Aquarium Ikan Louhan Dikasih Bakteri Starter: Adakah Efek Sampingnya?

Yang namanya bakteri starter sudah barang lumrah di kasih ke dalam Aquarium ikan mas koki seperti yang pernah admin praktikkan pada bahasan di website ini, namun apa jadinya jika bakteri starter tersebut dimasukkan ke dalam Aquarium ikan Louhan? apakah ada efeknya apakah ada efek sampingnya? Untuk menjawab rasa penasaran itu, sengaja sudah admin buatkan bahasannya berikut.

Aquarium Ikan Louhan Dikasih Bakteri Starter: Adakah Efek Sampingnya?
Aquarium Ikan Louhan Dikasih Bakteri Starter: Adakah Efek Sampingnya?


Bakteri starter lazimnya digunakan pada ikan hias yang butuh perhatian khusus soal air. Seperti Aquascape, ikan mas koki yang beberapa kali admin buat kan review bakteri starter bubuk:



Maupun bakteri starter cair:



Karena memang awalnya admin lebih akrab dengan bakteri starter ini lebih kepada ikan mas koki. Namun karena rasa penasaran akhirnya cobakan juga pada ikan Louhan. Kebetulan sekali admin punya 1 ikan Louhan cencu ukuran jumbo yang sejauh ini sebenarnya tanpa perlakukan khusus pada airnya bisa sehat-sehat saja. Bisa dibilang malah ikan Louhan ini jauh lebih kuat dari pada ikan mas koki yang admin pelihara saat ini.

Takaran yang admin gunakan untuk bakteri starter sama dengan penggunaan pada ikan mas koki. Praktiknya bisa kamu simak pada video berikut:



Dari yang admin coba sejauh ini tidak ada efek samping pada Aquarium ikan Louhan setelah diberikan bakteri starter dan ikan tampak sehat, makannya pun lahap dan masih agresif. Sehingga apabila kamu ingin menggunakan bakteri starter pada ikan Louhan boleh-boleh saja. Berdasarkan info yang admin dapatkan dari breeder nya langsung sebenarnya garam ikan saja sudah cukup untuk ikan Louhan ini, apalagi buat kamu yang menggunakan air hujan ataupun air tanah.

Tujuan penggunaan garam untuk membasmi parasit yang ada dalam air. Selebihnya yang tidak perlu perlakuan khusus. Walau begitu admin tetap memberikan bakteri starter supaya air yang ada di dalam Aquarium tetap terurai amonianya. Oh ya, walau sudah memberikan bakteri starter, kamu wajib melakukan penggantian air.

Itu saja untuk pembahasan admin kali ini apakah aman ataukah apa yang bakal terjadi jika memberikan bakteri starter. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. salam admin iwakbuncit.com

Aquarium Ikan Louhan Dikasih Bakteri Starter: Adakah Efek Sampingnya?