Apa Penyebab Air Tekor pada Chamber Filter Aquarium Ikan Mas Koki? Cara Mengatasinya?

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kenapa bisa sampai chamber pompa pada sebuah filter samping Aquarium ikan mas koki airnya sering sekali tekor yang mengakibatkan level air kelewat timpang dengan chamber media filter? Apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya? Berikut ini admin akan coba bahas soal air tekor pada chamber pompa secara lengkap.

Apa Penyebab Air Tekor pada Chamber Filter Aquarium Ikan Mas Koki? Cara Mengatasinya?
Apa Penyebab Air Tekor pada Chamber Filter Aquarium Ikan Mas Koki? Cara Mengatasinya?


Air tekor, kondisi dimana air yang seharusnya selalu tersedia ketika ingin diambil/dihisap oleh pompa justru tidak ada atau debitnya kurang. Walhasil pompa bakal menyedot angin, bukan air. Kondisi inilah yang cukup sering alami oleh penghobi ikan hias seperti admin penghobi ikan mas koki yang menggunakan filter samping, back filter maupun Sump Filter. Karena kalau sampai airnya tekor, kosong di salah satu chamber atau tinggi air tidak memadai, maka Mushroom air mancur yang diharapkan tidak akan terbentuk sempurna.

Nah, dalam postingan kali ini admin akan coba bahas air tekor pada chamber filter samping, karena admin sendiri menggunakan filter samping pada Aquarium ikan mas koki berukuran 120 cm. Sebagai gambaran, inilah dia filter samping yang admin pasang sendiri dari Aquarium biasa yang sebelumnya menggunakan box talang:



Box talang 120 cm yang dulu admin pernah gunakan:



Filter samping ini admin pasang sendiri karena ingin memasang Mushroom. Syarat untuk bisa menghasilkan Mushroom air mancur yang bagus adalah dengan menggunakan filter samping, back filter ataupun Sump filter. Cuma bakal keluar biaya lagi, maka dari itu admin coba modifikasi saja dari Aquarium yang sudah ada.

Berhubung ini adalah pengalaman admin pertama kali memasang dan menggunakan filter samping, maka dari itu ada satu hal yang terlewatkan ketika ingin merancang Mushroom. Apa itu? Yaitu celah lewatnya air. Yup, celah yang menghubungkan antara ruang utama dengan chamber filter. Admin mungkin hanya menyisakan 2 cm untuk celah lewatnya air tersebut yang harusnya di 5 cm. Karena inilah chamber pompa admin sering tekor atau setidaknya level air antara chamber filter dengan chamber pompa itu tingginya beda jauh.

Tampilan lengkap dari yang admin maksud di atas bisa kamu lihat pada video berikut:



Saran admin ketika ingin memasang filter samping, pastikan celah antar raung tidak terlalu rapat supaya air bisa berpindah dengan cepat serta dalam jumlah yang banyak. Konsultasikan dengan tukang Aquarium jika ingin membuat Mushroom juga, karena design Aquarium untuk pemasangan Mushroom akan disesuaikan supaya tidak terjadi air tekor. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Apa Penyebab Air Tekor pada Chamber Filter Aquarium Ikan Mas Koki? Cara Mengatasinya?