Apa Bedanya Ikan Mas Koki Pasar dengan Ikan Mas Koki Mewah? Kenapa Harganya Beda Jauh?

Beberapa dari kamu yang pelihara ikan mas koki mungkin ada yang bertanya apa beda ikan mas koki kelas pasar dengan ikan mas koki mewah? Kenapa ikan mas koki mewah harganya jauh lebih mahal bahkan berkali-kali lipat harganya dari pada ikan mas koki kelas pasar? Buat kamu yang punya pertanyaan ini bisa simak penjelasan berikut!

Apa Bedanya Ikan Mas Koki Pasar dengan Ikan Mas Koki Mewah? Kenapa Harganya Beda Jauh?
Apa Bedanya Ikan Mas Koki Pasar dengan Ikan Mas Koki Mewah? Kenapa Harganya Beda Jauh?


Bagaimana cara paling mudah untuk membedakan ikan mas koki kelas pasar dengan ikan mas koki mewah? Ya paling dengan cara melihatnya dan admin yakin dengan melihatnya saja sekalipun kamu awam dalam dunia perkokian bakal langsung tahu mana ikan mas koki bagus dan mana ikan mas koki biasa. Karena memang dari segitu tampilan langsung kelihatan bedanya. Apalagi jika sebelumnya kamu pernah melihat ikan mas koki kelas pasar di tempat lain atau langsung melihat 2 ikan mas koki beda kelas di beda Aquarium, bahkan di satu Aquarium yang sama pun langsung kelihatan sekali kok bedanya dimana.

Perkara kenapa ikan mas koki mewah bisa mahal ya karena cara mendapatkannya itu yang tidak mudah. Sebagai contoh ikan mas koki mewah dikawinkan dengan ikan mas koki mewah juga belum tentu jadi dan kalaupun jadi tidak semua benih dari ikan mas koki tersebut bakal menjadi ikan mas koki yang bagus-bagus. Misalkan dari 1000 benih ikan mas koki yang jadi, maka dari 1000 benih itu setelah disortir mungkin yang didapatkan 200 benih. Setelah di masukkan ke kolam besarkan, dilakukan sortir ulang hingga mendapatkan ikan mas koki berkualitas sekitar 20 ekor.

Penyortiran ikan mas koki tentu didasarkan kriteria kerapian ikan mas koki yang sudah disepakati secara umum oleh penghobi dan juga sesuai dengan kriteria lomba/kontes selain itu juga faktor subjektivitas penyortir. Bayangkan saja dari 1000 benih tadi ujung-ujungnya yang jadi ikan berkualitas ikan mas koki kelas mewah atau bisa disebut juga kelas kontes hanya 20 ekor. Belum lagi ketika proses pembesaran dibutuhkan perawatan ekstra mulai dari kondisi kolam pembesaran, kualitas air yang dipengaruhi media filtrasi, cuaca, faktor X, pakan dan sebagainya.

Berbicara soal pakan untuk ikan mas koki yang dalam proses pembesaran supaya bisa menghasilkan hasil yang maksimal tentu butuh pakan ekstra semisal pelet dengan kualitas bagus serta pakanan selingan semisal cacing beku dan lain sebagainya. Belum lagi cacing sutra mulai dari kecil ke sedang dan vitamin pendukung. Jadi dari semua usaha yang sudah dilakukan breeder, wajar saja jika harga ikan mas koki mewah, ikan mas koki kelas kontes itu mahal karena usaha untuk mendapatkannya tadi serta ketersediaan yang tidak banyak.

Lantas bagaimana dengan ikan mas koki kelas pasar, kelas biasa?
Nah, dari hasil sortiran ikan mas koki di atas tadi bisa diurutkan grade atau kelasnya semisal kelas medium atau ikan mas koki kelas menengah dan nantinya akan dijual dengan harga di bawah ikan mas koki kelas kontes hingga nanti ke kelas bawah yang umunya disebut ikan reject. Istilahnya untuk ikan yang punya kerapian dibawah rata-rata. Biasanya ini yang bakal dijual murah.

Untuk ikan mas koki kelas medium, dari segi bentuk dan kerapian serta warna mungkin akan sedikit berbeda namun secara umum jika dilihat masih memiliki daya tarik, dengan catatan indukan ikan mas koki masih berasal dari kelas mewah juga namun jika indukan ikan mas koki tadi sudah ikan mas koki biasa maka hasilnya tidak jauh beda.

Ada beberapa point tambahan soal beda ikan mas koki pasar dengan ikan mas koki kelas mewah/kelas kontes ini bisa kamu simak pada video berikut:



Dari penjelasan admin di atas tadi, setidaknya sekarang kamu sudah mendapatkan gambaran tentang cara membedakan ikan mas koki yang bagus dengan ikan mas koki pasar kan? Penilaian tentu akan dipengaruhi subjektivitas penghobi, breeder atau penyortirnya namun secara umum mereka akan mengikuti kriteria yang sudah disepakati bersama.

Apa yang admin bagikan ini berdasarkan pengalaman selama memelihara ikan mas koki terkhusus ketika coba membeli, memelihara dan membandingkannya. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Apa Bedanya Ikan Mas Koki Pasar dengan Ikan Mas Koki Mewah? Kenapa Harganya Beda Jauh?