Mushroom Ikan Mas Koki Sering Kuncup dan Tidak Mau Mekar? Kenali 5 Faktor Penyebabnya

Masih berlanjut soal bahasan Mushroom air mancur pada Aquarium ikan mas koki, kali ini admin akan coba bahas beberapa penyebab mengapa kembang Mushroom tidak mekar sempurna atau lebih cenderung menguncup beserta tata cara memperbaiki Mushroom yang menguncup tadi. Apa yang admin coba jelaskan ini berdasarkan pengalaman selama memelihara ikan mas koki khususnya ketika menggunakan Mushroom di Aquarium berfilter samping. Silahkan disimak berikut😉

Mushroom Ikan Mas Koki Sering Kuncup dan Tidak Mau Mekar? Kenali 5 Faktor Penyebabnya

Pertama-tama admin mengucapkan selamat datang dulu kepada kamu yang sengaja menyempatkan waktu untuk mampir ke website Iwak Buncit ini. Mampirnya kamu ke sini tidak lain tidak bukan gegara Mushroom air mancur yang sudah kamu setting tidak mekar sempurna atau lebih cenderung menguncup 🤭. Kenapa admin bisa tahu, karena admin juga pas awal-apa setting Mushroom di filter box talang pernah mengalami hal serupa, buat kamu yang mau coba bikin Mushroom dari sistem box talang air bisa coba cara berikut:



Nah, berbekal dari pengalaman tersebut, akhirnya admin mendapatkan beberapa point yang membuat kenapa kembang Mushroom air mancur pada ikan mas koki bisa kuncup sekaligus cara memperbaikinya. Walau sebenarnya di percobaan admin selanjutnya atau lebih tepatnya ketika memasang Mushroom di Aquarium berfilter samping yang pernah admin post berikut:



Sudah yakin betul bahwa Mushroom tersebut bakal mekar sempurna, akan tetapi mungkin buat kamu yang baru saja pasang filter samping, filter belakang maupun Sump mengalami kesulitan untuk memekarkan kembang Mushroom, makanya sengaja admin buatkan cara mengatasinya ini. Okey, setidaknya ada 5 poin penting atau penyebab kenapa kembang Mushroom air mancur pada Aquarium ikan mas koki tidak mengembang, antara lain:

1. Daya Pompa Kurang
Hal pertama yang admin sadari ketika pertama kali menggunakan Mushroom adalah kekuatan pompa, tepatnya ketika admin coba memasang Mushroom menggunakan sistem top filter box talang, dimana hanya mengandalkan dorongan air dari kucuran box talang. Belajar dari pengalaman tersebut, ketika admin coba membangun sistem Mushroom lagi di Aquarium berfilter samping, admin langsung pilih pompa celup berdaya besar.

Pada saat itu ada beberapa pilihan daya pompa, dengan berbagai pertimbangan admin coba ambil pompa berdaya 4500 Liter/jam dari Sunsun yang pernah admin review:



Walau sebenarnya di bawah seri ini ada yang 3600 Liter/jam dan 3000 Liter/ jam, namun admin lebih memilih seri tertingginya. Ini penting supaya ketika kembang Mushroom kekurangan daya sembur, admin tidak perlu melakukan penggantian pompa. Cukup hanya dengan memutar knop maka daya hisap dan semburan pompa bisa diatur mau besar ataupun kecil. Oleh karena itu admin sarankan untuk memilih pompa yang di atas standar supaya tidak keluar uang lagi. Saran dari admin minimal pompa 3000 Liter/jam jika ingin menggunakan Mushroom yang kembangnya mekar sempurna. tentu akan lebih bagus lagi jika daya pompa lebih besar.

2. Masalah Pemilihan Diameter Pipa atau Pemipaan
Pemilihan diameter pipa juga tidak kalah penting yang masih berkaitan dengan daya pompa celup. Alih-alih memilih pipa diameter besar, justru Mushroom kamu kuncup atau alih-alih supaya terlihat minimalis, kamu menggunakan pipa berdiameter kecil padahal pompa celup berdaya besar, sehingga membuat pompa bekerja keras menahan dorongan balik air. Kejadian seperti ini pernah terjadi ketika admin coba mereview pompa celup JQP 2500 dari Sunsun:



Saran dari admin untuk menggunakan pemipaan yang pas dan selaras dengan pompa celupnya. Contoh admin yang menggunakan Pompa celup berdaya 4500 Liter Per jam, maka disarankan pompa berdiameter besar setidaknya 1 1/2 inchi, begitu juga kalau kamu menggunakan pompa berdaya kecil maka gunakan pipa berdiameter kecil. Berikut adalah panduan cara pemasangan pemipaan untuk Mushroom di Aquarium ikan mas koki berfilter samping:



3. Peletakan Tower Head Mushroom Kurang Simetris
Terlihat sepele namun juga sangat menentukan kembang Mushroom kamu mengembang sempurna atau tidak. Kesempurnaan Mushroom dapat dilihat apakah lingkaran dari kembang Mushroom itu benar-benar berada di tengah. apabila lingkaran kembang Mushroom condong ke arah tertentu, dapat dipastikan karena Tower Mushroom kurang simetris. Oh ya, buat kamu yang belu, tahu apa itu Tower Mushroom yaitu pipa berdiri yang menjulang ke atas dimana pada bagian ujungnya terdapat Head Mushroom.

Ketidaksimetrisan Tower Mushroom bisa menjadi salah satu penyebab kembang Mushroom kamu kuncup tidak mekar sempurna. Admin sarankan untuk memperhatikan secara seksama Tower Head Mushroom guna mendapatkan kembang Mushroom yang sempurna.

Sedangkan untuk 2 faktor lain bisa kamu simak secara lengkap pada video berikut:



Setidaknya itulah 5 faktor penyebab kenapa kembang Mushroom pada Aquarium ikan mas kokimu tidak mekar sempurna atau malah kuncup. Semoga apa yang sudah admin bagikan ini bermanfaat. Misalkan masih bingung coba-coba untuk bertanya juga ke penghobi yang sudah lama pasang Mushroom biar bisa lihat secara jelas sistem pemipaannya. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Mushroom Ikan Mas Koki Sering Kuncup dan Tidak Mau Mekar? Kenali 5 Faktor Penyebabnya