Solusi untuk Sumbat Mushroom Air Mancur Aquarium Ikan Mas Koki yang Sering Terlempar Keluar Akibat Mampet

Salah satu hal yang menyebalkan dari Mushroom air mancur yang terdapat pada Aquarium ikan mas koki adalah sumbat yang ada di Head Mushroom sering terlempar keluar. Penyebabnya tidak lain karena sumbat japmat tersebut sudah kotor sehingga air yang melaluinya tersumbat dan mendorong sumbat japmat keluar dari Head Mushroom. Sekali dua kali mungkin tidak jadi masalah, namun kalau sering terjadi, bakal jadi pekerjaan tersendiri. Oleh karena itu di bahasan kali ini admin akan coba bagikan cara mudah nan sederhana supaya sumbat japmat tersebut tidak mudah keluar. Lengkapnya bisa kamu simak berikut.

Cara Membuat Sumbat Mushroom Air Mancur Ikan Mas Koki Tidak Mudah Terlempar Karena Mampet


Pasang Mushroom atau air mancur di Aquarium ikan mas koki adalah suatu impian dari hampir semua penghobi Iwak buncit, salah satunya admin yang sedari lama ingin pasang Mushroom, hanya saja terkendala model filter yang masih admin gunakan yaitu top filter atau box talang. Namun setelah admin coba ganti, admin modifikasi Aquarium 120 cm admin menggunakan filter samping. Barulah Mushroom air mancur bisa dipasangkan ke Aquarium tersebut. Untuk tata cara pemasangan atau modifikasi filter samping pada Aquarium 120 cm bisa kamu simak berikut:



Setelah terpasang, tentu admin sangat menyukainya, terlebih dengan Mushroom air mancur tersebut admin tidak perlu lagi menggunakan aerator yang biasanya wajib ada di Aquarium ikan mas koki karena sudah digantikan dengan Micro Buble halus nan super banyak yang dihasilkan oleh kucuran air Mushroom. Belum lagi suara Mushroom jauh lebih enak didengar dari pada suara getaran mesin aerator.

Kalau ditanya apakah ada kendala atau kekurangan dari penggunaan Mushroom? Namanya buatan manusia, tentu ada kendalanya dan kendala ini bisa dibilang yang paling bikin kesal bikin stress selama menggunakan Mushroom di Aquarium ikan mas koki. Kendala apa itu? Sederhana yaitu sumbat Head Mushroom yang sering kali terlepas. Yup, kamu sedang tidak salah baca, sumbat pada Head atau kepala Mushroom itu sering terlepas.

Namanya Mushroom atau air mancur pada sistem pemipaannya, tepat pada kuaran air yang bersumber dari pompa bakal dipasang Head Mushroom yang biasanya berbentuk topi dengan bolongan atau lubang besar di tengahnya. Air yang dipompa tadi nantinya akan keluar dari lubang Head Mushroom ini. Apabila tidak dilakukan penyumbatan maka air yang keluar tidak akan rapi tidak akan bagus dilihatnya, belum lagi air Mushroom akan menyembur tidak teratur. Oleh karena itu penambahan sumbat pada Head Mushroom sangat disarankan.

Umumnya sumbat Head Mushroom yang digunakan adalah Japmat atau filter Japmat yang sudah dibentuk lingkaran dengan ketebalan tertentu. Japmat sendiri sebenarnya filter mekanik yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran kasar. Akan tetapi karena digunakan terus menerus serta mendapatkan tekanan air dari dorongan mesin pompa, membuat kotoran ikan mas koki yang berada di filter samping menempel dan menyumbat filter japmat tersebut. Walhasil dalam 2 hingga 4 hari saja filter japmat tadi sudah terlempar atau lepas dari Head Mushroom.

Kalau cuma 1 atau 2 kali saja sebenarnya tidak masalah, cuma ini bakal sering kejadian dan ini yang membuat admin sebagai pengguna Mushroom air mancur di Aquarium ikan mas koki kesal. Setelah melakukan beberapa percobaan, Alhamdulillah admin berhasil mendapatkan solusi supaya sumbat Mushroom tadi tidak mudah terlempar sekalipun sudah banyak kotoran ikan mas koki menumpuk di dalamnya. Adapun caranya sebagai berikut:

Caranya:
1. Siapkan 2 batang lidi bambu bersih atau kalau bingung bisa coba gunakan tusuk sate
2. Pilih lidi bambu tadi yang cukup tebal kemudian potong dengan panjang yang sama
3. Untuk panjang dari lidi bambu sendiri kamu sesuaikan dengan diameter dari Head Mushroom yang digunakan
4. Kemudian pasang salah satu lidi bambu tadi melintang di dalam Head Mushroom dan lalukan pada lidi bambu satunya lagi sehingga membentuk tanda + (plus)
5. Pastikan untuk setiap lidi bambu terpasang kencang dan posisi sumbat Mushroom tepat di bawah lidi bambu yang mengunci tadi

Apabila masih bingung caranya bisa kamu simak pada video berikut:



Setelah lebih dari 2 bulan dan hingga admin menulis artikel ini, sumbat Mushroom admin sudah tidak lagi terlempar keluar. Bahkan lebih sering admin yang melepasnya sendiri untuk pembersihan rutin. Tidak ada lagi dibikin repot karena harus rutin memasukkan kembali sumbat Mushroom tersebut.

Jadi buat kamu yang menemukan masalah soal sumbat Mushroom yang sering terlempar ke luar gegara banyak kotoran ikan mas koki yang menumpuk bisa coba Tips admin ini atau buat kamu yang punya cara lain lebih mudah lebih sederhana bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Solusi untuk Sumbat Mushroom Air Mancur Aquarium Ikan Mas Koki yang Sering Terlempar Keluar Akibat Mampet