Bagaimana Cara Menjernihkan Air Aquarium Ikan Mas Koki Dengan Cepat Setelah Kuras Total?

Salah satu yang diinginkan penghobi ikan mas koki adalah punya air aquarium ikan mas koki yang jernih nan bening, apalagi setelah melakukan penggantian air besar alias kuras total. Lantas bagaimana cara supaya air aquarium ikan mas koki yang baru saja dikuras total bisa langsung bening, cepat jernihnya? Temukan jawabannya secara lengkap di postingan ini.

Bagaimana Cara Menjernihkan Air Aquarium Ikan Mas Koki Dengan Cepat Setelah Kuras Total?


Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang subscriber dari channel Iwak Buncit yang pernah menanyakan perihal cara atau bagaimana supaya air aquarium ikan mas koki yang baru dikuras total bisa dengan cepat bening, jernih? Pertanyaan ini muncul karena penanya bingung bagaimana cara menjernihkan air aquarium yang baru saja dikuras total. Secara kita ketahui bersama bahwa dalam proses pengurasan air aquarium itu tidak boleh lebih dari 50%, bahkan lebih dianjurkan untuk maksimal di 30% - 40% saja seperti yang sudah pernah admin bahas pada video berikut:



Masih berkaitan dengan pertanyaan tadi, kebetulan sekali saat admin membuat artikel ini, admin Iwak buncit sedang melakukan pengurasan total dikarenakan ingin memindahkan posisi aquarium ikan mas koki dan ikan Louhan yang awalnya ada di kamar dan dapur ingin admin pindahkan ke ruang tamu semua sehingga bisa dilihat sekaligus. Oleh karena aquarium berat dan mustahil untuk dipindahkan bahkan hanya sekedar digeser saja dalam kondisi terisi air penuh, mau tidak mau admin harus menguras total maksimal di 85% hingga 90%.

Setelah admin selesai memindahkan semua aquarium tadi, kemudian admin coba isi kembali dengan air yang baru, proses pengisian admin gunakan bantuan selang beserta alat bantu pengisian air aquarium ikan mas koki yang pernah admin buatkan videonya berikut:



Benar saja, setelah melakukan pengisian, air aquarium ikan mas koki dan ikan Louhan admin tidak ada satupun yang bening. Yup, dari ketiga aquarium yang disusun berjejer tadi tidak ada satupun air aquarium yang bening. Semuanya nampak keruh dan sesekali ada yang berbusa. Akan tetapi karena admin sudah cukup pengalaman dan pernah ketemu dengan kasus seperti ini, jadi admin tidak ambil pusing. Langkah pertama yang admin lakukan setelah melakukan pengisian air dari posisi kuras total, langsung admin tambahkan bakteri starter cair PPA 201 yang juga pernah admin review:



atau kamu juga bisa gunakan bakteri starter yang lebih terjangkau:



Setelah pemberian bakteri starter tersebut, admin coba biarkan saja dengan posisi pompa terus menyala supaya air yang ada di dalam aquarium terus bersirkulasi dan kabut yang diciptakan oleh bakteri starter bubuk cepat menghilang. Selang 2 sampai 3 hari air yang di aquarium ikan mas koki admin kembali jernih, bening seperti sedia kala.

Sebagai catatan, pada saat proses pengurasan total air aquarium ikan mas koki ini, media filter mekanik tidak admin ganti dengan yang baru atau tidak admin cuci, sedangkan untuk media biologi sudah matang atau mature sehingga ini juga yang membuat proses penjernihan air aquarium ikan mas koki jadi lebih cepat dari biasanya. Umumnya jika kamu mulai dari awal seperti media biologi masih baru dipasang, filter mekanik masih baru, maka dibutuhkan secepat-cepatnya 3 minggu sampai 1 bulan dan itu harus sering dilakukan Water Change (penggantian air) sebanyak 30%.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menjernihkan air aquarium ikan mas koki:



Walau memang ada cara untuk secara cepat 1 jam sampai 2 jam menjernihkan air ikan mas koki menggunakan Badun Magic Purifier:



Namun admin lebih sarankan kamu untuk menggunakan metode alami ketimbang kimiawi supaya kesehatan ikan mas koki dalam jangka panjang lebih terjaga. Memang butuh kesabaran dan ketelitian dalam membuat air aquarium ikan mas koki jernih dan itu menjadi suatu "Reward" tersendiri bagi kita penghobi Buncit.



Sampai disini dulu bahasan admin terkait Bagaimana carannya membuat air aquarium ikan mas koki yang habis kuras total bisa cepat bening nan jernih. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bagaimana Cara Menjernihkan Air Aquarium Ikan Mas Koki Dengan Cepat Setelah Kuras Total?