Review Filter Kaus Kaki di Aquarium Ikan Mas Koki: Seberapa Efektif Menyaring Kotoran Halus dan Kasar?

Setelah jaring nelayan, kali ini admin akan coba mereview salah satu wujud dari filter mekanik untuk aquarium ikan mas koki yaitu kaos kaki. Yup, kamu sedang tidak salah baca, benar kaos kaki yang biasa digunakan untuk melindungi kaki atau sebagai atribut wajib anak sekolah. Ternyata kaos kaki juga bisa digunakan sebagai filter mekanik, penyaring kotoran halus dan kasar pada sebuah aquarium ikan mas koki. Guna lebih lengkapnya bisa kamu siak reviewnya berikut.

Review Filter Kaus Kaki di Aquarium Ikan Mas Koki: Seberapa Efektif Menyaring Kotoran Halus dan Kasar?


Coba diingat-ingat lagi, selama memelihara ikan mas koki mulai dari awal hingga saat ini sudah berapa banyak jumlah filter mekanik yang sudah kamu habiskan untuk menyaring kotoran ikan mas koki? Ada lebih dari sepuluh, dua puluh atau bahkan sudah ratusan filter mekanik yang digunakan? Admin Iwak buncit sendiri sudah tidak terhitung lagi jumlah filter mekanik yang digunakan. Sudah ada puluhan plastik dakron atau mirip kapas putih itu yang berakhir di tempat sampah.

Harga dari filter mekanik seperti dakron putih itu sendiri sebenarnya tidaklah mahal. Di tempat admin satu bungkus filter mekanik dijual sekitar Rp 5000,- sampai Rp 10.000,- dan isinya bisa maksimal 2 lembar. 2 Lembar ini sendiri bisa digunakan lebih dari 1 minggu dan kalau kamu rajin orangnya bisa digunakan beberapa kali dengan cara dicuci. Namun begitu pada akhirnya filter mekanik dakron putih ini akan dibuang juga karena tingkat efektifnya terus berkurang.

Penggunaan kaos kaki sebagai filter mekanik pengganti filter dakron putih sendiri baru-baru ini admin gunakan, walaupun sebenarnya ide menggunakan kaos kaki ini sudah lama sekali admin ingin coba, hanya karena keterbatasan waktu sehingga baru digunakan saat ini. Admin sendiri menggunakan kaos kaki berwarna hitam ukuran standar anak SMA sebagai filter mekanik, harga kaos kaki Rp 10.000,- ketika admin beli. Karena kaos kaki, jadi tidak hanya mendapatkan satu tapi sepasang kaos kaki, yang mana bisa digunakan pada 2 aquarium atau bisa juga digunakan secara bergantian.

Pengaplikasian Filter kaos kaki ini sendiri admin gunakan pada box filter talang 2 tingkat, namun tetap bisa kamu gunakan pada box filter talang biasa. Bilang pipa yang biasanya tempat keluar air bawaan box talang admin cabut, kemudian admin pasang pipa aquarium polosan kemudian admin ikat menggunakan kawat supaya filter kaos kaki tidak terlepas. Dikarenakan filter kaos kaki ini dipasang pada box filter, yang mana ruang box talang punya keterbatasan ukuran, walhasil admin hanya bisa menaruh filter kaos kaki saja tanpa ada filter mekanik tambahan.

Awalnya admin berencana ingin menambahkan filter mekanik lain semisal dakron, cuma setelah berjalan beberapa lama, filter kaos kaki ini mengembang atau menggembung dan tak jarang tutup talang ikut terangkat. Kalau sudah seperti ini jangankan filter mekanik lain, filter kaos kaki pun jadi tidak muat. Ini juga menjadi tanda kalau filter kaos kaki sudah wajib dibersihkan. Cara membersihkan filter kaos kaki ini sendiri sudah pernah admin post videonya berikut:



Sedangkan untuk video pengaplikasian filter kaos kaki pada aquarium ikan mas koki bisa kamu simak berikut:



Secara keseluruhan admin puas dengan filter kaos kaki ini karena sebagian besar kotoran ikan mas koki dapat tersaring dengan baik, belum lagi filter kaos kaki bisa digunakan berulang kali sehingga admin tidak perlu harus membeli filter mekanik lagi seperti yang terjadi selama ini pada filter busa putih dakron. Cukup sediakan waktu luang untuk membersihkannya saja maka filter kaos kaki sudah bisa digunakan.

Walau secara umum bisa menyaring kotoran ikan mas koki yang ada di dalam aquarium, namun kotoran-kotoran halus tetap bisa lewat atau tidak tersaring dan menumpuk di media biologi. Awalnya mungkin tidak terlalu nampak, cuma lama-kelamaan kotoran halus seperti debu ini akan banyak dan menumpuk juga di box filter. Solusinya kamu harus bersihkan media biologi yang ada di box talang tersebut.

Saran dari admin kamu bisa tambahkan filter mekanik lain sebagai alas filter kaos kaki dan juga ada usulan dari salah satu subscriber channel Iwak Buncit untuk melubangi kecil ujung dari kaos kaki supaya kaos kaki tidak menggembung. Itu saja review sederhana dari admin tentang pengalaman menggunakan filter kaos kaki pada aquarium ikan mas koki. Buat kamu yang mau juga berbagi pengalaman terkait penggunaan filter kaos kaki bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Review Filter Kaus Kaki di Aquarium Ikan Mas Koki: Seberapa Efektif Menyaring Kotoran Halus dan Kasar?