Pelihara Ikan Mas Koki, Lebih Baik Pakai Aerator atau Mushroom Air Mancur?

Kalau disuruh memilih antara Aerator dengan Mushroom, kamu bakal pilih mana? Mana yang lebih rekomendasi untuk aquarium ikan mas koki? Kenapa Pilih Aerator dan Kenapa Pilih Mushroom? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing dari keduanya? Buat kamu yang mungkin punya pertanyaan demikian bisa temukan jawabannya berikut.

Pilih Aerator atau Mushroom Air Mancur?


Admin yakin dari sekian banyak yang sudah memelihara ikan mas koki dari mulai dulu dan mungkin hingga saat ini pasti pernah menggunakan aerator, kenapa admin bisa tahu? Karena admin sendiri sedari awal memelihara ikan mas koki sudah terpatri, tertuju terdoktrin khusus untuk wajib menggunakan Aerator pada aquarium ikan mas koki supaya ikan mas koki bisa tetap hidup.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pemahaman tersebut hanya kurang tepat saja, mengingat mesin aerator sebenarnya bukan alat menyuplai oksigen namun lebih kepada membantu terjadinya pertukaran gas karbon dioksida yang ada di dalam air dengan oksigen yang ada di permukaan air. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Nah, setelah cukup lama admin memelihara ikan mas koki dan juga sering berkunjung ke beberapa farm, admin jadi tahu sebenarnya selain aerator, ada cara lain yang lebih efektif dan lebih cantik ketimbang menggunakan Aerator yaitu MUSHROOM atau biasa dikenal Air Mancur.

Karena cukup sering melihat Mushroom ini, jadilah admin untuk kepikiran membuatnya, akan tetapi model filtrasi yang admin gunakan saat itu adalah top filter menggunakan Box Talang Air, sedangkan sistem Mushroom menggunakan filter samping, back filter maupun Sump filter. Maka dari itu admin berinisiatif memasang filter samping di aquarium ikan mas koki, adapun caranya sebagai berikut:



Sedangkan cara pemasangan Mushroom di aquarium ikan mas koki sebagai berikut:



Buat kamu yang masih ingin tetap menggunakan box filter talang namun ingin menggunakan Mushroom bisa coba cara berikut:



Nah setelah berhasil menggunakan Mushroom dan sudah berjalan beberapa lama menggunakannya, admin jadi tahu setidaknya kelebihan dan kekurangannya serta kalau disuruh memilih apakah harus pakai aerator atau Mushroom untuk ikan mas koki?

Apabila admin dihadapkan pada pertanyaan tadi, admin dengan yakin akan merekomendasikan Mushroom untuk aquarium ikan mas koki karena beberapa kelebihan yang sulit ditemukan ketika kamu menggunakan aerator semisal efektivitasnya, efisiensinya yang hanya cukup menggunakan pompa celup saja yang biasanya juga digunakan untuk menyedot kotoran serta menyirkulasi air yang ada di dalam aquarium serta bisa sekaligus sebagai alat penyuplai oksigen.

Belum lagi gelembung udara yang dihasilkan oleh Mushroom jauh lebih halus dan lebih banyak dari pada menggunakan aerator (Micro Buble) membuat ikan mas koki jadi lebih lincah lebih aktif lebih sehat. Apalagi buat kamu yang selama ini jengkel dengan suara mesin aerator yang dengungannya itu mengganggu telinga.

Walau memang harus diakui, penggunaan Mushroom tidak sesederhana aerator yang cukup dengan menambatkan selang serta batu aerator ke dalam aquarium, sedangkan Mushroom harus dirangkai terlebih dahulu pemipaannya serta Head Mushroom yang biasanya dijual tersendiri sehingga penggunaan Mushroom jarang admin temui pada penghobi pemula. Ditambah dengan kalau kamu beli ikan mas koki di toko biasanya langsung disodori mesin aerator beserta box filter dan perlengkapan pendukung.

Penjelasan lanjutannya bisa kamu simak pada video berikut:



Admin harap buat kamu yang ingin serius kedepannya pelihara ikan mas koki dalam jangka panjang dan saat ini sedang mencari-cari info soal bagaimana cara memelihara ikan mas koki yang benar, ada baiknya langsung lompat menggunakan Mushroom karena Mushroom investasi jangka panjang. Sedangkan penggunaan aerator bisa diterapkan saat karantina ada ikan mas koki yang sakit. Sekian penjelasan admin kali ini, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pelihara Ikan Mas Koki, Lebih Baik Pakai Aerator atau Mushroom Air Mancur?