Tanaman Frogbit di Aquarium Ikan Mas Koki? Apakah Aman dari Kejahilan Para Buncit?

Buat penggiat, penghobi Aquascape pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman bernama Frogbit Amazon. Tanaman apung ini biasanya berada di permukaan air dan juga sering digunakan sebagai tempat ikan bersembunyi maupun bertelur. Namun apa jadinya jika tanaman Frogbit Amazon ini ditaruh di aquarium ikan mas koki? Bagaimana nasibnya, apakah bakal selamat dari amukan cocopan ikan mas koki serta apa fungsi tanaman Frogbit Amazon? Simak penjelasannya berikut.

Tanaman Frogbit di Aquarium Ikan Mas Koki? Apakah Aman dari Kejahilan Para Buncit?
Tanaman Frogbit di Aquarium Ikan Mas Koki? Apakah Aman dari Kejahilan Para Buncit?


Frogbit Amazon, buat kamu yang suka dengan aquascape sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Walau admin sendiri lebih suka menyebutnya hama ketimbang tanaman karena Frogbit ini mengingatkan admin pada kompe atau eceng gondok bahasa Indonesianya. Namun tanaman Frogbit sudah lazim digunakan di kalangan penghobi aquascape sebagai tanaman hias di aquarium. Sifat dari tanaman Frogbit sendiri yang mengambang di permukaan air membuat cahaya lampu yang mengenainya menjadi terhalang dan hanya menyisakan cahaya lampu yang tembus dari sisi-sisi tanaman Frogbit.

Kesan admin seperti itu ketika coba menaruh tanaman Frogbit di aquarium ikan mas koki. Apalagi pada saat itu admin coba taruh cukup banyak tanaman Frogbit, walhasil cahaya lampu yang terblokir jadi banyak sehingga aquarium ikan mas koki admin jadi remang-remang. Lantas setelah coba menaruh tanaman Frogbit di aquarium ikan mas koki, bagaimana nasibnya?

Tidak heran sih jika kamu bertanya seperti itu karena memang menaruh tanaman air di aquarium ikan mas koki itu sifatnya "Haram" alias sangat tidak direkomendasikan, apalagi kalau tanaman airnya sendiri punya daun yang lunak atau batang yang lunak. Bahkan tanaman hias air seperti yang cukup keras batangnya seperti Anubias saja bisa berakhir seperti yang ada di video ini:



Apalagi Frogbit yang jelas-jelas punya batang dan daun yang lunak. Namun jangan salah sangka dulu, tanaman Frogbit ternyata bisa cukup tahan dari serangan ikan mas koki yang rakus akan makanan. Walaupun nasibnya masih tetap dimakani ikan mas koki, namun bagian akar yang tepat berada di bawah tengah tanaman Frogbit cukup keras sehingga yang dimakan oleh ikan mas koki justru akarnya saja, sedangkan untuk daun-daun dari Frogbit Amazon masih utuh.

Hanya saja karena aquarium ikan mas koki admin itu tidaklah besar, cuma 60 cm saja, membuat beberapa tanaman Frogbit itu terkumpul atau terkonsentrasi di dekat kucuran air box talang. Sehingga terkadang tanaman Frogbit tadi ada yang terbalik. Nah, posisi terbalik tanaman Frogbit inilah yang mengundang para ikan mas koki untuk memakani daun-daun Frogbit Amazon, walhasil habis juga dimakan oleh para buncit. Lengkapnya bisa kamu tonton video berikut:



Sejatinya tanaman Frogbit Amazon ini sangat cocok untuk kamu yang sedang coba menernakkan ikan mas koki, khususnya tempat pembesaran burayak. Karena para burayak dapat bersembunyi di balik dedaunan Frogbit Amazon atau juga bisa kamu gunakan sebagai tempat bertelur ikan. Tempat tinggal ikan-ikan hias kecil juga bisa karena aslinya tanaman Frogbit ini admin dapatkan dari salah seorang penghobi yang memelihara sekaligus breeder ikan hias aquascape.

Namun beda cerita jika kamu taruh tanaman Frogbit ini di aquarium ikan mas koki ukuran sedang ke jumbo. Nasibnya bakal habis dimakan. Jika kekeh mau tetap menaruh tanaman Frogbit, usahakan di aquarium yang luas supaya tanaman Frogbit tidak mudah terbalik akibat dorongan air dari box talang. Selebihnya seperti biasa saja. Tanaman Frogbit ini bisa hidup walau hanya terkena sinar lampu, cuma bakal lebih bagus jika terkena sinar matahari. Sekian bahasan admin kali ini untuk tanaman Frogbit Amazon di aquarium ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk bermacam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Tanaman Frogbit di Aquarium Ikan Mas Koki? Apakah Aman dari Kejahilan Para Buncit?