Kenapa Aquarium Penghobi Ikan Mas Koki Hampir Semuanya Lumutan, Jorok, Dekil, Jarang Dibersihkan?

Buat kamu yang sudah lama mengikuti channel Iwak Buncit pasti sudah menyadari kalau makin kesini Aquarium Ikan Mas Koki admin tampak kotor, berlumut. Saking berlumutnya, sempat ada yang bertanya di kolom komentar dan bertanya apakah admin malas membersihkan aquarium, sehingga tidak ada satupun aquarium admin yang bersih bebas dari lumut? Video ini admin akan coba jelaskan alasannya dan manfaat dari menumbuhkan lumut di aquarium ikan mas koki. Semoga tercerahkah.

Kenapa Aquarium Penghobi Ikan Mas Koki Hampir Semuanya Lumutan, Jorok, Dekil, Jarang Dibersihkan?
Kenapa Aquarium Penghobi Ikan Mas Koki Hampir Semuanya Lumutan, Jorok, Dekil, Jarang Dibersihkan?


"Kenapa aquarium admin Iwak buncit selalu terlihat kotor, selalu lumutan. Apa selama ini tidak pernah dibersihkan atau malah untuk dibersihkan? Bukannya kalau aquarium bersih tanda yang punya itu orangnya rajin. Berarti admin malas ya?" Setidaknya beberapa pertanyaan serupa pernah admin dapati di kolom komentar terkait aquarium ikan mas koki admin yang dekil lumutan. Cuman admin bisa maklumi karena mungkin seleranya berbeda atau mungkin saja belum tahu fungsi dari sebuah lumut pada aquarium ikan mas koki atau bisa jadi baru saja memelihara ikan mas koki.

Jujur saja, di awal-awal admin pelihara ikan mas koki juga seperti itu. Maunya aquarium selalu bersih selalu kinclong. Mungkin hampir tiap hari admin bersihkan kaca aquarium dari dalam. Admin rela berbasah-basah tangan setiap hari hanya untuk membuat kaca aquarium tetap bersih. Rasanya ada yang janggal, tergelitik pikiran untuk segera menggosok kaca aquarium jika ada noda, lumut atau sekedar lendir putih bening yang menempel di kaca aquarium Soal basah-basahan tangan itu sudah biasa admin terima. Namun makin ke sini admin jadi tahu kalau sebenarnya ada alat yang dapat memudahkan kita dalam membersihkan kaca aquarium yaitu sikat magnet yang pernah admin review:



Satunya lagi yang daya magnetnya lebih kuat bisa coba sikat magnet dari Recent:



Dengan menggunakan sikat magnet tadi, kegiatan admin membersihkan kaca aquarium sudah jarang diwarnai berbasah-basahan tangan. Namun untuk dasar kaca aquarium mau tidak mau harus tetap masuk juga telapak tangan ini ke dalam air.

Hingga pada suatu waktu admin coba untuk main ke salah satu penghobi ikan mas koki yang mengoleksi ikan mas koki kelas penghobi (kelas medium ke atas). Tujuan awal admin mampir ke sana adalah untuk melihat koleksi ikannya sekaligus untuk membeli salah seekor ikan mas koki yang sudah admin incar lama yaitu Ikan Mas Koki jenis Ryukin:



Admin kagum dengan aquariumnya yang besar, luas, terawat, airnya jernih dan juga lumutan. Yah, kalau tidak salah ingat aquariumnya itu lumutan. Ikannya juga lucu-lucu, gemoy-gemoy dan ada banyak jenisnya mulai dari Oranda, Ranchu, dan Ryukin.

Berawal dari situ admin coba tanya-tanya ke penghobi dan juga coba cari tahu apa manfaat dari menumbuhkan lumut di aquarium ikan mas koki. Setelah tahu betapa besarnya manfaat lumut, maka admin putuskan mulai saat ini admin akan coba menumbuhkan lumut. Dari proses trial and error akhirnya admin dapat cara yang mudah, cepat dan efektif cara menumbuhkan lumut hijau yang benar, panduannya bisa kamu simak pada video berikut:



Manfaat menumbuhkan lumut sendiri bisa membuat koki terus makan, sebagaimana kita ketahui bersama kalau ikan mas koki itu terkenal suka makan tidak kenal kenyang. Ikan mas koki juga masuk dalam kategori hewan omnivora alias pemakan segala. Mau itu makhluk hidup seperti serangga, cacing hingga sayuran juga dimakannya. Selain makan pelet, cacing darah beku yang biasa kita berikan, memakani lumut hijau dimaksudkan supaya pencernaan ikan mas koki lancar, bebas dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Karena kalau dibiarkan terus, sembelit pada ikan mas koki dapat berakibat kematian seperti yang pernah kejadian pada ikan mas koki Ranchu admin, yang mana pada bagian anusnya sudah muncul ruam merah darah:



Selain lumut kamu juga sebenarnya bisa memberikan sayur-sayuran lain semisal brokoli:



Kacang panjang:



Namun yang paling mudah dari semua jenis tanaman (sayur-sayuran) tersebut adalah lumut. Karena lumut bisa selalu ada, selalu tumbuh selagi kondisinya memungkinkan dan ikan mas koki bisa terus makan tanpa henti. Jadi berdasarkan penjelasan di atas tadi, kamu jadi tahukan alasan kenapa aquarium ikan mas koki admin cenderung dekil berlumut. Bukan karena malas tapi memang disengaja dan kebisaan ini juga bisa kamu temukan pada penghobi ikan mas koki lain. Segitu saja dulu penjelasan admin untuk pembahasan kali ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kenapa Aquarium Penghobi Ikan Mas Koki Hampir Semuanya Lumutan, Jorok, Dekil, Jarang Dibersihkan?