Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Putih Transparan Menjuntai? Coba Terapi Sayuran Kacang Panjang Ini

Jika salah seekor ikan mas koki kamu mengeluarkan kotoran panjang berwarna putih transparan yang sulit putus, jangan dibiarkan saja. Bisa jadi ikan mas koki kamu tersebut sedang mengalami sembelit. Segera lakukan pengobatan dengan cara memberikan makanan berserat seperti kacang sayur panjang yang admin cobakan ini.

Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Putih Transparan Menjuntai? Coba Terapi Sayuran Kacang Panjang Ini


Seperti manusia yang pernah sembelit, hewan seperti ikan mas koki juga bisa sembelit. Biasanya dan paling mudah untuk diamati adalah munculnya kotoran berwarna putih menjuntai panjang tanpa putus yang keluar dari anus ikan. Warnya sendiri terkadang putih susu ataupun bisa berwarna transparan. Kalau sudah muncul kotoran putih transparan ini dari ikan mas koki kesayanganmu, ada baiknya untuk segera waspada dan segera mengambil tindakan pengobatan. Karena kalau terus dibiarkan bisa membuat ikan mas koki sakit, malas makan serta condong untuk berenang di pojokan saja. Lebih lanjut bisa menyebabkan kematian

Pembahasan soal ikan mas koki yang terkena sembelit atau gangguan pencernaan sebenarnya sudah pernah admin bahas dalam postingan khusus di sini atau juga bisa kamu tonton videonya berikut:


Hanya saja cara tersebut lebih kepada ikan mas koki yang sudah terkena parah sembelitnya. Sebagaimana kita ketahui lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka dari itu pertolongan awal lebih baik dari pada pengobatan di akhir-akhir.

Cara paling mudah untuk mengobati penyakit sembelit pada ikan mas koki adalah dengan pemberian sayur-sayuran atau juga bisa berupa kacang-kacangan. Paling umum adalah dengan memberikan kacang polong, hanya saja di tempat admin cukup sulit untuk mendapatkan kacang polong, maka dari itu admin coba cari penggantinya yaitu Kacang Panjang.

Yup, salah satu sayuran yang lebih sering dijadikan lalapan maupun sayur tumis ini ternyata juga tidak hanya digemari manusia, tetapi juga bisa bermanfaat untuk ikan mas koki, khususnya ketika sudah diolah dan diberikan ke ikan mas koki yang terkendala gangguan pencernaan. Proses penyembuhannya juga terbilang cukup cepat. Admin bisanya kasih 3 hari secara perturut-turut sudah bisa bikin ikan mas koki yang berak kotoran putih transparan panjang tadi berhenti dan berubah menjadi kotoran biasa.
Adapun untuk panduan dan caranya bisa kamu simak pada video berikut:



Pada video di atas sudah admin buatkan panduan cara step by stepnya termasuk cara mengolahnya supaya ikan mas koki mau memakan sayuran kacang panjang ini. Karena kalau tidak diolah, ikan mas koki kesulitan untuk memakannya. Secara sayur kacang panjang terbilang keras untuk kategori manusia, apalagi ikan mas koki yang tidak punya gigi depan.

Pastikan saja selama pengobatan atau pemberian sayur kacang panjang tersebut, ikan mas koki dipuasakan terlebih dahulu supaya mau memakannya karena biasanya mereka akan terkejut dengan jenis pakan baru. Selain itu kamu tidak perlu memisahkan ikan mas koki yang terkena sembelit tadi secara khusus di wadah karantina, cukup langsung kasihkan sayur kacang panjang tadi ke dalam Aquarium utama. Berikan secukupnya yang mana sekali makan kacang panjang tadi langsung habis supaya tidak menyisakan remah di Aquarium.

Itulah dia pengalaman admin dalam mengobati penyakit sembelit atau gangguan pencernaan pada ikan mas koki. Buat kamu yang mau berbagi pengalaman juga soal bahasan ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan postingan ini dan jangan lupa untuk Subscribe channel Iwak Buncit supaya bisa terus dapat update terbaru soal merawat ikan mas koki lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar