Chamber Filter
Masih berkaitan dengan filter, kalau admin pribadi juga bersihkan atau kosongkan media biologi yang ada di chamber filter. Walau ini opsional tapi admin tetap lakukan. Supaya misal ada kutu dan telur kutu bisa hilang. Efek sampingnya media biologi akan restart lagi tapi itu lebih baik ketimbang ikan mas koki admin kembali digigit kutu.

Alternatif lain kamu bisa gunakan air Aquarium untuk mencucinya supaya meminimalisir bakteri baik yang terbuang.

6. Obat Kutu
Ini pilihan terakhir dan misal para kutu masih ada, bisa kamu gunakan obat kutu untuk benar-benar membasminya. Obat kutu termasuk obat keras jadi dalam penggunaannya harus sangat berhati-hati terkait takaran dosis. Belum lagi dari yang admin baca pernah ada kejadian penghobi ikan KOI yang semua ikan KOInya mati gegara menggunakan obat kutu palsu.

Buat kamu yang pingin tahu takaran jelas obat kutu dalam sebuah Aquarium ikan mas koki bisa tonton video berikut:



Beberapa point lain terkait cara membasi kutu jarum dan kutu bulat yang sudah terlanjur menyerang Aquarium ikan mas kokimu bisa tonton video berikut:



Semua yang admin tuliskan dan bagian video di atas berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas. Sudah beberapa kali Aquarium admin terserang kutu dan Alhamdulillah sudah tidak lagi sekarang dan semoga tidak pernah lagi. Aquarium ikan mas koki admin terserang kutu ketika diawal-awal pelihara dan itu karena masih minimnya pengetahuan soal merawat ikan mas koki. Semoga ini tidak kejadian di kamu karena sekarang sudah banyak sekali penghobi ikan mas koki dan sudah banyak sekali ilmu yang mereka bagikan baik di blog, di Youtube maupun di komunitas offline. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Aquarium Ikan Mas Koki Sudah Terlanjur Terserang Kutu: Langkah Tepat Apa yang Harus Dilakukan?