Apakah Diperbolehkan Mencampur Pelet Ikan Mas Koki Merek? Apa Dampaknya untuk Para Buncit?

Kamu pernah kepikiran untuk "nge-MIX" atau mencampur pakat jenis pelet pada ikan mas koki dengan maksud dan tujuan tertentu? Sebenarnya apakah boleh mencampur pakan jenis pelet yang beda merek? Kira-kira apa dampaknya? Kalau admin sendiri pernah nge-MIX pelet untuk para buncitnya? Temukan semua jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada artikel berikut.

Apakah Diperbolehkan Mencampur Pelet Ikan Mas Koki Merek? Apa Dampaknya untuk Para Buncit?


Buat kamu yang sudah cukup lama pelihara ikan mas koki, mungkin pernah menjumpai ada beberapa penghobi ikan mas koki lain yang mencoba bereksperimen untuk mencampur atau menggabungkan 2 macam atau 2 jenis merek pelet ikan mas koki atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya yang admin jumpai adalah pelet merek A dengan harga medium dicampur dengan pelet merek B harga ekonomis. Soal harga sebenarnya relatif ya gan, beda orang beda standar harga murah dan mahal. Kalau admin pribadi sendiri menilai harga pelet 50K itu harga medium, sedangkan harga pelet 100K ke atas sudah masuk kelas premium, dan untuk pelet ekonomis biasanya 3K, 5K hingga 10K dan mendekatinya.

Tujuan umum yang admin dapatkan adalah supaya bisa lebih berhemat dengan mencampur 2 kasta pelet ikan mas koki tadi dan beberapa ada yang sudah membuktikan hasil dari mencampur 2 merek pelet. Selain itu juga ada yang mencampur 2 jenis pelet beda peruntukkan semisal 1 jenis pelet untuk ikan mas koki dan satunya lagi pelet lele. Tujuannya hampir mirip serta dengan maksud supaya ikan mas koki cepat besar gemuk-gemuk badannya karena pelet lele mengandung banyak lemak (CMIIW).

Dari penjelasan di atas, kalau ditanya apakah boleh mencampur 2 merek pelet untuk ikan mas koki? Jawabannya tentu boleh, toh kamu juga yang beli pakan peletnya dan yang akan dikasihkan ke ikan mas koki juga ikan kamu sendiri. Hanya saja kalau pertanyaan tersebut ditanyakan ke admin "Apakah admin pernah mencampur 2 merek pelet dan apakah rekomendasi untuk mencampur pelet ikan mas koki beda merek?" Jawaban admin sendiri tidak pernah dan tidak merekomendasikan, sebagai mana mereka yang punya pendapat, admin juga punya argumen sendiri soal campur-mencampur pakan pelet ikan mas koki.

Sebagaimana kamu tahu bahwa setiap produsen dari pakan pelet ikan hias seperti ikan mas koki ini punya formula tersendiri yang satu sama lain produsen tidak sama dan setiap produk yang dibikin oleh satu produsen sana punya banyak varian. Tujuan dari pembuatan varian ini adalah supaya konsumen bisa menentukan mau meraih tujuan atau hasil apa. Sebagai contoh ada pelet merek Saki Hikari Growth yang dibuat dengan tujuan untuk mengejar pertumbuhan sedangkan untuk warna kurang, di sisi lain ada varian pelet Saki Hikari Color Enhancing yang dibuat dengan tujuan untuk menonjolkan warna pada ikan mas koki, namun pertumbuhan kurang.

Berdasarkan 2 varian dari satu produsen saja sudah beda tujuan, apalagi kalau itu sampai 2 produsen. Belum lagi kalau kita coba bandingkan dengan pakan pelet harga medium dengan ekonomis, dari segi komposisi jelas beda. Kita ketahui bersama ada istilah "Ada harga, ada rupa" jadi jangan heran jika ikan mas koki yang dikasih pakan pelet premium beda hasil dengan ikan mas koki yang dikasih pakan pelet ekonomis hasilnya beda.

Memang benar yang namanya pertumbuhan ikan yang bisa besar, bulky, warnanya gonjreng cantik itu dipengaruhi faktor genetik, namun juga faktor lain semisal pakan juga harus diperhatikan. Seperti pengalaman admin yang kasih pakan ikan ekonomis ke ikan mas koki jenis LOWO atau Telescope dan hasilnya ikan mas koki LOWO tersebut menguning, padahal ikan mas koki Lowo itu terkenal dengan warna hitam pekat.

Beberapa penjelasan yang ingin admin utarakan bisa tonton video berikut:



Soal campur-mencampur pakan pelet ikan mas koki kembali lagi ke kamu, admin tidak bisa atur juga. Hanya saja kalau admin yang ditanya seperti itu maka admin tidak merekomendasikannya kecuali kalau kamu mau seling antara pakan pelet dengan pakan hidup semisal cacing darah beku. nah itu bagus untuk pertumbuhan ikan mas koki karena admin juga menggunakannya dan terbukti lebih efektif dalam membesarkan ikan mas koki.

Buat kamu yang mau menambahkan soal MIX pelet ikan mas koki kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. salah admin iwakbuncit.com

Apakah Diperbolehkan Mencampur Pelet Ikan Mas Koki Merek? Apa Dampaknya untuk Para Buncit?