Kenali Penyakit Sisik Nanas Pada Ikan Mas Koki Sedari Dini: Siapa Tahu Masih Bisa Tertolong

Siknas atau sisik nanas, biasa juga dikenal dengan nama Dropsy ataupun kembang nanas adalah salah satu dari sekian banyak penyakit ikan mas koki yang dianggap paling berbahaya. Jika penyakit Dropsy ini sudah menjangkit ikan mas kokimu, besar kemungkinan sulit untuk disembuhkan. Namun sebenarnya penyakit Siknas ini bisa dideteksi sedari awal sehingga pertolongan penyembuhan besar kemungkinan berhasil ditangani. Selengkapnya bisa kamu simak berikut.

Kenali Penyakit Sisik Nanas Pada Ikan Mas Koki Sedari Dini: Siapa Tahu Masih Bisa Tertolong

Penyakit Siknas atau biasa disebut Sisik Nanas (Dropsy) adalah penyakit yang sangat tidak diinginkan oleh setiap penghobi ikan hias, termasuk di dalamnya ikan mas koki. Kalau sudah terkena penyakit sisik nanas ini, besar kemungkinan ikan mas koki mati. Karena sejauh yang admin alami selama memelihara ikan mas koki, ketika terkena penyakit Dropsy bakal ikan mati. Namun begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk selamat dari penyakit sisik nanas. Setidaknya ada satu ekor ikan mas koki admin yang berhasil sembuh dari penyakit Dropsy.

Penyakit Dropsy atau sisik nanas sendiri biasanya disebabkan oleh serangan bakteri yang menyerang ginjal dan liver. Ginjal sendiri pada ikan berfungsi sebagai keluar masuknya air dan nama bakteri yang menyerang tersebut adalah Aeromonas. Oleh karena itu ketika ikan mas koki terserang penyakit sisik nanas ini menunjukkan ciri-ciri badan besar yang disertai sisik mengembang. Ditambah ikan malas makan, dan cenderung berdiam diri di dasar Aquarium.

Selama memelihara ikan mas koki dan beberapa ada yang terserang penyakit Dropsy ini, setidaknya ada satu ikan mas koki admin yang berhasil sembuh yaitu Ikan Mas Koki Jenis Yuanbao atau biasa admin panggil BAO. Awalnya ikan mas koki YuanBao ini tidak menunjukkan tanda-tanda sakit Siknas, makan masih lahap seperti ikan mas koki pada umumnya yang langsung berebut ketika dilemparkan pakan ke mereka. Namun dari bagian atas ketika admin coba amati, bagian sisik belakang dari kedua sisi badan ikan mas koki YuanBao ini seperti terangkat.

Yak, terangkat namun masih samar-samar, kalau mau benar-benar diperhatikan hanya sedikit sekali yang nampak terangkat. Berdasarkan dari pengalaman admin, ini adalah tanda-tanda awal kalau ikan mas koki terserang penyakit Dropsy. Bermodalkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, admin segera coba berikan perlakukan khusus yaitu dengan mengecek PH air, pada saat itu PH air memang buruk, lalau admin coba perbaiki dengan cara pemberian media karang jahe seperti pada video berikut:



Buat kamu yang mau lebih cepat lagi menaikkan PH air bisa menggunakan soda kue seperti berikut:



Tentunya perbaikan PH air ini admin gabungkan dengan penggantian air sebanyak 50%, kemudian pemberian pakan yang dikurangi, bahkan cenderung dipuasakan. Misalkan sehari biasa kasih makan 3 kali, admin kurangi menjadi 1 kali saja. Oh ya, selama masa karantina ini admin tidak pisahkan ke dalam wadah karantina khusus, karena bakal membuat ikan tambah stress.

Ikan yang terindikasi Dropsy admin tetap biarkan berada di Aquarium utama. Mengingat beberapa dari kita yang memelihara ikan mas koki apabila menjumpai ikan mas koki sakit akan mengkarantinanya di wadah khusus, namun untuk kasus penyakit Dropsy ini admin tidak pisahkan. Hasilnya, Alhamdulillah ikan mas koki Yuanbao admin berhasil sembuh dan sisik yang mengembang tadi sudah menutup kembali.

Kunci dari penyembuhan penyakit Dropsy adalah menyadari gejala awal dari sisik nanas ini, karena kala sudah pada tingkat lanjut akan sangat sulit untuk disembuhkan sehingga besar kemungkinan mati, namun apabila sedari awal sadar, persentase untuk sembuhnya jauh lebih besar. Itulah dia pengalaman admin dalam menyembuhkan penyakit Dropsy. Ini berdasarkan pengalaman admin dan mungkin saja beda hasilnya di kamu. Nah, buat kamu yang mau berbagi soal penyakit Dropsy ini serta tata cara penyembuhannya melalui metode lain bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kenali Penyakit Sisik Nanas Pada Ikan Mas Koki Sedari Dini: Siapa Tahu Masih Bisa Tertolong