Apa yang Bakal Terjadi Jika Lampu Aquarium Ikan Mas Koki Dinyalakan 24 Jam Non Stop?

Apa jadinya jika lampu Aquarium ikan mas koki dinyalakan selama 24 jam non stop tanpa henti? Apakah ada konsekuensinya untuk kesehatan Iwak buncit? Buat kamu yang sudah melakukan hal ini sedari lama, ada baiknya simak penjelasan berikut.

Apa yang Bakal Terjadi Jika Lampu Aquarium Ikan Mas Koki Dinyalakan 24 Jam Non Stop?
Apa yang Bakal Terjadi Jika Lampu Aquarium Ikan Mas Koki Dinyalakan 24 Jam Non Stop?


Punya Aquarium ikan hias seperti ikan mas koki, pastinya butuh penerangan yang cukup. Apalagi jika Aquarium tersebut ditaruh di ruang tamu, ruang keluarga atau sampai kamar tidur. Fungsi lampu Aquarium tentu sebagai penerangan juga sebagai alat bantu untuk melihat kondisi ikan mas koki sekaligus menampilkan keindahannya. Hanya saja mungkin karena terlalu lama dinyalakan membuat beberapa kondisi terjadi. Yup, apa jadinya jika lampu Aquarium ikan mas koki terus menyala selama 24 jam penuh non stop?

1. Tumbuhnya Lumut
Hal pertama yang dapat kamu rasakan adalah Aquarium akan berlumut. Ini yang paling kentara sekali namun sekaligus kabar baik buat kamu yang ingin menumbuhkan secara cepat lumut hijau di Aquarium ikan mas koki. Menyalakan lampu LED Aquarium dalam durasi lama apalagi sampai 24 jam penuh dapat membuat pertumbuhan lumut hijau semakin cepat dan ini sudah admin buktikan sendiri tentunya dengan beberapa kondisi tambah. Buat kamu yang pingin lebih tahu soal menumbuhkan lumut hijau lebat di Aquarium ikan mas koki bisa simak video berikut:



2. Air Berkabut
Efek samping dari tumbuhnya lumut adalah air Aquarium jadi lebih mudah berkabut. Sebenarnya bukan kabut tapi itu lumut kecil yang melayang di air. Solusinya bisa kamu lakukan rajin ganti air atau juga bisa memasang lampu UV di chamber filter. Beberapa lampu UV sudah pernah admin review juga di channel ini, silahkan cek video berikut:



Sedangkan untuk cara peletakan lampu UV yang benar dan aman di box filter talang bisa simak video berikut:



Untuk filter samping bisa coba cara berikut:



3. Mengganggu Kondisi Kesehatan Ikan Mas Koki
Sebagai mana makhluk hidup lain seperti manusia yang butuh istirahat butuh tidur, begitu pula dengan ikan mas koki. Hanya saja jika manusia punya kelopak mata untuk bisa memejamkan mata, ikan mas koki tidak punya sehingga ketika lampu terus menyala maka sinar lampu tersebut akan terus-terusan masuk ke mata ikan mas koki. Tentunya ini akan mengganggu siklus tidur ikan.

Video ikan mas koki sedang tidur:



Sebagai contoh pada video di atas menunjukkan ikan mas koki sedang tidur. Ini dapat dilihat dari perilaku ikan mas koki yang mojok di sudut Aquarium, dengar gerak berenangnya yang pelan dan terkadang ada beberapa ekor ikan mas koki yang menyandarkan badannya di dasar Aquarium. Kondisi seperti ini bakal sering kamu lihat ketika lampu dimatikan.

Apabila siklus tidur ikan mas koki terganggu atau ikan hias pada umumnya maka kesehatan ikan akan terganggu pula, ikan lebih mudah sakit, selain itu metal ikan juga terganggu. Harusnya penyakit ringan bisa diatasi oleh ikan mas koki tersebut malah jadi penyakit berat.

4. Masa Pakai Lampu Berkurang
Sebagaimana alat elektronik lain yang juga punya usia pakai, ini juga berlaku pada lampu LED Aquarium baik lampu gantung maupun lampu celup. Yang biasanya bisa kamu gunakan dalam jangka waktu lama jika rutin dimatikan ini dalam beberapa bulan saja bisa cepat rusaknya. Mulai dari titik lampu ada yang redup hingga mati sampai mati seluruhnya. Selain itu housing lampu akan menjadi panas dan membuat banding rumahan lampu. Ini sering terjadi pada lampu LED Aquarium jenis gantung. Contohnya bisa kamu lihat pada video berikut:



5. Biaya Pemakaian Listrik
Sebenarnya yang namanya hobi itu tidak ada yang murah, termasuk memelihara ikan hias seperti ikan mas koki. Mulai dari ikannya, peralatannya hingga makannya sekalipun kamu sekedar pelihara saja dan termasuk untuk urusan biaya listrik. Apabila lampu LED Aquarium terus dinyalakan maka penggunaan listrik bakal tinggi. Walau memang daya lampu LED Aquarium tidak terlalu tinggi, setidaknya paling tinggi yang admin temui untuk lampu LED Aquarium buatan pabrik itu di 18 Watt saja namun jika terus dinyalakan lumayan juga bikin token cepat berbunyi hehehe..

Beberapa hal yang dapat terjadi dari menyalakan lampu Aquarium 24 jam nonstop bisa kamu tonton pada video berikut:



Kalau admin sarankan untuk rutin diistirahatkan lampunya. Kalau memang kamu orang yang malasan atau sering lupa mematikan lampu bisa menggunakan alat penjadwal semisal stop kontak timer yang pernah admin review juga:



Itulah dia pembahasan admin untuk efek dari lampu LED Aquarium yang terus-terusan menyala. Buat kamu yang mau menambahkan pada bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Apa yang Bakal Terjadi Jika Lampu Aquarium Ikan Mas Koki Dinyalakan 24 Jam Non Stop?