Apa Jadinya Jika Ikan Cupang Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Cocok, Akur atau Justru Berkelahi?

Buat yang sudah nonton video review tanaman Frogbit di aquarium ikan mas koki pasti menyadari kalau di dalam aquarium tersebut juga terdapat Ikan Cupang, Ikan Betta, atau Iwak Tempalo. Karena banyak yang bertanya, makanya kali ini admin akan coba berbagi pengalaman memelihara ikan cupang bersama ikan mas koki. Selengkapnya bisa kamu simak berikut.

Apa Jadinya Jika Ikan Cupang Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Cocok, Akur atau Justru Berkelahi?


Lazimnya tankmate ikan mas koki adalah Ikan Manfish atau ikan layang-layang, sebagaimana yang sudah pernah admin post videonya berikut:



Karena memang salah satu fungsi dari ikan Manfish ketika dipasangkan dengan ikan mas koki adalah sebagai pembasmi kutu, semisal kutu jarum maupun kutu bulat dan memang cukup berhasil dalam membasmi kedua jenis kutu tadi. Kalau kamu perhatikan juga ikan Manfish sering terlihat di aquarium ikan mas koki. Selain sebagai pembasmi kutu juga sebagai ikan pemercantik aquarium. Gerak perilaku ikan layang-layang yang tenang dengan sirip serta janggut panjangnya memberikan kesan anggun. Namun Apa jadinya jika ikan tankmate tersebut adalah ikan cupang atau Ikan Betta?

Baru-baru ini admin coba memasukkan beberapa ekor ikan cupang ke dalam aquarium ikan mas koki. Niat awalnya supaya tidak repot harus sediakan wadah khusus untuk para ikan cupang, terlebih ikan cupang itu modelnya teritorial sehingga kalau tidak dipisah bakal berkelahi. Pelihara cupang di aquarium ikan mas koki juga awalnya keran anak admin suka dengan ikan aduan satu ini, apalagi ditambah ada petani ikan cupang di dekat rumah. Jadilah admin bisa dapat banyak ikan cupang dengan harga murah plus sekarang harga ikan cupang sudah sangat turun.

Oh ya, buat kamu yang belum begitu paham soal arti dari ikan tankmate ialah ikan perawangan. Umumnya ikan mas koki tidak dipelihara hanya 1 jenis saja dengan sesama koki, melainkan dengan ikan hias jenis lain. Kembali lagi ke bahasan. Jadi selama memelihara ikan cupang di dalam aquarium ikan mas koki ini, admin mendapatkan beberapa kesimpulan yang bisa ditarik tentang perilaku ikan cupang dan apakah ikan cupang ini cocok ditaruh bersama ikan mas koki dalam satu aquarium.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan admin, ikan cupang apalagi kalau hanya satu bakal kurang aktif atau cenderung tidak aktif. Terlebih untuk ikan cupang ekor panjang merumbai itu rawan reges atau hancur ekornya. Entah itu karena kejahilan dari ikan mas koki atau lain hal. Kemudian walaupun ikan cupang sudah dimasukkan banyak, semisal ada beberapa ikan cupang di dalam aquarium ikan mas koki tersebut, mereka lebih suka berenang di pojokan.

Kalau admin perhatikan sih karena merasa terganggu atau terancam dengan keberadaan ikan mas koki, mengingat ukuran ikan mas koki beberapa kali lipat lebih besar dari ikan cupang. Ibarat perbandingan antara seorang penyelam dengan kapal selam. Jadi beda ukuran, terlebih jika kamu memelihara ikan mas koki ukuran jumbo. Belum lagi arus air yang sepertinya tidak disukai oleh ikan cupang. Padahal arus air atau Water flow ini sangat disukai oleh aquarium ikan mas koki.

Tujuannya untuk membuat kotoran ikan mas koki yang berserakan bisa dengan cepat dan mudah tersedot pompa. Namun lain hal bagi ikan cupang yang justru nampak cukup kesulitan berenang karena terhalang arus air tersebut. Solusinya bisa kamu tambahkan pipa L ke Output box talang supaya tidak ada arus air namun ini justru menurunkan efektivitas pompa dalam menyedot kotoran.

Soal makan juga ikan cupang terlihat cukup kesulitan untuk mengambil makanan yang kita berikan, apalagi kalau ukuran pakan tersebut lebih besar dari lebar mulut ikan cupang, sekalipun ukuran pakan tersebut sudah paling kecil untuk ikan mas koki, namun bisa diakali dengan cara menghaluskan pakan pelet tersebut sehingga lebih mudah untuk dimakan ikan cupang. Sedangkan untuk jenis makanan sih tidak repot, karena ikan cupang juga memakan makan yang dimakan oleh ikan mas koki.

Hanya saja ikan cupang tidak berani mendekat ketika makanan dilemparkan, karena keburu ikan mas koki yang menyambarnya. Jadi tinggal pintar-pintar saja dalam memberikan. Penjelasan tentang ikan cupang sebagai tankmate ikan mas koki bisa kamu simak pada video berikut:



Saran dari admin untuk tidak memelihara atau memasukkan ikan cupang ukuran kecil ke dalam aquarium ikan mas koki, mengingat ikan mas koki itu pemakan segala alias Omnivora, riskan sekali untuk tertelan atau dimakan ikan cupang tersebut oleh ikan mas koki. Selain itu juga karena ikan cupang sifatnya teritorial, maka potensi untuk saling berkelahi dan mati sangat besar, jadi sesuaikan jumlah ikan cupang dengan besarnya aquarium.

Setidaknya itulah hasil pengamatan admin selama memelihara ikan cupang di dalam aquarium ikan mas koki, sedikit banyak mungkin saja ada perbedaan ketika kamu yang memeliharanya namun gambaran umumnya seperti itu. Buat kamu yang punya pengalaman serupa tentang bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apa Jadinya Jika Ikan Cupang Disatukan dengan Ikan Mas Koki? Cocok, Akur atau Justru Berkelahi?