Apa Jadinya Ikan Synodontis Dewasa Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Sejahil Ikan Sapu Jagat?

Ikan Synodontis di dalam aquarium ikan mas koki masih terlihat jarang, karena memang ikan Synodontis ini lebih sering dipelihara bareng ikan mas koki di dalam kolam. Namun karena rasa penasaran, admin coba untuk memeliharanya ke dalam aquarium dan ingin tahu bagaimana perilaku dari ikan Synodontis ini, apakah benar bisa membersihkan lumut yang ada di dalam aquarium atau malah jahil seperti ikan sapu jagat yang suka menempel di badan ikan mas koki? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa Jadinya Ikan Synodontis Dewasa Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Sejahil Ikan Sapu Jagat?


kalau ditanya ikan sapu jagat, pasti kalian sudah pada tahu dengan ikan pemakan lumut satu ini. Namun kalau disebut ikan Synodontis apakah ada yang tahu? Buat kamu yang sudah lama jadi Subscriber channel Iwak Buncit pasti sudah pada tahu dengan ikan Synodontis, karena jauh sebelumnya admin sudah pernah upload video untuk unboxing ikan satu ini. Namun pada saat itu ikan Synodontis ini masih kecil, berukuran setengah kelingking saja dan itu juga si ikan Synodontis lebih suka hidup di dalam chamber pompa, yang mana chamber pompa itu tidak ada lampunya sama sekali alis gelap total.

Setelah sekian lama admin pelihara di chamber pompa tersebut, lama-kelamaan ikan Synodontis ini masuk sendiri ke dalam aquarium dan ikut ngumpul dengan ikan mas koki yang lain. Sejauh yang admin amati ketika masih di dalam chamber pompa, ikan Synodontis ini terbukti berhasil membersihkan kotoran, lendir yang biasanya menempel di body pompa celup. Sehingga selama ikan Synodontis ini ada di dalam chamber, admin sudah tidak pernah membersihkan pompa celup lagi. Namun apa jadinya jika ikan Synodontis ini digabungkan dengan sekawanan ikan mas koki?

Karena dari segi tampilan ikan Synodontis ini mirip ikan sapu-sapu namun punya sungut mirip ikan lele. Kita ketahui bersama ikan sapu-sapu atau ikan sapu jagat itu cukup jahil pada ikan mas koki. Terkadang ikan sapu jagat mengejar dan menempel di badan ikan mas koki, mereka tertarik dengan lendirnya. Belum lagi jika yang dikejar itu adalah ikan mas koki berukuran kecil dan yang mengejar adalah ikan sapu jagat besar. Terkadang mata ikan mas koki bisa hilang atau badannya bisa merah-merah. Lantas bagaimana dengan Ikan Synodontis, apakah juga berperilaku demikian?

Sejauh pengamatan admin setelah ikan Synodontis ini masuk ke dalam aquarium ikan mas koki, sudah tidak lagi di dalam chamber pompa, perilaku ikan Synodontis nampak lebih pemalu, lebih suka bersembunyi di balik Kaldness K1 Qanvee yang sudah pernah admin review:



Apalagi di aquarium ikan mas koki itu ada lampu LED Celup yang sering menyala. Admin kurang tahu pasti kenapa ikan Synodontis lebih suka bersembunyi. Apa karena selama ini tinggal di chamber pompa yang tidak ada lampunya sehingga tidak terbiasa/terkejut atau memang karakter dari ikan Synodontis yang pemalu. Akan tetapi dari beberapa komentar di video tersebut didapati bahwa perilaku ikan Synodontis memang pemalu dan lebih suka bersembunyi.

Namun begitu jika malam tiba atau setiba kita menyalakan lampu, maka kamu bisa lihat jika ikan Synodontis ini sebenarnya cukup jahil, beberapa kali ketangkap basah ikan Synodontis coba mengejar dan menempel pada badan ikan mas koki, walaupun memang setelah itu ikan Synodontis akan bersembunyi kembali dibalik Kaldness K1 Qanvee. Gambaran jelasnya bisa kamu simak pada video berikut:



Ditambah berdasarkan apa yang admin amati, ikan Synodontis tidak begitu lihai dalam membasmi lumut yang ada di dalam aquarium ikan mas koki. walaupun memang sebagian kecil lumut dimakan, hanya saja ikan Synodontis lebih cenderung untuk memakan lumut yang berada di tempat dia sembunyi saja. Selebihnya masih banyak lumut yang melekat di dinding dan dasar aquarium.

Jadi, buat kamu yang pelihara ikan Synodontis dengan tujuan untuk menghilangkan lumut sebaiknya urungkan, karena ikan Synodontis kurang efektif kecuali jika ingin membersihkan semacam lendir yang menempel pada peralatan aquarium semisal pompa celup. Karena Kaldness K1 Qanvee admin dibuat bersih oleh ikan Synodontis ini. Nah buat kamu yang ingin berbagi pengalaman soal ikan Synodontis ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Apa Jadinya Ikan Synodontis Dewasa Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Sejahil Ikan Sapu Jagat?