Warna Hitam pada Ikan Mas Kokimu Sering Luntur? Berubah Jadi Kuning? Coba 3 Tips Manjur Ini

Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami dimana warna hitam pada ikan mas koki perlahan luntur entah itu berubah jadi warna kuning atau warna lain. Intinya ketika kamu beli warna hitam pada badan ikan mas koki tersebut dominan hitam, cuma lama-kelamaan dipelihara jadi warna kuning. Nah, jika itu yang sedang kamu hadapi, semoga Tips pada video berikut bisa bermanfaat karena admin akan coba bongkar rahasia admin Iwak buncit mempertahankan warna hitam pada badan ikan mas koki.

Warna Hitam pada Ikan Mas Kokimu Sering Luntur? Berubah Jadi Kuning? Coba 3 Tips Manjur Ini

Punya Ikan Mas Koki berwarna hitam pekat adalah salah satu dari sekian banyak impian dari penghobi ikan mas koki, apalagi buat yang sudah cukup banyak pelihara ikan mas koki warna RW, Gold atau warna selain hitam. Terlebih ketika admin batu pertama kali memelihara ikan mas koki juga mengincar dan wajib punya ikan mas koki berwarna hitam. Entah itu hitam total atau black solid, Calico, maupun Panda. Akan tetapi makin ke sini, kok jadi makin pudar ya warna hitamnya? Kenapa bisa seperti itu? Apa yang salah dengan ikan mas koki tersebut?

Sebenarnya tidak ada yang salah, itu normal dan hampir dialami oleh semua ikan mas koki. Namanya MUTASI, jadi ikan mas koki itu selama masa hidupnya akan mengalami MUTASI warna, yang mana mutasi warna ini dipengaruhi banyak faktor. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika ikan mas koki yang kamu beli dari penjual, entah itu belinya di toko ikan hias, ke sesama penghobi maupun beli di pasar ikan hias akan terjadi perubahan warna.

Namun begitu mutasi warna bisa dibatasi dengan memberikan beberapa perlakukan, khususnya untuk ikan mas koki yang berwarna hitam supaya warna hitamnya tidak cepat luntur atau warna hitamnya tidak semuanya pudar. Adapun beberapa perlakukan tersebut sebagai berikut:



Hindari Makanan Berpewarna
Paling pertama yang admin coba terapkan adalah untuk tidak menggunakan makanan berpewarna, maksudnya gimana? Pakan berupa pelet bungkusan yang biasanya kamu beli biasanya sudah diberi pewarna salah satunya adalah pelet yang mengandung Spirulina. Biasanya zat Spirulina ini ditemukan pada pelet yang ada embel-embel Color Enhancing walau di pelet-pelet tanpa embel-embel tadi juga ada namun tidak sepekat Pelet Color Enhancing.

Kalau admin lebih suka pakai pelet yang model Growth, walau ada spirulina nya, namun biasanya kadar lebih rendah. Lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan pakat alami semisal cacing beku, ikan juga jadi jauh lebih cepat besarnya.

Stabilkan PH Air
Ini yang satu ini admin masih terbilang awam, akan tetapi yang admin lakukan untuk bisa membuat PH air pada ikan mas koki berada di atas 7.5 karena ikan mas koki nyaman hidup di kadar PH tersebut, selain itu PH yang rendah membuat ikan mas koki sakit semisal muncul ruam merah di badannya. Cara untuk menaikkan PH sebenarnya ada banyak. Semisal menggunakan Soda kue yang pernah admin post videonya berikut:



Atau bisa juga dengan menggunakan bantuan media filter karang jahe, cara ini jauh lebih aman dan tidak perlu di cek secara berkala PH airnya:



Terpapar Sinar Matahari
Coba kamu perhatikan, hampir semua petani atau penghobi ikan mas koki menaruh tank atau Aquarium mereka di bawah sinar matahari. Entah itu secara langsung terpapar maupun tidak langsung semisal di bawah atap transparan. Nah ternyata dengan terpaparnya sinar matahari, warna ikan mas koki akan nampak cerah, misal kalau warna merah jadi merah cerah pekat, untuk warna hitam juga jadi lebih solid dan warna Calico jadi lebih terjaga, termasuk warna panda.

Penjelasan soal cara menjaga warna hitam pada ikan mas koki juga bisa kamu tonton pada video berikut:



Sejauh ini apa yang sudah admin bagikan tipsnya di atas bekerja dengan baik. Ikan-ikan mas koki admin yang punya warna hitam jadi lebih terjaga, kalaupun memang mutasi warna hitamnya tidak semuanya ujuk-ujuk hilang. Rasa kecewa karena warna hitam juga sudah jarang admin temui kecuali gen warna hitam dari ikan mas koki tersebut lemah.

Setidaknya itu berdasarkan pengalaman admin, buat kamu yang punya tambahan atau mau berbagi pengalaman juga soal cara menjaga warna hitam pada ikan mas koki supaya tidak cepat pudar bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Warna Hitam pada Ikan Mas Kokimu Sering Luntur? Berubah Jadi Kuning? Coba 3 Tips Manjur Ini