Praktekkan Rumus 6 - 1 untuk Pemberian Makan Ikan Mas Koki: Dijamin Bebas dari Gangguan Pencernaan

Bagaimana cara memberi makan ikan mas koki yang benar supaya ikan mas koki terhindar dari penyakit atau gangguan pencernaan? Idealnya ikan mas koki dikasih makan sehari berapa kali? Berapa banyak takarannya? Buat kamu yang sering tidak tegaan dengan ikan mas koki yang selalu lapar tidak pernah kenyang bisa baca Tips dari admin berikut.

Praktekkan Rumus 6 - 1 untuk Pemberian Makan Ikan Mas Koki: Dijamin Bebas dari Gangguan Pencernaan
Praktekkan Rumus 6 - 1 untuk Pemberian Makan Ikan Mas Koki: Dijamin Bebas dari Gangguan Pencernaan


Pernah lihat ikan mas koki kenyang? Rasanya hampir mustahil melihat ikan mas koki menolak makan yang kamu berikan. Bahkan setelah kamu beri makanan pun mereka bakal tetap meminta untuk dikasih makan. Mata memelas, mulut terbuka megap-megap ke atas, rasanya tidak tega untuk tidak memberi makanan lagi. Walhasil ikan mas koki yang awalnya tadi berenang normal jadi berenang nungging lantaran kebanyakan makan, belum lagi dengan ikan mas koki yang berenang terbalik atau istilahnya Swim Bledder. Kalau sudah seperti itu sebaiknya kamu ikuti rumus aturan admin berikut.

Berbicara soal seberapa ideal ikan mas koki makan dalam satu hari sebenarnya sudah pernah admin bahas lengkap pada video ini:



Namun bahasan kali ini lebih seperti update nya, karena setelah sekian lama admin pelihara ikan mas koki. Sepertinya pola puasa yang biasa diterapkan pada manusia cocok juga diterapkan pada ikan mas koki. Sebagaimana puasa pada manusia selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt seperti berpuasa dibulan Ramadhan atau puasa sunah lainnya yang bisa kamu lakukan di luar bulan Suci Ramadhan. Berpuasa juga dapat membantu pencernaan untuk beristirahat serta memperbaiki kinerja usus yang selama ini disodori makanan untuk diolah setiap hari, yang mana ujung-ujungnya bisa membuat tubuh kita sehat.

Hal ini juga yang admin coba terapkan pada ikan mas koki yang mana nampak tidak ada kata kenyang dan terus-terusan minta makan. Padahal kasus Swim Bledder akibat kebanyakan makan sudah jamak terjadi pada ikan mas koki:



Rumus atau aturan yang admin terapkan kali ini sebenarnya sederhananya saja yaitu 6 - 1 (baca: enam kurang satu). Yang mana kita ketahui bersama dalam satu minggu ada 7 hari. Nah, dari 7 hari tersebut admin ambil 6 hari untuk waktu makan ikan mas koki sedangkan 1 harinya admin puasakan, sama sekali admin tidak kasih makan. Dengan maksud selama satu hari penuh itu ikan mas koki dapat mengistirahatkan pencernaannya.

Karena dari hasil pengamatan admin, kalau tidak diberi makan dalam satu hari saja sebenarnya ikan mas koki itu buang kotoran juga atau tetap buang kotoran, yang mana ini mengindikasikan kalau di dalam lambung ikan mas koki itu masih terdapat makanan kemarin atau masih ada banyak sisa-sisa makanan yang masih berproses untuk dicerna. Bayangkan dengan pola pemberian makan ikan mas koki yang kita lakukan setiap hari apalagi yang memberi makan lebih dari 3 kali sehari. Berapa banyak makanan yang sudah ada di dalam lambung ikan mas koki yang harus segera dicerna, diolah. Ujung-ujungnya pencernaan ikan mas koki tidak sanggup, berak putih berakhir mati seperti yang pernah admin bahas pada video berikut:



Kalau sudah stadium akhir, berak putih pada ikan mas koki dapat berakibat anus ikan mas koki mengeluarkan ruam bercak merah seperti darah:



Tentunya hal semacam ini tidak diharapkan oleh setiap penghobi ikan mas koki. Maunya kita ikan mas koki tetap sehat, lincah dan lahap makannya namun kalau tidak disiplin dengan cara merubah pola pemberian makan, bisa saja ikan mas koki yang sudah lama kamu pelihara tadi berakhir seperti penjelasan di atas.

Soal aturan 6 - 1 dapat kamu ubah sesuka hati. Misalkan mau 5 - 2 atau 4 - 3. Tinggal kamu sesuaikan saja. Setidaknya 6 - 1 adalah batas minimal dari aturan pemberian makan ini. Sejauh ini ikan mas koki admin sudah sangat jarang ada yang sakit dengan metode tersebut. Buat kamu yang mau mencoba silahkan atau mau memodifikasinya lagi dipersilahkan. Penjelasan lengkap dari pembahasan ini bisa juga kamu tonton pada video berikut:



Itulah dia aturan umum yang admin terapkan sekarang pada ikan mas koki yang admin pelihara. Tentunya setiap penghobi Iwak buncit punya aturan sendiri. Apabila kamu mau menambahkan soal bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Praktekkan Rumus 6 - 1 untuk Pemberian Makan Ikan Mas Koki: Dijamin Bebas dari Gangguan Pencernaan