Apakah Boleh Pelihara Ikan KOI di Aquarium Kaca Seperti Ikan Mas Koki? Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

Apa jadinya dan apa akibatnya kalau ikan KOI yang biasanya dipelihara di dalam kolam besar, kamu pelihara di Aquarium kaca seperti Aquarium pada ikan mas koki? Bisakah ikan KOI tersebut hidup dan tumbuh besar? Rekomendasikan memelihara ikan KOI di dalam Aquarium kaca? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

Apakah Boleh Pelihara Ikan KOI di Aquarium Kaca Seperti Ikan Mas Koki? Apa Kekurangan dan Kelebihannya?
Apakah Boleh Pelihara Ikan KOI di Aquarium Kaca Seperti Ikan Mas Koki? Apa Kekurangan dan Kelebihannya?


Pelihara KOI di Aquarium ikan mas koki?
Dari bacanya saja sudah ada rasa yang aneh, karena yang kita ketahui selama ini jika ikan KOI itu ya dipelihara di kolam, baik itu kolam Indoor maupun kolam outdoor yang lebih populer. Karena memang lazimnya tempat pelihara ikan KOI itu di kolam buka di Aquarium.

Namun apakah ada larangan untuk memelihara ikan KOI di Aquarium?
Tentu saja tidak, pelihara ikan hias di tempat selain kolam dan Aquarium ya boleh-boleh saja, apalagi zaman sekarang sudah lebih kreatif lagi, sudah banyak orang yang mencoba membuat tempat khusus untuk ikan hias dari barang-barang biasa tidak terpakai semisal baskom yang di semen, box lemari es yang sudah tidak terpakai sampai bak fiber.

Jadi mau pelihara ikan hias seperti ikan KOI tidak harus di kolam saja. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa untuk ikan KOI itu agak berbeda cara menikmatinya. Pada umumnya ikan hias bisa dinikmati dengan cara melihatnya dari samping seperti ikan mas koki yang umumnya dipelihara di Aquarium kaca maupun bak fiber yang ada kaca tempered galas di samping bak fiber. Ini juga berlaku pada ikan hias air tawar lain seperti ikan channa, ikan discus, ikan Louhan, ikan arwana, ikan Oscar, ikan cupang, dan sebagainya.

Coba saja kamu perhatikan kesemua ikan yang admin sebutkan tadi dilihat dari atas! Apa yang kamu bisa lihat? Ya bakal cuma dorsalnya saja, karena memang kesemua ikan yang sudah admin sebutkan tadi modelnya side view atau ikan hias yang dapat dilihat dengan baik keindahannya dari samping, yang mana motif, warna dan kilau indahnya terdapat pada samping badan ikan. Belum lagi bagian atas atau tepatnya dorsal ikan tidak motif apapun dan kalau ada hanyalah bagian sisi motif yang asalnya dari samping badan.

Beda cerita dengan ikan KOI yang memang Motifnya itu berada di bagian atas. Memang terdapat juga motif di sisi badan ikan KOI, akan tetapi motif utamanya itu justru berada di bagian atas ikan KOI dan motif itu berpadu saling menyambung antara sisi kanan dan kiri ikan KOI pada bagian atas badan KOI sehingga membentuk pola-pola indah. Kalau kamu tidak percaya coba saja lihat ikan KOI dari atas, bakal terlihat dengan jelas semua pola tadi.

Oleh karena itu juga kolam ikan KOI dibuat rendah bahkan sejajar dengan lantai atau tanah sehingga harus menggali tanah ke dalam menggali proses pembuatannya supaya pola-pola pada bagian atas ikan KOI nampak jelas. Sekalipun kolam ikan KOI dibikin lebih tinggi tapi umunya dibuat sekitar 30 cm dari permukaan tanah, biasanya untuk faktor keamanan supaya menggali tiada anak kecil yang mudah kecemplung.

Selain itu ada beberapa point lagi yang membuat ikan KOI direkomendasikan untuk dipelihara di dalam kolam terbuka yang bisa kamu tonton pada video berikut:



Memelihara ikan KOI di Aquarium kaca seperti ikan mas koki dan ikan hias air tawar lainnya sah-sah saja, hanya saja memang lebih maksimal di kolam. Namun jika hanya sekedar untuk hiasan saja di ruang tamu, ya boleh-boleh saja. Nah, buat kamu yang pelihara ikan KOI di Aquarium bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Admin pingin tahu dari sudut pandang kamu juga. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit supaya tidak ketinggalan Tips dan info terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apakah Boleh Pelihara Ikan KOI di Aquarium Kaca Seperti Ikan Mas Koki? Apa Kekurangan dan Kelebihannya?