Manfaat Memlihara Ikan Cupang di dalam Aquarium Ikan Mas Koki: Benarkah Bisa Membasmi Cacing Putih Planaria?

Cacing Planaria atau biasa dikenal cacing putih pipih yang beterbangan halus serta sering menempel di kaca aquarium ikan hias seperti ikan mas koki adalah salah satu gangguan yang dialami oleh penghobi Iwak buncit. Biasanya cacing ini muncul sendiri entah dari mana dan kalau dibiarkan bisa mengganggu keindahan aquarium. Nah buat kamu yang punya masalah dengan cacing planaria ini bisa coba pelihara ikan cupang sebagai tankmate ikan mas koki, selain sebagai ikan perawangan ternyata ikan cupang juga dapat membasmi atau memakan cacing planaria ini. Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak langsung.

Apa Manfaatnya Memelihara Ikan Cupang di dalam Aquarium Ikan Mas Koki?  Benarkah Bisa Membasmi Cacing Putih Planaria?


Pembahasan kali ini masih berkaitan dengan postingan admin sebelumnya tentang penggabungan ikan cupang di aquarium ikan mas koki sebagai tankmate. Karena banyaknya jumlah ikan cupang yang admin miliki sehingga tidak memungkinkan untuk ditaruh di wadah khusus, apalagi admin sendiri memang tidak punya toples cupang, makanya admin taruh langsung saja di dalam aquarium ikan mas koki. Hitung-hitung jadi tidak harus mengganti air secara rutin untuk ikan cupang sendiri karena air yang ada di dalam aquarium ikan mas koki tersebut selalu tersirkulasi dan difiltrasi oleh media filter.

Berkaitan dengan ikan cupang tersebut, setelah admin coba lebih perhatikan lagi, ternyata ada satu manfaat lebih yang bisa admin jumpai setelah 1 mingguan yaitu jumlah, keberadaan dari cacing putih atau biasa disebut juga Planaria sudah sangat berkurangnya, bahkan sangat sulit untuk bisa dijumpai cacing planaria di aquarium ikan mas koki admin. Padahal sebelumnya cacing planaria ini bisa dengan mudah terlihat menempel di dinding aquarium dan juga terkadang beterbangan di dalam air.

Memang cacing planaria ini tidaklah berbahaya untuk ikan mas koki sejauh yang admin tahu, namun karena perkembangbiakannya yang begitu cepat membuat tampilan dari aquarium ikan mas koki menjadi berkurang lantaran banyaknya cacing planaria yang beterbangan dan menempel di kaca tadi. Walau setiap penggantian air, cacing planaria ini juga akan ikut terbuang.

Pembahasan detail soal cacing planaria yang ada di dalam aquarium ikan mas koki sendiri sudah pernah admin post pada video berikut:



Namun dengan adanya kehadiran dari sekumpulan ikan cupang ini membuat jumlah cacing planaria berkurang drastis. Pantesan saja akhir-akhir ini air aquarium ikan mas koki admin tambah lebih bening dan bersih, ternyata cacing planarianya sudah pada hilang.

Jadi buat kamu yang punya masalah dengan cacing planaria bisa coba untuk memelihara atau menjadikan ikan cupang sebagai tankmate dari ikan mas koki. Akan tetapi memang harus memperhatikan beberapa hal supaya ikan cupang bisa beradaptasi dengan baik, syarat-syaratnya bisa kamu tonton videonya berikut:


Sekian berbagi pengalaman admin kali ini, buat kamu yang punya pengalaman serupa bisa berbagi di kolom komentar kira-kira ikan hias apalagi yang bisa menghilangkan cacing planaria di aquarium ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Manfaat Memlihara Ikan Cupang di dalam Aquarium Ikan Mas Koki: Benarkah Bisa Membasmi Cacing Putih Planaria?